Samsung Ogah Pakai Port USB Type-C pada Galaxy S7, Ini Alasannya!

Punya segala kelebihan, apakah Samsung Galaxy S7 juga punya kelemahan? Di antara spesifikasi "dewa" yang dibawanya, banyak yang menyayangkan keputusan Samsung untuk tidak menggunakan port USB Type-C yang digunakan oleh LG G5 dan Xiaomi Mi 5.

Samsung malah tetap setia dengan port microUSB 2.0 yang sudah mulai tertinggal. Apakah keputusan ini tepat? Ternyata Samsung punya tiga alasan kuat untuk ogah pakai USB Type-C. Alasan tersebut diungkap oleh Shoneel Kolhatkar, Senior Director Product Marketing Samsung.

Alasan pertama karena Samsung punya headset virtual reality Gear VR. Headset ini adalah pasangan serasi smartphone flagship Samsung, mulai dari Galaxy S6, Galaxy Note5, hingga Galaxy S7. Gear VR sudah terlanjur dikembangkan menggunakan port microUSB.

Alasan selanjutnya dikarenakan Samsung tidak ingin coba-coba dan jadi "tumbal". Menurutnya, port USB Type-C masih jarang digunakan. Aksesori pendukungnya pun masih sangat terbatas sehingga bisa dikatakan ekosistemnya belum memadai.

Sedangkan alasan terakhir yakni karena fitur fast charging yang dikembangkan Samsung dibuat berdasarkan port microUSB. Jadi, mereka tak perlu merancang ulang dan meng-update teknologi tersebut. Namun Shoneel menambahkan kalau Samsung mungkin bakal mengadopsi port USB Type-C di masa mendatang.

(last edit: 4 March, 2016 / 5:32 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
5%
Biasa Aja
14%
Payah!
32%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.