Connect with us
ROG GL504
Tech News

Samsung Siap Sodorkan Smartphone Berbasis Android Go

Published
Samsung Android Go

Samsung adalah salah satu pabrikan smartphone petama yang mengadopsi sistem operasi Android begitu diperkenalkan oleh Google. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini terbilang konsisten untuk “memeluk” Android dan selalu mengemas perangkatnya dengan antarmuka yang inovatif.

Awalnya, Samsung selalu menggulirkan perangkat yang dikembangkannya dengan antarmuka yang mereka sebut TouchWiz. Kini, Samsung sudah berjalan dengan antarmuka yang lebih baru, yakni Samsung Experience dan semuanya berbasis sistem operasi mobile buatan Google.

Namun, saat ini ada laporan terbaru yang menyebutkan bahwa Samsung sedang mempersiapkan perangkat low-end untuk dibawa ke dalam project Android Go. Dikatakan, perangkatnya ini memiliki nomor model SM-J260 dan di dukung chipset yang tidak disebutkan namanya yang berjalan dengan codename Universal7570_Go.

Bisa jadi, chipset yang dimaksud adalah Exynos 7570 atau versi modifikasi. Model entry-level ini juga dikemas dengan RAM sebesar 1 GB. Disebut-sebut, Samsung juga sedang menguji perangkatnya ini di beberapa negara yang kemungkinan besar akan menajdi target pemasarannya.

SM-J260 sendiri terlihat dalam tiga model, yakni SM-J260F, SM-J260M dan SM-J260G. Model SM-J260F saat ini sedang diuji di Inggris, Uzbekistan, Jerman, Italia, Ukraina, Rusia, Kazakhstan, Prancis, dan Polandia. Sementara, SM-J260M terlihat di Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Trinidad dan Tobago, Peru, Panada, dan Paraguay.

Selain itu, pasar Asia juga tidak ditinggalkan oleh Samsung. Pasalnya, untuk model SM-J260G dilaporkan sedang diuji di India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Kamboja, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Sayangnya tak ada pernyataan resmi dari Samsung tentang waktu peluncuran smartphone Android Go miliknya ini.

Baca juga

Meski begitu, Samsung pernah mendulang sukses lewat Z Series yang ditenagi Tizen dan smartphone ini pun menyasar pengguna entry-level. Yang perlu diperhatikan, upaya Samsung untuk masuk ke dalam project Android Go dengan menyajikan smartphone entry-level terjangkau tentunya tak boleh dianggap remeh oleh kompetitornya.

Comments

Wajib baca

Populer