Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie
Tech News

Roket Ciptaan Elon Musk Sanggup Jelajahi Bumi Kurang Dari 1 Jam

Droidlime.com,

/

Di sela-sela gelaran International Astronautical Congress 2017 yang berlangsung di Adelaide, Australia, Elon Musk selaku CEO SpaceX membeberkan sejumlah program terkait teknologi roket yang tengah dikembangkan perusahaan aeronautika asal Amerika tersebut.

Disitat dari Gizmodo, SpaceX dikabarkan tengah sibuk merakit roket baru berukuran 10 kali lebih besar dari satelit Hubble. Sayangnya, hingga saat ini kode atau penamaan dari roket tersebut masih dirahasiakan.

Rencananya, roket baru tersebut akan digunakan menjelajah ruang angkasa, membuat stasiun di bulan dan melakukan perjalanan ke Mars guna mencari sumber air serta membangun stasiun pengisian bahan bakar roket pada planet yang akan menjadi “rumah” kedua bagi umat manusia.

Selain melakukan tugas luar angkasa, roket tersebut rencananya juga digunakan untuk mengantar manusia ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang sangat cepat. Musk memprediksi roket ini sanggup mengantar manusia dari suatu benua ke benua lainnya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Bisa dikatakan, roket tersebut akan melesat dengan sangat cepat. Roket yang digunakan SpaceX untuk melakukan tugas ini adalah BFR, yang mana bentuknya mirip dengan roket Falcon atau seperti bentuk kapsul.

Lantas, bagaimana cara kerja roket ini? Musk dan SpaceX belum memberikan penjelasan detail perihal cara kerja roket tersebut. Namun, Musk sempat memposting video yang berisi representasi atau gambaran mengenai roket tersebut pada akun Instagram resmi miliknya.

Sesuai dengan video yang diposting Musk, sebelum melakukan proses peluncuran, penumpang akan diangkut dari pelabuhan menunju lokasi peluncuran dengan sebuah kapal. Lalu penumpang masuk ke dalam roket, dan roket akan melintasi orbit bumi dengan kecepatan 27.000 km/ jam.

Setelah sampai di tujuan, roket akan turun dengan posisi vertikal, dimana kepala roket berada pada bagian atas. Pada video tersebut, SpaceX juga menunjukkan laporan estimasi waktu yang diperlukan roket tersebut untuk melejit.

Contohnya, dari New York ke Shanghai hanya ditempuh dalam waktu 39 menit, dari Hongkong ke Singapura hanya diperlukan waktu selama 22 menit, dan dari Bangkok ke Dubai hanya ditempuh dalam waktu 27 menit.

Baca juga

Tentu saja, pertanyaan yang juga timbul, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memanfaatkan roket tersebut sebagai alat transportasi. Pasalnya, biaya peluncuran akan memakan banyak biaya, setidaknya diperkirakan bisa mencapai puluhan juta dollar.

Meski begitu, jika hal ini benar-benar terjadi, roket baru buatan SpaceX tersebut akan menjadi alat transportasi tercepat dan termahal di dunia. Lalu, apakah pembaca DroidLime juga tertarik untuk terbang bersama roket ini?

Advertisement
Comments
Tech News

Polytron Rilis Prime 7 Pro dengan Baterai Jumbo 5.000 mAh

Published

on

Polytron, pabrikan elektronik lokal yang ikut meramaikan pasar smartphone Tanah Air kembali memperbarui seri Prime 7 dengan merilis Prime 7 Pro diawal tahun 2018 ini. Mengusung tagline "Beyond Imagination", smartphone ini diklaim sesuai untuk kalangan mobilitas tinggi. Daya tarik smartphone yang memiliki bentang layar berukuran 5,5 inci Full HD ini sudah disokong dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh. Dukungan lainnya adalah layar kaca kurva 2,5D Gorilla Glass dengan ketebalan 0,07 mm. Tak ketinggalan, diotaki dengan prosesor Octa-core, Prime 7 Pro juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB. Untuk urusan memotret, kamera depan...
Continue Reading
Tech News

Harga Galaxy S9 di Negara Ini Bikin Kening Berkerut

Published

on

Kurang dari seminggu Samsung bakal memperkenalkan smartphone flagship yang dikembangkannya, Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Ya! Kedua smartphone ini akan diperkenalkan pada tanggal 25 Februari 2018 di Barcelona. Menariknya, sebagai smartphone yang berada di jajaran kelas premium, Galaxy S9 dan S9+ tak lepas dari rumor seputar spesifikasi hardware yang akan ditanam ke dalamnya, termasukjuga dukungan kamera dan desain. Jelas, bagaimana pun juga informasi tersebut sangat menarik. Bocoran terbaru kembali dilempar oleh Roland Quandt, yang memiliki akun Twitter @rquandt. Lewat Twitter, ia berkicau bahwa Galaxy S9 yang memiliki internal storage berkapasitas 64 GB di Norwegia akan dijual dengan harga 8.790 NOK...
Continue Reading
Tech News

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4 Terungkap di GFXBench

Published

on

Tak sedikit pecinta gadget di banyak negara yang menunggu-nunggu kehadiran Galaxy S9 Series. Ya! Samsung memang sudah memiliki rencana untuk memperkenalkan smartphone flagship buatannya tersebut di ajang MWC 2018 di Barcelona. Namun, tahukah Anda bahwa Samsung juga memiliki agenda untuk memperkenalkan satu perangkat lainnya di tahun 2018 ini? Diperkirakan, raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut bakal memperkenalkan Galaxy Tab S4. Bocoran mengenai tablet tersebut baru-baru ini terlihat di GFXBench, beserta beberapa spesikasi hardware yang bakal disematkannya. Memiliki nomor model SM-T835, Galaxy Tab S4 merupakan tablet yang ditujukan untuk pengguna kelas atas. Oleh karena itu tak mengherankan jika Samsung benar-benar mengemas...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer