Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Apple Watch

Kehadiran Apple Watch cukup menghentak perhatian para pengguna gadget. Mereka yang tadinya tidak peduli dengan perangkat wearable seperti smartwatch kini berubah 180 derajat langsung ingin memilikinya. Apple rencananya baru akan memasarkan Apple Watch mulai 24 April 2015 mendatang. Sebelum membeli, Anda bisa menyimak beberapa informasi dan fakta menarik seputar Apple Watch berikut ini.

Hanya untuk iPhone 5 ke atas

Apple Watch hanya bisa digunakan dan disandingkan dengan iPhone 5, 5c, 5s, 6, dan 6 Plus. Selain kelima perangkat tersebut, Apple Watch juga mengharuskan pengguna iPhone untuk melakukan update OS menjadi iOS 8.2. Update OS ini membawa aplikasi bernama Apple Watch di dalamnya.

Dua pilihan ukuran layar

Apple menyediakan dua pilihan ukuran layar pada Apple Watch, yakni 38 mm dan 42 mm. Ukuran 38 mm setara dengan dimensi layar 1,32 inci dengan kerapatan layar 290 ppi, sementara ukuran 42 mm setara dengan dimensi layar 1,5 inci dengan kerapatan layar 302 ppi.

Tiga pilihan model

Saat diluncurkan, Apple menyediakan tiga pilihan varian smartwatch, yaitu Apple Watch, Apple Watch Sport, dan Apple Watch Edition. Apple Watch memiliki case stainless steel, Apple Watch Sport memiliki case aluminium, dan Apple Watch Edition memiliki case yang terbuat dari emas 18 karat.

Apple Watch Sport dibanderol paling terjangkau dengan harga mulai dari US$349. Selanjutnya ada Apple Watch yang dibanderol lebih tinggi dengan harga mulai US$549. Sedangkan yang tertinggi adalah Apple Watch Edition dengan harga fantastis mulai dari US$10.000.

Memutar musi, menampilkan foto, dan fitness tracker

Apple Watch dilengkapi dengan sebuah mikrofon dan speaker. Mikrofon bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi melalui perintah suara. Mikrofon tersebut juga bisa digunakan untuk menelepon. Tentunya, menelepon menggunakan Apple Watch hanya bisa digunakan ketika terhubung dengan iPhone via Bluetooth atau WiFi.

Selain menelepon, Apple Watch bisa digunakan untuk mengirim atau membalas pesan dengan perintah suara atau emoticon karena tidak memiliki keyboard virtual. Apple Watch juga bisa menampilkan foto, memutar musik, dan mendeteksi gerakan dan kebugaran (fitness tracker) berkat sensor yang ada di balik jam.

Dilengkapi storage 8 GB

Media penyimpanan sebesar 8 GB disematkan di dalam Apple Watch. Namun, Anda tak bisa menggunakan seluruh kapasitas tersebut. Pasalnya, hanya 2 GB saja yang tersisa karena selebihnya terpakai oleh sistem operasi Watch OS dan berbagai aplikasi di dalamnya.

Kapasitas 2 GB tersebut bisa digunakan untuk menyimpan musik dan foto. Khusus untuk foto, Anda hanya bisa menyimpan foto hingga kapasitas 75 MB saja. Sementara untuk lagu, Anda bisa menyimpan sebanyak mungkin lagu, yakni sekitar 200 lagu dengan kualitas tinggi.

Mendukung Apple Pay

Sama seperti iPhone 6, Apple Watch dilengkapi dengan NFC untuk mendukung fungsi pembayaran Apple Pay. Jadi, Anda pengguna Apple Watch bisa melakukan pembayaran belanja hanya dengan menyentuhkan Apple Watch ke mesin EDC. Tentunya, fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia.

Isi baterai sehari sekali

Dengan spesifikasi cukup tinggi, Apple Watch hanya dibekali baterai yang bisa bertahan maksimal selama 18 jam. Apple tidak mengemukakan secara gamblang berapa kapasitas baterai Apple Watch. Namun dengan daya tahan baterai maksimal 18 jam, artinya Anda harus mengisi baterainya sehari sekali.

(last edit: 11 July, 2015 / 2:28 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
0%
Mau
75%
Biasa Aja
0%
Payah!
25%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.