Samsung Resmi Beberkan Penyebab Galaxy Note 7 Meledak

Setelah cukup lama dinantikan, Samsung akhirnya resmi mengumumkan penyebab meledaknya perangkat Galaxy Note 7 yang membuat heboh banyak pihak. Ternyata, pangkal persoalannya terletak pada komponen baterainya. Dilansir dari dari Business Insider, setidaknya ada dua masalah yang terjadi pada baterai Galaxy Note 7 yang membuatnya panas dan pada akhirnya meledak.

Pertama yakni pada peluncuran perdananya, dimana desain baterai yang terlalu besar ketimbang casing membuat komponen tersebut cepat mengalami panas berlebih. Sejumlah perangkat Galaxy Note 7 pun dikabarkan meledak. Menyusul adanya laporan tersebut, Samsung mengambil tindakan menarik kembali. Pada tahap ini, Samsung mengganti baterai lama dengan baterai baru namun dari pemasok yang berbeda.

Celakanya, Samsung terlalu terburu-buru mengganti komponen tanpa melakukan pengecekan dan pengujian komponen tersebut lebih dulu. Padahal, baterai barunya pun tidak terlepas dari kecacatan produksi sehingga masih dapat dijumpai sejumlah perangkat Galaxy Note 7 meledak. Hingga pada akhirnya, Samsung menarik semua perangkat Galaxy Note 7 dari pasar dan memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan Galaxy Note 7.

Kini Samsung menyatakan telah mengembangkan delapan poin pengecekan baterai yang baru untuk memastikan perangkat Samsung di masa yang akan datang tidak mengalami nasib sama seperti Galaxy Note 7. Tes mencakup X-ray dari telepon dan kondisi pengujian ekstrem yang memaksa baterai untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Untuk menyukseskan program tersebut, Samsung juga membentuk tim baru sebagai penasihat baterai pihak ketiga yang mencakup profesor dari University of Cambridge, UC Berkeley, dan Stanford University.

(last edit: 24 January, 2017 / 3:00 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
72%
Mau
4%
Biasa Aja
3%
Payah!
25%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.