Samsung akan Produksi RAM 6 GB untuk Smartphone

Saat ini smartphone flagship dengan RAM 4 GB terus bermunculan.  Samsung pun mulai berpikir jauh ke depan mengenai kapasitas RAM pada smartphone. Dengan memproduksi chip terbaru 12Gb LPDDR4 (Low Power Double Data Rate) DRAM, smartphone dengan kapasitas RAM 6 GB bukan sesuatu yang mustahil lagi.

Dengan fabrikasi 20 nanometer, 12Gb LPDDR4 DRAM ini diklaim mengonsumsi energi 20 persen lebih rendah dan memiliki kecepatan 30 persen lebih besar daripada LPDDR4 DRAM untuk PC (pada kecepatan 4,2 Mbps).

Memori terbaru 12Gb LPDDR4 DRAM ini dapat digunakan untuk menciptakan smartphone dengan RAM ganjil 3 GB maupun 6 GB. Selain itu, modul untuk RAM 6 GB akan memakan ruang yang sama dengan modul RAM 3 GB dimana ini merupakan kabar baik bagi produsen smartphone.

Dengan begitu, smartphone yang nantinya menggunakan RAM berkapasitas 6 GB tak harus memiliki dimensi yang lebih besar. Hal tersebut sekaligus membuat smartphone bisa lebih diandalkan untuk menjalankan fungsi yang lebih berat.

(last edit: 10 September, 2015 / 7:42 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
100%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian

Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.