Connect with us
MaxProM1
Review

Review Xiaomi Mifa F7: Speaker Bluetooth Anti Air Murah

Punya merek Mifa, Xiaomi mau mencoba peruntungannya di pasar speaker bluetooth. Kali ini, kami pun berkesempatan untuk mereview Xiaomi Mifa F7. Menariknya, speaker bluetooth ini punya kemampuan anti air dan dijual dengan harga sangat murah.

Updated

Salah satu hal yang paling asyik dilakukan saat berkumpul bersama teman di luar rumah adalah mendengarkan musik. Nah, media yang umumnya digunakan untuk penghantar suara musik tersebut adalah Bluetooth speaker.

Saat ini sih di kantor sudah ada beberapa bluetooth speaker unik untuk dicoba, ada harman kardon dan juga Lofree Poison yang sudah pernah kita review sebelumnya. Kali ini kita kedatangan speaker baru dari Xiaomi, yakni Mifa F7. Katanya sih speaker ini punya durabilitas tinggi, apakah benar demikian?

Isi boksnya

Sebelum mulai bahas review-nya, kita lihat dulu apa aja yang ada dalam kotak Mifa F7. Bisa dilihat kalo kotak Mifa f7 dibuat transparan dengan tagline Back to The Wild. Lalu kalau kita buka kotak kuningnya, di situ tersimpan beberapa perlengkapan pendukung, seperti kabel aux, micro usb, buku panduan, kartu garansi dan silica gel.

Lanjut bahas bagian intinya, menurut kami build quality nya solid dan kekar. Bodinya persegi panjang, terbuat dari alumuium dengan standar kualitas tinggi dan di sekelilingnya terdapat sebuah karet untuk melindungi speaker dari benturan. Unit yang kita reveiw warnanya gray, sebenarnya masih ada empat pilihan warna lainnya, yakni pink, gold, army green, dan light blue.

Ada tiga tombol untuk mengatur speaker, dua tombol volume dan satu tombol M. Lalu di sisi lainnya terdapat tiga port yang dilindungi karet cukup kuat, antara lain port jack audio 3,5mm, micro usb dan microSD. Ada juga sebuah pengait untuk mempermudah dibawa kemana-mana.

Cocok untuk outdoor

Fitur yang kami suka dari Mifa F7 adalah adanya sertifikasi IP56, fitur ini jarang ada untuk sebuah speaker Bluetooth dengan harga di bawah Rp600 ribu. Sertifikasi IP56 membuat Mifa F7 tahan terhadap debu dan air, cocok untuk para pencinta alam hobi berkemah.

Meski foto-foto produknya dibuat di atas air bahkan hampir tenggelam, kami sarankan untung mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dipakai. Saat dinyalakan dalam keadaan basah, suaranya agak sedikit berubah dibanding sebelumnya.

Mifa F7 juga didukung Bluetooth versi 4.0. Kami mencoba membuat jarak sejauh mungkin, dan hasilnya perangkat masih terhubung meski jaraknya sekitar 10 meter, pengujian ini dilakukan di tempat yang luas tanpa adanya tembok penghalang.

Ketahanan baterai

Untuk kualitas suaranya sendiri, menurut kami suara yang dihasilkan Mifa F7 cenderung warm dengan bass yang agak punchy. Ada kalanya dimana kita menggunakan volume maksimal, detail musik seperti menghilang tertutup bass. Overall, Mifa F7 cukup asik untuk lagu jedag-jedug.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Di situs resminya Mifa F7 punya baterai 1.500 mAh dan diklaim dapat tetap hidup hingga delapan jam memutar musik.

Namun saat kami mencoba, baterainya hanya dapat bertahan lima jam saat menjalankan musik dengan volume maksimal. Lalu untuk pengisian daya baterainya cukup cepat, 30 menit hingga 1 jam tergantung kepala charger yang digunakan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.