Harga

Rp1.499.000

Bodi

137 x 69 x 9.9 mm, 158 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 400 quad-core 1,6 GHz

GPU

Adreno 305

RAM

1 GB

Storage

8 GB

Layar

IPS 4,7 inci (1.280 x 720 piksel)

Kamera

8 MP & 1,6 MP (1080p @30 fps)

Baterai

2.000 mAh

Sistem Operasi

Android 4.4.2

Jaringan

3G

Sensor

Accelerometer, gyro, proximity, compass

Pertama kali muncul di Indonesia, Xiaomi Redmi 1S langsung laris manis hanya dalam hitungan menit melalui penjualan "flash sale" yang diadakan oleh Lazada. Hal ini tentunya bukan hanya disebabkan oleh harga, namun juga didukung oleh spesifikasinya mumpuni yang diusungnya.

Kelebihan

Tampilan smooth tanpa lag. Xiaomi menggunakan user interface bawaan Xiaomi yg memang didesain simpel dan mudah digunakan, yaitu MIUI v5.0. Didukung prosesor dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 quad-core 1,6 GHz, UI tersebut dapat dijalankan dengan sangat baik.

Kamera tajam. Xiaomi Redmi 1S dibekali dengan kamera depan 1,6 MP dan kamera belakang 8 MP yang disertai lampu flash. Hasil tangkapan kameranya tajam, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, bahkan dengan kondisi cahaya minim sekali pun. Xiaomi Redmi 1S juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p 30fps.

Optimalisasi earphone. Berbeda dengan aplikasi bawaan smartphone lainnya yang hanya menyajikan equalizer seadanya untuk aplikasi musiknya, Xiaomi Redmi 1S memiliki fitur yang dinamakan Mi Sound yang berguna untuk menyesuaikan karakter musik dengan jenis earphone yang digunakan oleh para penggunanya.

Mulai dari earphone jenis standar yang banyak dijumpai di pasaran hingga earphone eksklusif dari Xiaomi sendiri yang dijual terpisah bernama Xiaomi Piston. Selain pengaturan equalizer standar seperti mode Rock, Pop, Jazz, pengguna juga dimanjakan dengan kustomisasi equalizer yang bisa disesuaikan dengan selera.

Kekurangan

Tidak terdapat cahaya pada tombol navigasi. Absennya cahaya (backlight) pada Xiaomi Redmi 1S awalnya mungkin akan menyulitkan Anda ketika menggunakannya di dalam ruangan minim cahaya. Namun juika sudah terbiasa, akan sangat mudah menggunakannya karena hanya terdapat tiga tombol navigasi, yaitu tombol Option atau Recent App, Home, dan Back.

Bobot agak berat. Pertama kali kami memegang smartphone ini, hal pertama yang jadi perhatian adalah bobotnya yang termasuk berat dibandingkan smartphone sekelasnya. Entah apa saja yang disematkan oleh Xiaomi di dalam Xiaomi Redmi 1S ini, namun bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan bobot yang seperti ini, Xiaomi Redmi 1S akan terasa lebih "berisi" saat dimasukkan ke dalam kantong misalnya.

Layar kurang maksimal di bawah matahari terik. Mungkin Anda akan kesulitan menggunakan Xiaomi Redmi 1S saat berada di luar ruangan (outdoor) di bawah cahaya matahari secara langsung. Tepat jam 12 siang dengan kondisi matahari yang terik, kami menguji smartphone ini untuk sekadar browsing. Hasilnya, kami cukup kesulitan melihat tampilan layarnya.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 1S merupakan pilihan yang sangat bijak bagi para pengguna yang ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi menengah ke atas dan harga murah. Melihat jejak merek lain yang biasanya membanderol harga sekitar Rp2 jutaan untuk spesifikasi yang sama, Xiaomi menawarkan produk yang lebih menggiurkan dengan kisaran harga hanya Rp1,5 hingga Rp1,6 jutaan.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Setelah lama dinanti, Xiaomi akhirnya resmi mendatangkan Redmi 1S ke Indonesia. Smartphone ini berpotenis menjadi pesaing terberat ASUS Zenfone Series karena sama-sama menawarkan performa tinggi dengan harga rendah.

Our Rating
User Rating
26 ratings
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:42 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
15%
Mau
35%
Biasa Aja
20%
Payah!
30%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.