Connect with us
ROG GL504
Samsung Galaxy J6 vs Samsung Galaxy J8 1 Samsung Galaxy J6 vs Samsung Galaxy J8 1 560x600
Featured

Samsung Galaxy J8 Vs Galaxy J6: Mana yang Kalian Suka?

Menyasar konsumen kelas menengah di pasar Indonesia, Samsung telah merilis Galaxy J8 dan Galaxy J6. Dari kedua smartphone ini, mana yang kalian suka?

Published
Vivo V11 Pro

Sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia, Samsung berusaha sekuat tenaga untuk terus memanjakan pengguna setianya. Ya! Hingga saat ini Samsung terus menggelontorkan banyak perangkat buatannya di pasar Indonesia.

Tentu saja, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tak melulu merilis smartphone yang ditujukan untuk pasar kelas atas, tetapi kelas menengah ke bawah juga tak sedikit mereka tawarkan. Terakhir, Samsung telah merilis Samsung Galaxy J4, Samsung Galaxy J6, dan Samsung Galaxy J8.

Ya! Ketiga Galaxy J Series terbaru buatan Samsung ini pun disebut-sebut berhasil membuat banyak pecinta gadget di Indonesia jatuh hati. Dan ketiganya juga mendapat sambutan positif karena terkait dengan harga yang ditawarkan.

Tentu saja melihat hal itu, DroidLime pun tergoda untuk mengulas dua Galaxy J Series versi jempolannya, yakni Samsung Galaxy J6 dan Samsung Galaxy J8. Lantas, apa yang menjadi pembeda di antara kedua smartphone ini? Mari kita cari tahu bersama-sama.

Samsung Galaxy J6 Vs Galaxy J8: Desain dan layar

Samsung Galaxy J6 vs Samsung Galaxy J8 4

Bisa dikatakan, DNA Galaxy J6 dan Galaxy J8 tidak berbeda jauh. Keduanya dikemas oleh Samsung dengan layar khas milik mereka, yakni Infinity Display. Selain itu, Samsung juga menyematkan teknologi layar Super AMOLED ke Galaxy J6 dan juga Galaxy J8.

Samsung Galaxy J6 datang dengan layar Super AMOLED berukuran 5,6 inci dan memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1.480 piksel. Sementara, Galaxy J8 memiliki ukuran layar sedikit lebih besar, yakni 6 inci dan juga memiliki resolusi HD+. Aspek rasio keduanya juga sudah kekinian, yakni 18,5:9.

Karena keduanya menganut penggunaan layar penuh, Samsung tak lagi menyematkan tombol fisik di bagian depan. Semua tombol navigasi dimuat ke dalam layar dan sensor pemindai sidik jari sudah ditempatkan di bagian belakang perangkat bersama dengan dukungan kamera utama yang ada.

Secara dimensi, Galaxy J6 memiliki ukuran 149,3 x 70,2 x 8,2 mm dengan berat 154 gram. Sedangkan Galaxy J8 ukurannya 159,2 x 75,7 x 8,2 mm dengan berat 177 gram. Keduanya juga memiliki bodi yang solid sehingga sangat nyaman saat digenggam.

Samsung Galaxy J6 Vs Galaxy J8: Hardware dan software

Samsung Galaxy J6 vs Samsung Galaxy J8 3

Dilahirkan sebagai smartphone kelas menengah, Galaxy J6 dan Galaxy J8 juga dibekali dengan dukungan hardware yang mumpuni di kelasnya. Jika Galaxy J6 datang dengan chipset Exynos 7870, Galaxy J8 justru datang dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 450.

Dukungan lainnya, Galaxy J6 dibekali RAM sebesar 3 GB yahg dipadukan storage berkapasitas 32 GB. Tak ketinggalan, untuk catu dayanya Samsung memuat baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sedangkan Galaxy J8 dibekali RAM 4 GB, ROM 64 GB dan baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Baik Galaxy J6 dan Galaxy J8, keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Android 8.0 alias Oreo yang dikemas ke dalam UI Samsung Experience. Hal menarik lainnya, kedua smartphone ini juga sudah dibekali baki yang terpisah untuk memuat kartu microSD.

Samsung Galaxy J6 Vs Galaxy J8: Kamera belakang dan depan

Samsung Galaxy J6 vs Samsung Galaxy J8 2

Setelah mengetahui desain dan jeroannya, kini kita masuk ke dalam dukungan kamera yang disematkan. Galaxy J6 datang dengan kamera belakang tunggal yang memiliki lensa beresolusi 13 MP plus aperture f/1.9. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang disokong LED flash.

Berbeda dengan Galaxy J6, Samsung mengemas Galaxy J8 dengan dukungan dual-camera belakang. Lensa utamanya memiliki resolusi 13 MP f/1.7 dan lensa sekundernya memiliki resolusi 5 MP f/1.9. Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 16 MP f/1.9 lengkap dengan LED flash.

Jadi bisa dibilang, Galaxy J8 adalah smartphone buatan Samsung yang cocok untuk kalian para penyuka foto selfie. Daya tarik lainnya, Galaxy J8 juga memberi kemudahan kepada kalian untuk menciptakan foto bokeh berkat dukungan dual-camera belakang yang disematkan.

Harga dan ketersediaan

Samsung secara resmi telah memboyong Galaxy J6 dan Galaxy J8 ke pasar Indonesia. Hadir dengan ukuran layar dan spesifikasi yang berbeda, tentu saja Samsung memasarkan kedua smartphone buatannya ini dengan harga yang berbeda pula.

Samsung Galaxy J6 dibanderol dengan harga Rp3.099.000. Sedangkan Samsung Galaxy J8 dijual dengan harga sedikit lebih tinggi, yakni seharga Rp3.699.000. Ya! Selisih harga yang cukup tinggi. Lantas dari keduanya, mana yang kalian pilih?

Comments

Wajib baca

Populer