Connect with us
MaxProM1
Galaxy Note FE Galaxy Note FE 560x600
Featured

Samsung Galaxy Note FE di Tahun 2018, Masih Layak Beli?

Guna memperbaiki citra Galaxy Note 7 yang bermasalah, Samsung pada tahun 2017 lalu telah menghadirkan Galaxy Note FE (Fan Edition). Kini tahun 2018, apakah masih pantas jika kalian membeli smartphone ini?

Updated

Setelah diperkenalkan pada awal Agustus 2018, Samsung langsung bergerak cepat untuk memasarkan Galaxy Note 9. Salah satu pasar yang menjadi target penjualan smartphone ini adalah Indonesia dan kehadiran smartphone ini juga disambut begitu antusias.

Tentu saja, kehadiran Galaxy Note 9 sedikit banyak akan mengganggu stok penjualan Galaxy Note 8 yang masih ada di pasaran. Tak hanya itu, Galaxy Note edisi spesial, yakni Galaxy Note FE pun juga bakalan terganggu dengan hadirnya Galaxy Note 9.

Tentu saja yang cukup menarik untuk kita ulas adalah Galaxy Note FE. Ya! Apakah masih pantas jika kalian yang tak mampu membeli Galaxy Note 9 akhirnya harus mengambil keputusan membeli Galaxy Note FE di tahun ini?

Seperti yang kita tahu, Galaxy Note FE meluncur sejak tahun 2017. Smartphone ini hadir untuk memperbaiki citra Samsung akibat Galaxy Note 7 yang mudah terbakar. Ya! Masalah inilah yang akhirnya membuat Samsung sedikit terpuruk dalam industri smartphone global.

Samsung Galaxy Note FE: Layar dan desain

Galaxy Note FE desain

Meskipun dijadikan sebagai smartphone yang hadir untuk memperbaiki citra, Samsung merancang Galaxy Note FE juga tidak sembarangan. Smartphone ini pun dikemas dengan balutan kaca dan alumunium sehingga terlihat sangat premium.

Jika dilihat lebih detail, bentuk smartphone ini sangat identik dengan Galaxy Note 7. Pada bagian depannya terdapat layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel. Samsung juga sudah melindungi layar smartphone tersebut dengan Gorilla Glass 5.

Tak hanya itu, Samsung juga sudah melengkapi layar Note FE dengan fitur HDR 10 yang membuat tampilannya semakin tajam. Sebagaimana desain khas Samsung, smartphone ini mengusung layar melengkung. Kekurangannya, aspek rasio yang dimiliki hanya 18:9.

Jika kalian pengguna smartphone yang suka dengan desain bezel-less, Galaxy Note FE tidak akan pernah memberikan hal itu. Namun, terlepas dari hal itu, desain smartphone ini masih terlihat mewah. Apalagi, Note FE sudah dibekali sertifikasi IP68, tahan air dan debu.

Samsung Galaxy Note FE: Kamera

Galaxy Note FE camera

Masuk ke sektor fotografi, sudah barang tentu sebuah smartphone yang ditempatkan ke dalam kelas premium sudah seharusnya punya dukungan kamera yang mumpuni. Nah! Bagaiamana dengan dukungan kamera yang ada pada Galaxy Note FE?

Smartphone ini datang dengan dengan dukungan kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.7. Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy Note FE dengan teknologi OIS. Di atas, spesifikasi kamera utamanya ini memang kalah dengan smartphone kelas menengah yang ada saat ini.

Seperti yang kita tahu, seperti Pocophone F1, Huawei Nova 3i, ataupun Xiaomi Mi A2 telah menawarkan dukungan dual-camera. Meski begitu, tak layak jika kita menyebut kualitas Galaxy Note FE buruk.

Fakta yang ada, kamera utama Galaxy Note FE masih sanggup untuk memproduksi foto dengan hasil yang berkualitas. Ditambah dukungan OIS, tentu saja semakin memantafkan bahwa Galaxy Note FE masih mampu bersaing.

Samsung Galaxy Note FE: Hardware dan software

Galaxy Note FE s pen

Diciptakan khusus untuk fans setianya, Samsung membekali Galaxy Note FE dengan hardware khas smartphone flagship. Ya! Samsung Galaxy FE diotaki chipset Exynos 8890 yang performanya setara dengan Snapdragon 821.

Kemampuan chipset tersebut juga diperkuat pula oleh RAM sebesar 4 GB, storage internal berkapasitas 64 GB, serta baterai berkapasitas 3.200 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian daya secara nirkabel alias wireless charging.

Lantas, bagaimana dengan dukungan software yang disematkan? Galaxy Note FE masih menjalankan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Namun, smartphone ini pun telah menerima pembaruan ke versi Android Oreo.

Satu hal menarik lainnya, sistem operasi yang terpasang telah dikombinasikan dengan antarmuka khas Samsung. Selain itu, Galaxy Note FE juga datang dengan dukungan fitur keamanan fingerprint hingga sensor iris scanner.

Layaknya Galaxy Note Series buatan Samsung, Galaxy Note FE juga datang bersama stylus kebanggaannya, S Pen. Soal performa, smartphone ini pun masih sanggup untuk melahap aplikasi-aplikasi yang hadir di tahun ini dan akan tetap optimal hingga tahun depan.

Bagaimana, kalian tertarik untuk meminang Samsung Galaxy Note FE? Di sejumlah toko online di Indonesia, smartphone ini masih dibanderol dengan harga sekitar Rp6 juta hingga Rp7 jutaan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.