Samsung Galaxy J7 Pro vs OPPO F3, Adu Gengsi Smartphone Selfie

Samsung Galaxy J Pro resmi mendarat bulan Juni lalu. Mengusung tagline “More Than Selfie”, smartphone ini diracik khusus untuk mereka yang aktif di media sosial. Kehadiran smartphone ini sontak mengancam penjualan smartphone selfie yang sudah rilis terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, menarik rasanya untuk mengadu performa Samsung Galaxy J7 Pro dengan smartphone selfie lainnya. Dan kami rasa, OPPO F3 adalah lawan yang sepadan untuk Samsung Galaxy J7 Pro. Lantas, smartphone selfie mana yang lebih baik? Anda dapat menentukannya setelah membaca ulasan berikut ini.

Desain

j7 pro v f3 02

Mari kita mengadu dua smartphone ini pada sisi desainnya. Seperti yang kita ketahui, OPPO F3 datang dengan konsep desain lama. Pada bagian depan terdapat layar IPS LCD berukuran 5,5 inci Full HD yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Sementara pada bagian belakang terdapat kamera yang diletakkan di pojok kanan atas. Secara desain, OPPO F3 tak jauh berbeda dengan pendahulunya, OPPO F1 series.

Sedangkan Samsung Galaxy J7 Pro menyuguhkan konsep desain yang lebih segar. Pada bagian depan terdapat layar Super AMOLED berukuran 5,5 inci dengan kerapatan layar hingga 401 ppi. Sementara pada bagian belakang terdapat kamera dan garis antena unik yang berhasil menambah tingkat kegantengan smartphone ini.

Untuk sisi desain, harus kami akui secara subjektif bahwa Samsung Galaxy J7 Pro lebih menarik dari OPPO F3. Meski pun hal ini juga tergantung pada selera pengguna, namun kami rasa Samsung Galaxy J7 Pro memiliki desain yang lebih elegan, orisinil, dan inovatif.

Kamera selfie

f3 1st sale

Selayaknya smartphone selfie, keduanya sama-sama menonjolkan kemampuan kamera depan. OPPO F3 mengusung dual-camera selie. Satu lensa beresolusi 16 MP dan satu lensa lagi memiliki resolusi 8 MP. Dual-camera ini dilengkapi wide-angle 120 derajat sehingga mampu menangkap objek lebih luas.

Sayangnya, kamera depan ini tidak dilengkapi dengan LED flash. Kendati pun begitu, kamera selfie OPPO F3 sanggup menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi dan tetap terang dengan dukungan screen flash.

Sementara Samsung Galaxy J7 Pro datang dengan satu kamera depan beresolusi 13 MP dengan bukaan f/1.9. Kamera depan ini dilengkapi LED flash dan sudah mendukung perekaman video hingga Full HD. Bicara soal kualitas, kamera depan Samsung Galaxy J7 Pro juga mampu memuaskan gairah selfie Anda dengan sangat baik.

Namun jika harus memilih, sejujurnya teknologi kamera depan OPPO F3 masih lebih baik dibanding Samsung Galaxy J7 Pro. Jadi singkatnya, jika hanya ingin ber-selfie, kamera depan OPPO F3 lebih menarik karena lebih tajam. Namun jika Anda lebih sering live vlog, maka kamera depan Galaxy J7 Pro sedikit lebih unggul.

Software

harga samsung j7 pro image 5

Selanjutnya kita akan mengadu kedua smartphone pada sisi software dan fitur yang diusung. Rilis tahun 2017, OPPO F3 masih menggunakan Android Marshmallow yang dibalut UI kebanggaannya, ColorOS. Sementara Samsung Galaxy J7 Pro lebih up-to-date, karena sudah menggunakan Android 7.1 Nougat yang dipadukan dengan UI khas Samsung.

Bicara soal fitur, OPPO F3 dibekali sensor fingerprint yang terintegrasi pada tombol home. Sedangkan, Samsung Galaxy J7 Pro juga dibekali fitur fingerprint yang disematkan pada tombol home, tapi tak secepat milik OPPO. Ada pula fitur Always-on Display dan Signal Max yang berguna untuk menstabilkan koneksi internet. Di sisi software, Samsung Galaxy J7 Pro lebih menggoda dari OPPO F3.

Hardware

f3 plus droidlime 03

Berlanjut ke sisi dapur pacu, OPPO F3 ditenagai chipset MediaTek MT6750T yang ditunjang RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sementara Samsung Galaxy J7 Pro menggunakan chipset buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 7870 yang didukung oleh RAM 3 GB dan memori internal 32 GB/ 64 GB.

Untuk dapur pacu dan performa, keduanya bisa dibilang seimbang. Samsung Galaxy J7 Pro dan OPPO F3 sama-sama memiliki kapasitas yang lega.  Bermain game berat pun sama-sama terasa kurang optimal di kedua smartphone.

Sementara untuk ketahanan dayanya, OPPO F3 menggunakan baterai berkapasitas 3.200 mAh, sedangkan Samsung Galaxy J7 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 3.600 mAh. Perbedaan kapasitas sekitar 400 mAh sebenarnya cukup lumayan. Tapi pada faktanya, screen-on-time yang dihasilkan kedua smartphone ini tak beda jauh, di kisaran lima jam.

Harga

OPPO kini sudah memangkas harga F3 menjadi Rp4 juta pas. Sementara Samsung membanderol Galaxy J7 Pro dengan harga Rp3,9 juta. Jadi sudah bisa ditebak kalau Samsung menciptakan Galaxy J7 Pro untuk mengganggu pasar F3 dengan harga yang sedikit lebih murah.

Tentu saja perbedaan harga yang hanya sekitar Rp100 ribu tidak akan terlalu terasa. Dengan harga yang ditawarkan masing-masing, OPPO dan Samsung pun sama-sama menawarkan spesifikasi dan fitur yang kurang lebih sama.

Pada akhirnya, kami akan merekomendasikan Anda untuk membeli Galaxy J7 Pro jika ingin desain smartphone yang lebih segar dan Anda lebih sering menggunakannya untuk live vlog. Namun jika Anda hanya sering memotret selfie tanpa merekam video, maka F3 tetap lebih menarik.

(last edit: 13 August, 2017 / 9:55 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
38%
Mau
4%
Biasa Aja
11%
Payah!
47%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.