Samsung Perkenalkan Teknologi Dual-camera ISOCELL

Absennya dual-camera pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ membuat sejumlah pihak berharap produk Samsung selanjutnya akan mengusungnya. Saat ini Galaxy Note 8 menjadi salah satu produk Samsung yang digadang-gadang dibekali dual-camera. Bahkan Samsung sempat dikabarkan akan mencoba dual-camera pada produk smartphone lainnya, Galaxy C10.

Namun dari rencana tersebut muncul satu pertanyaan, yaitu jenis kamera ganda apa yang bakal digunakan Samsung? Selama ini produsen smartphone memiliki cara yang berbeda dalam mengimplementasikan dual-camera.

Apple misalnya menempatkan lensa biasa dan lensa tele. Berbeda dengan LG yang menggunakan lensa biasa dan lensa wide sehingga mampu menangkap objek foto lebih luas. Terakhir yaitu cara yang digunakan Huawei dengan menghadirkan lensa RGB dan lensa monokrom.

Pada ajang MWC 2017 di Shanghai, Samsung memperkenalkan image sensor baru yang mendukung dual-camera yang menjadi bagian dari teknologi ISOCELL. Sebuah gambar promo yang ditampilkan pada ajang tersebut menyajikan informasi bahwa Samsung menggunakan sensor RGB dan monokrom.

Namun yang mengecewakan yaitu pada gambar promo tertulis aperture lensa F/2.0, yang mana tidak sebaik aperture F/1.7 pada Note 7 tahun lalu atau Galaxy S8 tahun ini. Selain itu ukuran pikselnya 1,12 μm, jauh lebih kecil dari piksel 1,4 μm yang selama ini ada pada sensor kamera smartphone terbaik Samsung.

Dengan ukuran piksel dan aperture yang kecil, kemampuan menyerap cahaya, ketajaman, dan kemampuan menghasilkan efek bokeh mungkin menjadi kurang baik. Oleh sebab itu rasanya tidak mungkin jika kamera ganda dengan teknologi ini disematkan pada Galaxy Note 8.

Bisa jadi ada kemungkinan teknologi dual-camera ISOCELL ini akan lebih dulu ditawarkan pada mitra Samsung atau bisa jadi akan disematkan pada smartphone Galaxy versi yang lebih rendah, bukan flagship.

(last edit: 30 June, 2017 / 1:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
36%
Mau
3%
Biasa Aja
14%
Payah!
46%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.