Connect with us
ZFLive
Tech News

Roket Ciptaan Elon Musk Sanggup Jelajahi Bumi Kurang Dari 1 Jam

Droidlime.com,

/

SpaceX

Di sela-sela gelaran International Astronautical Congress 2017 yang berlangsung di Adelaide, Australia, Elon Musk selaku CEO SpaceX membeberkan sejumlah program terkait teknologi roket yang tengah dikembangkan perusahaan aeronautika asal Amerika tersebut.

Disitat dari Gizmodo, SpaceX dikabarkan tengah sibuk merakit roket baru berukuran 10 kali lebih besar dari satelit Hubble. Sayangnya, hingga saat ini kode atau penamaan dari roket tersebut masih dirahasiakan.

Rencananya, roket baru tersebut akan digunakan menjelajah ruang angkasa, membuat stasiun di bulan dan melakukan perjalanan ke Mars guna mencari sumber air serta membangun stasiun pengisian bahan bakar roket pada planet yang akan menjadi “rumah” kedua bagi umat manusia.

Selain melakukan tugas luar angkasa, roket tersebut rencananya juga digunakan untuk mengantar manusia ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang sangat cepat. Musk memprediksi roket ini sanggup mengantar manusia dari suatu benua ke benua lainnya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Bisa dikatakan, roket tersebut akan melesat dengan sangat cepat. Roket yang digunakan SpaceX untuk melakukan tugas ini adalah BFR, yang mana bentuknya mirip dengan roket Falcon atau seperti bentuk kapsul.

Lantas, bagaimana cara kerja roket ini? Musk dan SpaceX belum memberikan penjelasan detail perihal cara kerja roket tersebut. Namun, Musk sempat memposting video yang berisi representasi atau gambaran mengenai roket tersebut pada akun Instagram resmi miliknya.

Sesuai dengan video yang diposting Musk, sebelum melakukan proses peluncuran, penumpang akan diangkut dari pelabuhan menunju lokasi peluncuran dengan sebuah kapal. Lalu penumpang masuk ke dalam roket, dan roket akan melintasi orbit bumi dengan kecepatan 27.000 km/ jam.

Setelah sampai di tujuan, roket akan turun dengan posisi vertikal, dimana kepala roket berada pada bagian atas. Pada video tersebut, SpaceX juga menunjukkan laporan estimasi waktu yang diperlukan roket tersebut untuk melejit.

Contohnya, dari New York ke Shanghai hanya ditempuh dalam waktu 39 menit, dari Hongkong ke Singapura hanya diperlukan waktu selama 22 menit, dan dari Bangkok ke Dubai hanya ditempuh dalam waktu 27 menit.

Baca juga

Tentu saja, pertanyaan yang juga timbul, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memanfaatkan roket tersebut sebagai alat transportasi. Pasalnya, biaya peluncuran akan memakan banyak biaya, setidaknya diperkirakan bisa mencapai puluhan juta dollar.

Meski begitu, jika hal ini benar-benar terjadi, roket baru buatan SpaceX tersebut akan menjadi alat transportasi tercepat dan termahal di dunia. Lalu, apakah pembaca DroidLime juga tertarik untuk terbang bersama roket ini?

Advertisement
Comments
Tech News

Belum Dirilis, HTC Tidak Sengaja Perlihatkan Bodi HTC U12+

Published

on

HTC U12 Leaks 1
Beberapa minggu lalu Evan Blass, pembocor ternama yang juga pemilik akun Twitter @evleaks telah memperlihatkan spesifikasi resmi dan render dari HTC U12+. Kini, giliran Roland Quandt lewat akun Twitter miliknya, @rquandt yang menangkap ketidaksengajaan HTC untuk memperlihatkan dokumen HTC U12+ dalam sebuah situs pengujian. Meskipun HTC sendiri telah mencabut dokumen pengujian dari situs tersebut, beberapa spesifikasi kunci dari HTC U12+ sempat terlihat. Perangkat unggulan dari pabrikan smartphone asal Taiwan ini akan dikemas dengan layar 18:9 dan memiliki resolusi WQHD+. Disebutkan dalam dokumen tersebut, layar HTC U12+ merupakan panel Super LCD yang memiliki ukuran 6 inci. Untuk otaknya, smartphone ini akan...
Continue Reading
Tech News

Kembali Goda Konsumen, VP Lenovo Perlihatkan Contoh Foto Lenovo Z5

Published

on

Lenovo Z5 Sample Photo 1
Lagi dan lagi, Vice President Lenovo, Chang Cheng kembali menggoda calon konsumen yang ingin membeli Lenovo Z5. Lewat jejaring sosial Weibo, Cheng kembali memperlihatkan keunggulan kamera ganda yang bercokol di punggung Lenovo Z5. Ya! Cheng ingin memperlihatkan bahwa sistem kamera ganda tersebut mampu memotret dengan baik dalam mode portrait atau bokeh. Tak main-main, ada tiga foto sekaligus yang diperlihatkan oleh Cheng dan dua diantaranya terselip watermark yang mengindikasikan objek dipotret  menggunakan kamera ganda Lenovo Z5. Besar kemungkinan, Lenovo juga akan menyisipkan dukungan artificial intelligence ke dalam kamera ganda yang disematkannya. Hal ini cukup beralasan karena Z5 akan muncul di tahun...
Continue Reading
Tech News

Vivo Bakal Rilis Vivo Z1, Sasar Konsumen Berkantong Cekak

Published

on

Vivo Leak
Vivo adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang begitu getol bakal menelurkan banyak produk di tahun ini. Seperti yang diungkap oleh Vivo sendiri lewat akun miliknya di jejaring sosial Weibo bahwa mereka dalam waktu dekat ini akan meluncurkan Vivo Z1. Bisa dibilang, smartphone ini masuk ke dalam keluarga Vivo Z terbaru dan akan ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah yang dijual dengan harga terjangkau. Dengan kata lain, Vivo Z Series ini akan mendampingi Vivo V Series yang juga ada di segmen kelas menengah. Bocoran dari poster yang dirilis di Weibo, Vivo Z1 akan hadir dengan layar penuh 19:9 dan Vivo...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer