/ Samsung

Samsung Bakal Borong Stok Snapdragon 845 untuk Galaxy S9?

Kabar mengejutkan datang dari seorang leakster dengan akun @ice di situs microbloging ternama Cina, Weibo. Dalam tulisan singkatnya, ia menyebutkan bahwa mulai pertengahan 2017 ini Samsung telah menimbun semua pasokan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Langkah yang diambil Samsung mengakibatkan beberapa produsen smartphone yang tak kebagian chipset tersebut harus rela mencari alternatifnya, seperti menggunakan Snapdragon 821. Namun, tak sedikit juga dari para produsen smartphone tersebut yang memilih menunda waktu peluncuran.

Kabar terbaru, Samsung juga kembali melakukan hal yang sama, yakni memborong stok Snapdragon 845 gelombang pertama. Gosipnya, chipset tersebut nantinya akan disematkan ke dalam Samsung  Galaxy S9 yang khusus dijual untuk pasar Amerika Serikat.

Sementara itu, Galaxy S9 yang ditenagai Exynos 9810 nantinya akan dijual untuk pasar Eropa dan Asia. Tentu saja, hal ini bakal menyulitkan produsen smartphone lainnya, seperti LG, HTC, dan Sony. Sementara Huawei dan Xiaomi tak perlu terlalu risau karena mereka memiliki chipset sendiri.

Qualcomm sendiri memilih TSMC, bukan Samsung, untuk memproduksi Snapdragon 845. Tampaknya keputusan ini didorong oleh apa yang terjadi pada tahun lalu, dimana Samsung mendapat hak memproduksi Snapdragon 835 dan mengirimnya ke Samsung Electronics. Akibatnya, produsen smartphone lain hanya bisa menggunakan chipset yang lebih tua karena tidak kebagian.

(last edit: 23 August, 2017 / 10:47 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
49%
Mau
1%
Biasa Aja
4%
Payah!
45%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.