Connect with us
ROG GL504
Review

Review Xiaomi Redmi 2

Published
review redmi 2

Mengikuti jejak Polytron ZAP 5 dan Lenovo A6000, Xiaomi akhirnya membawa Redmi 2 ke Indonesia lebih cepat dari yang diprediksi. Dibanderol dengan harga yang sama seperti Xiaomi Redmi 1s (Rp1.599.000), Xiaomi Redmi 2 menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki pendahulunya itu.

Kelebihan

Dual SIM 4G. Sejauh ini, hanya Xiaomi Redmi 2 yang memiliki dual slot micro SIM dimana keduanya sama-sama sudah mendukung 4G. Xiaomi Redmi 2 yang dijual resmi di Indonesia juga sudah mendukung 4G dengan frekuensi 900 MHz sehingga sudah mendukung layanan 4G dari seluruh operator di Indonesia.

MIUI 6. Daya tarik smartphone Xiaomi salah satunya ada pada user interface MIUI. Dulu, Xiaomi Redmi 1s dijual masih menggunakan MIUI 5. Kini, Xiaomi Redmi 2 sudah menggunakan MIUI 6 secara default. Tampilannya semakin segar disertai animasi ringan dan warna-warna yang lembut.

Ratusan pilihan theme gratis. Anda bisa men-download dan meng-install ratusan theme yang tersedia gratis melalui aplikasi theme. Uniknya, kini banyak pilihan theme yang identik dengan kebudayaan Indonesia, seperti theme dengan lambang Garuda, bendera Indonesia, hingga bangunan-bangunan khas Indonesia.

Layar tajam. Untuk ukuran smartphone Rp1 jutaan, kualitas layar Xiaomi Redmi 2 mengingatkan kami akan layar ASUS Zenfone 5. Layarnya sama-sama memiliki resolusi 720p, namun terlihat optimal dan tajam dengan warna yang akurat. Layar Redmi 2 menggunakan panel IPS dengan pelindung Dragontrail.

Speaker detail. Selain layar, kualitas speaker Redmi 2 yang terletak di bagian belakang (di samping kamera) juga optimal. Suaranya bahkan bisa mengalahkan kualitas speaker smartphone Android kelas menengah yang menggunakan speaker dengan sertifikasi Dolby. Meski terletak di belakang, suara yang dikeluarkan tidak terhalang ketika Anda meletakkannya dengan layar menghadap ke atas.

CPU quad-core 64-bit. Sebagai smartphone kelas menengah, penggunaan prosesor quad-core 64-bit Snapdragon 410 1,2 GHz membuat performa Xiaomi Redmi 2 terasa andal dalam menjalankan game-game seperti Asphalt 8, Shadow Fight 2, Real Boxing, dan game keren lainnya. Pada pengujian AnTuTu Benchmark 5.6.2, skor yang diraih yakni 19.548 poin.

Kamera jernih. Kamera menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki Xiaomi Redmi 2. Saat menjepret, kameranya bekerja dengan sangat cepat, kurang dari 0,5 detik. Hasil kameranya pun terlihat jernih dengan saturasi warna akurat.

Daya tahan baterai di atas 12 jam. Berbekal baterai 2.200 mAh, Xiaomi Redmi 2 bisa bertahan lebih dari 12 jam untuk penggunaan browsing yang intensif serta lebih dari lima aplikasi media sosial ter-install dengan push notification aktif. Daya tahan tersebut sedikit lebih baik dari rata-rata smartphone dengan kapasitas baterai yang setara.

LED notifikasi. Ketika rata-rata smartphone Android sudah jarang yang memiliki lampu notifikasi LED, Xiaomi Redmi 2 masih memilikinya. Letaknya tepat di bawah tombol home. Warna LED tersebut juga bisa diubah dengan tujuh pilihan warna.

Kekurangan

UI boros RAM. Xiaomi Redmi 2 didukung kapasitas RAM 1 GB. Namun, kapasitas RAM yang tersisa dan bisa digunakan hanya sekitar 400 MB saja. Hal ini dikarenakan MIUI 6 yang digunakan menggunakan RAM hingga 60 persen dari total RAM yang tersedia.

Lumayan panas. Jika digunakan bermain game berat di atas 30 menit, bagian belakang Xiaomi Redmi 2 mulai mengeluarkan hawa panas. Meski masih ada smartphone lain yang memiliki panas melebihi Redmi 2, kami tetap merasa hawa panas yang dimiliki Redmi 2 terasa cukup mengganggu. Menggunakan casing tambahan bisa menjadi solusi.

Bodi licin. Penutup casing Xiaomi Redmi 2 berbahan plastik dengan finishing matte. Bahan tersebut terasa lembut di tangan, namun juga jadi terasa licin. Anda bisa menggunakan casing tambahan untuk mengusir rasa licin tersebut.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 2 adalah pilihan yang sangat menggoda bagi Anda yang ingin menjajal kecepatan jaringan 4G dengan bujet yang rasional. Performanya tergolong baik, tampilannya segar, layarnya tajam, serta kameranya salah satu yang terbaik di kelas 8 MP.

Video review

Comments

Wajib baca

Populer