Connect with us
MaxProM1
Featured

Rp1 Jutaan, Huawei Y6 2018 Vs Xiaomi Redmi 6A

Sama-sama dibanderol Rp1 Jutaan. Mana yang lebih baik antara Huawei Y6 2018 dan Xiaomi Redmi 6A?

Updated

Duo produsen smartphone asal China, Huawei dan Xiaomi semakin aktif menggempur pasar dengan meluncurkan banyak produk baru dari berbagai segmen. Salah satu terbaru dari keduanya yang hadir untuk segmen Low-end adalah Huawei Y6 2018 dan Xiaomi Redmi 6A. Dari kedua smartphone tersebut, mana yang paling cocok untuk dibeli? Berikut adalah perbandingannya.

Desain

Di bagian depannya, kedua smartphone ini sudah mengusung desain layar full view display tanpa poni. Untuk ukuran layarnya, Huawei Y6 2018 lebih besar dibanding Redmi 6A.

Huawei Y6 2018 dibekali layar S-iPS LCD 5.7 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1440 serta kerapatan 282 ppi. Sedangkan Redmi 6A layarnya sedikit lebih kecil, 5.45 inci dengan panel IPS serta resolusi layar yang sama-sama HD+.

Di atas layar, terdapat modul kamera 5 MP + LED Flash di Huawei Y6, namun untuk Redmi 6A hanya ada kamera 5 MP saja. Kemudian untuk bagian dagu, keduanya sama-sama memiliki dagu lebar, hanya saja untuk Y6 terdapat sebuah logo Huawei yang letaknya persis di tengah.

Beralih ke bagian belakang, baik Huwei Y6 dan Redmi A dibalut bodi polikarbonat dengan pinggiran metal. Kameranya cuma satu beresolusi 13 MP PDAF, LED flash serta logo masing-masing produk di bagian bawahnya.

Untuk penempatan tombol power dan volume keduanya berada di bagian kanan smartphone. Sedangkan untuk port charging MicroUSB ada di sebelah grill speaker mono serta masih tersedia slot jack audio 3.5mm.

Bagiamana dengan slot kartunya? Keduanya unggul karena sama-sama memberikan 3 buah slot kartu, 2 untuk kartu SIM nano dan satu microSD hingga 256 GB.

Software

Huawei dan Xiaomi memiliki kostumisasi sendiri untuk tampilan antar-mukanya. Huawei Y6 hadir EMUI 8.0 berbasis android 8.0 Oreo, sedangkan Redmi 6A menggunakan MIUI 9.0 berbasis Android 8.1 Oreo. Keduanya memiliki fitur tema yang dapat digunakan untuk mengubah wallpaper, gambar lock screen, hingga transisi antar halaman.

Karena Huawei Y6 dan Redmi 6A tidak memiliki sistem pengamanan sidik jari, konsumen bisa membuka layar smartphone hanya dengan menunjukan wajah. Sedangkan untuk kemanaan lain seperti, PIN, password dan pola masih tersedia.

Hardware

Dibuat khusus untuk segmen low-end, otak dari kedua smartphone ini berbeda. Huawei Y6 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz yang dipadu dengan GPU Adreno 308. Sedangkan untuk Redmi 6A menggunakan chipset Mediatek Helio A22 Quad-core 2.0 GHz dan GPU PowerVR GE8320.

Lalu untuk komposisi RAM dan memori internal, di Huawei Y6 hanya menyediakan 2 GB + 16 GB. Untuk Redmi 6A sedikit lebih unggul karena menyediakan dua pilihan, 2 GB + 16 GB dan 3 GB + 32 GB.

Dengan spesifikasi yang disebutkan tadi, rasanya untuk kebutuhan gaming kelas menengah masih bisa berjalan lancar di kedua smartphone. Lalu untuk urusan catu daya, keduanya sama-sama ditunjang baterai jumbo 3000 mAh Non-removable Li-Ion.

Kamera

Di sektor fotografi, Huawei Y6 dan Redmi 6A masing-masing dibekali setup kamera yang sama, kamera tunggal 13 MP PDAF dan kamera selfie 5 MP. Untuk mode-mode yang ditawarkan pun beragam.

Di Huawei Y6, selain mode otomatis, ada juga mode HDR, panorama, watermark dan filter. Terdapat juga tambahan mode yang bisa didownload seperti food dan document scanner. Di mode filter, pengguna dapat mengkreasikan wajah lewat beragam efek dan emoji unik. Fitur ini bisa digunakan lewat kamera depan maupun belakang.

Untuk Redmi 6A, mode otomatisnya mampu menghasilkan gambar cukup baik di tempat terang. Lalu ada juga mode potrait untuk efek latar belakang bokeh dan beautify dengan beberapa tingkatan untuk mempercantik wajah saat dipotret.

Kesimpulan

Jika kalian sedang mencari smartphone dengan budget minim, Huawei Y6 dan Redmi 6A bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Huawei Y6 menawarkan performa terbaik dengan prosesor snapdragon, layar luas, serta fitur kamera melimpah. Lalu Redmi 6A menawarkan pilihan RAM 3 GB dan MIUI 9.0 dengan beragam kostumisasi untuk percantik tampilan smartphone.

Harga dan Ketersediaan

Di Indonesia, kedua smartphone ini sama-sama sudah dijual bebas di berbagai toko online dan offline. Huawei Y6 2018 dibanderol Rp1.999.000 dan Redmi 6A harganya Rp1.299.000.

Pada perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11 November 2018 nanti Huawei menawarkan harga spesial Rp1.099.000 untuk setiap pembelian Y6 2018. Sebuah pilihan terbaik untuk mendapatkan smartphone 1 Jutaan dengan beragam fitur-fitur unggulan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.