Samsung Galaxy Note 8: Rumor Harga, Spesifikasi, dan Waktu Rilis

Tragedi mengerikan yang dialami Samsung Galaxy Note 7 masih membekas di ingatan kita. Belajar dari kisah menyedihkan itu, tahun ini Samsung berusaha untuk memperbaiki nama baik seri Note dengan merilis Galaxy Note FE serta Galaxy Note 8. Lalu, seperti apa bentuk smartphone ini? Berikut adalah rumor spesifikasi dan tanggal rilis Samsung Galaxy Note 8 sejauh yang kami tahu.

Harga dan waktu rilis

Samsung Galaxy Unpacked

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, Samsung Galaxy Note 8 bakal meluncur tahun ini, tepatnya 23 Agustus 2017. Kabar ini juga dibenarkan oleh Korea Herald, yang menyatakan bahwa Samsung Galaxy Note 8 akan dirilis bulan Agustus 2017 nanti. Bahkan Samsung pun sudah resmi menungkap undangan acara bertajuk Galaxy Unpacked.

Sementara untuk urusan harga, VentureBeat mengklaim bahwa Samsung Galaxy Note 8 akan dibanderol dengan harga sekitar €999 atau setara dengan Rp15 juta. Meski begitu, kisaran harga ini belum sepenuhnya akurat alias sebatas prediksi semata. Bisa saja harga finalnya nanti lebih murah.

Desain

note 8 02

Untuk bagian desain, kami memprediksi bahwa Samsung Galaxy Note 8 akan menggunakan konsep Infinity Display layaknya Samsung Galaxy S8 dan S8+. Namun, mengingat smartphone ini adalah seri Note, tentu ukurannya akan lebih besar. Atau mungkin bezel yang digunakan bakal menyusut seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Dari gambar tersebut terlihat lengkungan sudut yang menyusut dan mengecil. Ya, jika Samsung Galaxy S8+ menggunakan layar 6,2 inci, sudah dipastikan layar Samsung Galaxy Note 8 akan lebih besar dari itu. Ukurannya bisa mencapai 6,4 inci atau bahkan lebih.

Bocoran mockup Samsung Galaxy Note 8 sendiri telah tersebar di berbagai media, tak terkecuali Slahsleaks. Pada gambar bocoran tersebut Samsung Galaxy Note 8 terlihat mirip dengan saudaranya, Samsung Galaxy S8 dan S8+. Namun seperti yang kita lihat, layarnya sedikit lebih lebar serta ada slot S-Pen di bagian samping.

Sementara, di bagian depan tak tercium adanya tombol fisik home. Jadi kemungkinan besar Samsung akan menempatkan sensor fingerprint di bodi belakang sama halnya Galaxy S8 dan S8+.

Layar

Samsung Galaxy Note 8 Leak ok

Pada bagian layar, kami yakin Samsung Galaxy Note 8 akan menggunakan layar jenis AMOLED. Karena seperti yang kita ketahui, tiga smartphone flagship Samsung sebelumnya, yakni Samsung Galaxy Note 7, Samsung Galaxy S7 series, dan Samsung Galaxy S8 series menggunakan layar dengan jenis yang sama.

Selain itu, jika tahun lalu Note 7 menggunakan layar beresolusi Quad HD, rumornya Note 8 bakal menyematkan layar dengan resolusi hingga 4K. Sebenarnya, implementasi layar 4K sudah diterapkan oleh Sony pada Sony Xperia XZ Premium atau pun Sony Xperia Z5 Premium.

Kenyataanya, dalam kehidupan sehari-hari layar beresolusi 4K tak memberikan perbedaan yang signifikan, akan tetapi ketika Anda menggunakannya untuk VR, perbedaan pixel dan kejernihan layar akan terlihat.

Kamera

note 8 04

Ketika berbicara tentang kamera, Samsung adalah vendor penghasil smartphone berkamera kece meski dengan besaran megapiksel yang kecil. Oleh sebab itu, kemungkinan besar Samsung Galaxy Note 8 akan menerapkan tradisi yang sama.
Tapi pertanyaannya, akankah Samsung menyematkan dual-camera pada Samsung Galaxy Note 8?

Jujur saja, hingga kini belum ada bocoran yang akurat mengenai teknologi kamera yang digunakan. Namun, analis Ming-Chi Kuo dan Park Kang-ho memiliki prediksi yang kuat tentang hal ini. Mengingat, dual-camera sudah menjadi tren yang wajib untuk diikuti.

Bahkan Kuo berharap Samsung Galaxy Note 8 menggunakan dual-camera 12 MP dengan teknologi CIS support dual photodiode (2PD), 13-megapixel telephoto CIS, dual-6P lens, dual-optical image stabilization, dan 3X optical zoom. Jika ini benar-benar terwujud, Samsung Galaxy Note 8 bakal jadi idaman bagi mereka yang suka fotografi.

Hardware

note 8 03

Samsung Galaxy Note 8 pasti diramu dengan dapur pacu yang benar-benar tangguh selayaknya seri Note sebelumnya. Untuk prosesor, sudah pasti Note 8 menggunakan chipset Exynos 8895 atau Snapdragon 835. Sementara untuk RAM, rumornya Note 8 akan menggunakan RAM hingga 6 GB, meningat biasanya seri Note memiliki kapasitas RAM yang lebih besar.

Sedangkan untuk memori internal, media Korea melaporkan bahwa Samsung Galaxy Note 8 akan datang dengan varian 64 GB dan 128 GB serta slot storage microSD hingga 256 GB. Kami rasa perkiraan ini sangat masuk akal, mengingat Note 8 akan masuk ke dalam seri smartphone flagship tahun 2017.

Sedangkan untuk baterai, kemungkinan besar Samsung Galaxy Note 8 akan menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama dengan Note 7 ataupun Samsung Galaxy S8, yakni 3.500 mAh.

Software

Jika smartphone ini benar-benar dirilis pada bulan Agustus mendatang, sudah dipastikan Note 8 masih akan menggunakan Android Nougat 7.1.1 yang dipadukan dengan Dream UI. UI besutan Samsung ini sendiri terus diperbarui, dimana fitur dan desainnya menjadi lebih baik dan efisien. Selain itu, kabarnya Samsung juga memperbarui fitur S-Pen dan asisten Bixby pada Samsung Galaxy Note 8.

(last edit: 24 July, 2017 / 11:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
85%
Mau
10%
Biasa Aja
9%
Payah!
1%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.