Samsung Perkenalkan RAM 8 GB Pertama di Dunia untuk Smartphone

Kini smartphone dengan RAM berkapasitas tinggi sudah banyak dikembangkan oleh vendor, beberapa contohnya adalah OnePlus 3 yang dikembangkan OnePlus, Mi 5s Plus yang dikembangkan Xiaomi, dan Le Pro 3 yang dikembangkan LeEco. Ketiga smartphone tersebut sama-sama memiliki RAM yang berkapasitas 6 GB.

Ternyata RAM untuk smartphone tidak hanya mencapai 6 GB saja karena hari ini secara resmi Samsung telah memperkenalkan RAM untuk perangkat mobile dengan kapasitas yang mencapai 8 GB dan berteknologi LPDDR4 (Low Power, Double Data Rate 4) DRAM.

RAM 8 GB yang dikembangkan Samsung ini menggunakan teknologi proses 10nm dan mampu beroperasi hingga kecepatan 4.266 Megabits per second (Mbps). Menurut klaim Samsung, RAM ini memungkinkan untuk digunakan hingga perangkat generasi selanjutnya, perangkat mobile flagship di seluruh dunia, dan memiliki dukungan dual-camera, 4K UHD, serta fitur virtual reality (VR).

Berkat teknologi proses 10nm, membuat RAM 8 GB ini mampu mengonsumsi energi dengan lebih efisien dibandingkan RAM yang dikembangkan menggunakan teknologi proses 20nm. Sayangnya Samsung belum memberikan informasi mengenai vendor dan smartphone mana yang akan menggunakan RAM dengan kapasitas sebesar ini. Tentu saja akan menarik jika tahun depan sudah ada smartphone yang menggunakan RAM 8 GB dengan kecepatan tinggi ini.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
82%
Mau
13%
Biasa Aja
3%
Payah!
3%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.