/ Apple

Seberapa Tangguh iPhone 8? Ini Dia Pembuktiannya!

Seperti kebiasaan selama ini, setiap smartphone baru yang dirilis selalu saja jadi hal menarik bagi JerryRigEverything untuk diuji ketangguhan bodinya. Kali ini iPhone 8 yang jadi bahan pengujiannya.

Secara umum iPhone 8 dapat melalui semua tahapan pengujian dengan baik. Hal ini tidak cukup mengejutkan karena pendahulunya, iPhone 7, pada tahun lalu juga sukses membuktikan ketangguhan bodinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari video tersebut. Kaca depan dan belakang yang ada pada iPhone 8 terbuki tangguh tahan goresan. Kaca pada bagian layarnya baru dapat tergores pada goresan 6 Mohs.

Penutup lensa safir untuk kamera belakang tidak 100 persen murni safir. Kaca pelindung ini memang terbukti tahan terhadap goresan, namun masih kalah kuat dari kaca safir yang digunakan jam tangan Tissot. Hasilnya penutup lensa safir ini bisa tergores pada skala 8 Mohs.

iPhone 8 juga hadir dengan ingress protection yang lebih baik di sekeliling sisinya. Hasilnya smartphone ini tidak bengkok sama sekali saat dibengkokkan. Berbeda jauh dengan iPhone 6 Plus yang bengkok. Kendati tidak disebutkan dalam video ini, namun kaca pada panel belakang iPhone 8 dilaporkan memiliki banyak grippier yang membuat smartphone ini tidak terlalu licin.

Pengujian lainnya dilakukan dengan membakar bagian layar. Hasilnya, meskipun sempat menimbulkan cacat pada area layar yang dibakar, namun lambat laun kondisi layar kembali ke kondisi semula tidak tampak bekas terbakar.

Secara keseluruhan, iPhone 8 memang baik dalam uji durabilitas. Di dunia nyata mungkin smartphone ini tidak akan mendapati siksaan seperti yang dilakukan JerryRigEverything. Jadi, jika pada pengujian ini iPhone 8 mampu terbukti tangguh, maka smartphone ini juga pasti bisa tahan untuk penggunaan sehari-hari.

(last edit: 23 September, 2017 / 7:37 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
70%
Mau
3%
Biasa Aja
18%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.