Connect with us
ZFLive
Review

Review Xiaomi Mi4

Droidlime.com,

/

Xiaomi Mi4 adalah smartphone flagship Android “pengganggu” yang membuat para pesaingnya seperti Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z3, HTC One M8, atau LG G3 kehilangan cukup banyak pembeli. Berbekal harga murah (Rp4.999.000), Xiaomi Mi4 menawarkan performa sebaik atau bahkan melebihi para pesaingnya.

Kelebihan

Desain premium. Xiaomi Mi4 memang memiliki lapisan plastik glossy di bagian depan dan belakangnya. Namun rangka smartphone ini terbuat dari stainless sehingga bobotnya terasa mantap di tangan, tidak seperti smartphone smartphone berbahan plastik lainnya.

review-xiaomi-mi4-04

CPU dan RAM kelas atas. Duet maut prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 dan RAM berkapasitas 3 GB rasanya tidak akan ketinggalan bahkan hingga tahun depan. Untuk menjalankan aplikasi dan game berat sekali pun, Mi4 masih sanggup melakukannya dengan sangat baik. Tidak ada lag sedikit pun.

User interface tidak membosankan. Xiaomi Mi4 menggunakan UI bernama MIUI dengan versi terbaru, yakni versi 6.2. UI ini terlihat sangat cantik dengan tampilan minimalis dan colorful. MIUI juga menawarkan banyak kustomisasi sehingga tidak cepat membosankan. Misalnya, Anda bisa mengganti efek transisi saat menggeser halaman homescreen, mengganti ikon indikator baterai, hingga mengganti nama operator sesuai dengan keinginan Anda.

review-xiaomi-mi4-02

MIUI juga mendukung penggunaan theme dengan pilihan hingga ribuan theme. Anda bisa men-download theme berbayar maupun yang gratis. Theme pada MIUI tidak hanya mengubah tampilan wallpaper dan ikon, tapi juga seluruh halaman menu yang ada, seperti lockscreen, halaman telepon, SMS, dan yang lainnya.

Duo kamera beresolusi tinggi. Kamera Mi4 bukanlah yang terbaik, namun salah satu yang paling baik. Kameranya masih kalah dibanding iPhone 6 Plus, Xperia Z3, maupun Galaxy Note 4. Tapi kami jamin Anda tak akan merasa kecewa dengan kualitas yang dimilikinya.

review-xiaomi-mi4-03

Kamera belakang Mi4 memiliki resolusi 13 MP yang mendukung pengaturan manual, seperti ISO hingga 3200, seleksi fokus objek secara manual, hingga pengaturan shutter speed manual. Kamera tersebut bisa merekam video hingga resolusi 4K.

Sementara kamera depan Mi4 beresolusi 8 MP, salah satu yang tertinggi di dunia. Dengan kamera depannya, Anda bisa memotret dengan penuh percaya diri, bahkan di tempat agak gelap sekali pun.

Layar dan speaker memuaskan. Kami sangat merasa nyaman ketika browsing menggunakan Mi4. Apa yang dapat ditampilkan oleh layarnya benar-benar nyaman di mata. Kami mencoba menggunakan ukuran font yang paling kecil, hasilnya tulisan tetap bisa terbaca dengan sangat jelas.

Begitu pun dengan kualitas loudspeaker milik Xiaomi Mi4. Meski berada di sisi bawah smartphone, tetap terdengar kencang dan detail, optimal untuk bermain game dan menonton video.

Kekurangan

Panas. Ya, panas adalah hal yang tidak kami sukai dari Mi4. Panasnya timbul di sekeliling bodinya, terutama di bagian belakang setelah digunakan untuk kegiatan berat seperti bermain game dalam waktu lebih dari 20 menit.

Tidak ada slot micro SD. Xiaomi Mi4 tersedia dalam dua pilihan kapasitas, 16 dan 64 GB. Namun yang kebanyakan masuk Indonesia adalah varian 16 GB. Jika Anda banyak meng-install game, menyimpan foto, musik, dan video, mungkin Anda akan merasa kurang dengan kapasitas storage-nya.

Kesimpulan

Kalau Anda ingin punya smartphone Android “ngebut” dengan harga lebih murah dari harga pasaran yang ada, coba saja Xiaomi Mi4. Untuk menjalankan komputasi berat, Mi4 jagonya. Untuk kegiatan memotret, Mi4 bisa diandalkan. Jika hobi utak-atik ROM Android, MIUI pada Mi4 menawarkan banyak kustomisasi. Bagi Anda yang ingin membeli Mi4, hanya ada dua hal yang patut Anda benci: tidak ada slot microSD serta bodinya cepat panas.

Review

Review Acer Swift 3 (2018): Bertenaga AMD Ryzen!

Published

on

Setelah sukses meluncurkan versi Intel tahun lalu, ditahun ini Acer kembali meluncurkan Swift 3 edisi 2018 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen dan GPU Vega. Seperti apa kehebatan notebook yang dinobatkan sebagai yang pertama menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia ini? Berikut adalah review-nya. Desain tipis Pertama kali diperkenalkan Februari lalu, Acer Swift 3 dengan nomor model SF315-41 ini desain yang biasa-biasa saja seperti laptop 15 inci kebanyakan. Dibuat dengan material aluminium, membuat bodinya jadi terlihat kokoh dan solid. Selain itu bodinya yang tipis hanya 18,9 mm juga memudahkan untuk dibawa bepergian. Meski berbodi tipis, Acer menyematkan port yang cukup banyak....
Continue Reading
Review

Review Huawei Nova 2 Lite: Penggoda Baru di Indonesia

Published

on

Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya. Desain Saat memegang pertama kali, smartphone ini cukup enak digenggam dan bobotnya juga ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini juga mempermudah saat ingin disimpan di saku celana. Di Indonesia, nova 2 lite punya dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kami review ini berwama hitam,...
Continue Reading
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading

Wajib baca

Populer