Connect with us
Asus ROG
Review

Review Xiaomi Mi 6: Penantang iPhone 7 Plus

Droidlime.com,

/

mi6 banner droidlime

Tidak perlu waktu lama bagi Xiaomi untuk ikutan bertarung di segmen smartphone flagship. Xiaomi menciptakan Mi 6 sebagai jawaban lahirnya sederet smartphone keren seperti LG G6, Huawei P10, hingg Samsung Galaxy S8. Seperti biasa, banderol Mi 6 adalah yang paling murah.

Kelebihan

Kecil dan berwarna. Xiaomi Mi 6 bakal jadi dambaan pengguna yang memiliki tangan kecil. Smartphone ini membawa layar 5,15 inci yang tentunya bisa memanjakan kantong baju maupun celana jeans sekalipun.

mi6 droidlime 03

Selain itu, Xiaomi Mi 6 punya varian warna biru yang terlihat nyentrik. Tapi kalau ingin lebih netral, ada pilihan warna hitam dan putih. Bodi belakang Mi 6 yang terbuat dari kaca (versi standar) atau keramik (versi spesial) juga membuat bodi belakangnya berkilau, lebih mewah.

Performa jempolan. Mi 6 menjadi smartphone asal Cina pertama yang berhasil menggunakan chipset tertinggi Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Belum lagi ada kapasitas RAM 6 GB. Praktis performanya patut diapresiasi dua jempol.

mi6 droidlime 05

Pada benchmark AnTuTu, skor yang diraih mencapai 180 ribu poin, termasuk yang tertinggi di platform Android. Performa real-world untuk bermain game-nya pun sangat ajib. Bahkan saat kami bandingkan dengan Samsung Galaxy S8 versi Exynos, performa Mi 6 lebih unggul. Hal ini dikarenakan Snapdragon 835 yang memang lebih jitu, setidaknya untuk saat ini.

Baterai mumpuni. Pertanyaan yang kerap muncul di balik performa yang lancar adalah soal kemampuan baterai. Pada Mi 6, Xiaomi berhasil menyematkan baterai 3.350 mAh di dalam bodinya yang kecil.

Untuk penggunaan harian, Mi 6 rata-rata menorehkan catatan screen-on-time lima jam ke atas yang artinya sudah mencukupi. Kalau pun baterainya terasa cepat habis karena penggunaan ekstra, kita bisa mengisi dengan cepat (total 100 menit) berkat fitur Quick Charge.

Kamera sekelas iPhone 7 Plus. Hal yang tidak kami sangka-sangka dari Mi 6 adalah sektor kamera. Kami tidak yakin kalau Mi 6 bakal bisa memotret sebagus smartphone dual-camera seperti Huawei P10 atau iPhone 7 Plus.

mi6 droidlime 04

Mi 6 membawa dua kamera, satu lensa biasa dengan aperture f/1.8, OIS, dan PDAF, satu lagi lensa telephoto (2x optical zoom) dengan aperture f/2.6. Tidak ketinggalan, ada pula mode portrait untuk memotret bokeh dengan syarat kondisi cahaya memadai dan jarak Anda dengan objek mencukupi. Hasil jepretan kameranya ternyata memuaskan.

Tahan cipratan air. Xiaomi belum bisa membuat smartphone tahan air sepenuhnya. Tapi setidaknya Mi 6 sudah membawa fitur splash resistant tahan cipratan air. Jadi Mi 6 seharusnya bakal aman jika terkena hujan, selama tidak terendam air.

Speaker stereo. Hobi streaming video atau main game? Anda bakal dimanjakan dengan speaker stereo pada Mi 6. Lubang speaker-nya masing-masing ada di bagian bawah dekat port USB C dan di sisi atas menyatu dengan earpiece. Meski bukan yang terbaik, kualitas loudspeaker-nya cukup memuaskan.

Kekurangan

Bodi gampang kotor dan baret. Dengan bodinya yang berkilau, terutama untuk varian berwarna biru, Xiaomi Mi 6 ternyata gampang baret halus. Kami mendapati adanya baret-baret halus pada bodinya setelah pemakaian hampir seminggu.

mi6 droidlime 01

Jadi kalau Anda berniat membeli Mi 6, kami sangat menyarankan untuk membeli versi keramik saja karena lebih tahan baret. Satu hal yang patut diketahui yakni bodi Mi 6 ternyata cukup licin di tangan.

Tanpa jack audio. Baterai besar dan fitur splash resistant yang dibawa Mi 6 harus dibayar mahal dengan ketiadaan jack audio. Terkesan memaksakan dan ikut-ikutan memang. Kalau tetap mau menggunakan headset dengan jack 3,5 mm, Xiaomi menyertakan konverter pada paket penjualannya.

mi6 droidlime 06

ROM masih perlu perbaikan. Satu lagi keluhan kami soal Mi 6 adalah ROM-nya. Karena Mi 6 saat ini hanya dijual terbatas di Cina, maka ROM yang disediakan pun masih versi Cina, belum ada versi global. Jadi untuk bisa merasakan pengalaman terbaik Android, kita harus menunggu ROM global.

Kesimpulan

Dibanderol sekitar Rp7 jutaan (pasaran harga di Indonesia), Xiaomi Mi 6 adalah smartphone flagship yang sangat mampu merusak dominasi merek terkenal seperti LG G6 atau Samsung Galaxy S8. Mi 6 memiliki performa tercepat serta kamera yang tidak kalah dari flagship iPhone 7 Plus.

Video review

Galeri foto Xiaomi Mi 6

[hybrid_gallery_grid ids=”21175,21176,21183,21184,21177,21178,21179,21180,21181,21182″ layout=”metro” metro_style=”2″ size=”equal” ratio_w=”1″ ratio_h=”1″ cols=”4″ rowheight=”240″ max_rowheight=”-1″ lastrow=”nojustify” gap_x=”10″ gap_y=”10″ formats=”false” color=”#b90000″ img_hover=”false” img_filter=”false” style=”1″ meta_title=”false” meta_descr=”false” click_action=”lb” link_tg=”same” buttons=”true” lightbox=”cb” pagination=”false” pg_type=”more” pg_ajax=”false” pg_posts=”10″ filter=”false” animation=”bounce” preloader=”1″ ct_w_vl=”100″ ct_w_un=”pc” ct_align=”none” custom_class=”” custom_id=”” res=”{#1024#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#800#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#768#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#600#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#},#480#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#}}”]

Advertisement
Comments
Review

Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite: Paduan Selfie dan Max

Mengusung nama Selfie, smartphone ini membawa desain bodi dan kapasitas baterai ala ZenFone Max.

Published

on

Zenfone Selfie Lite 1
Lagi-lagi ASUS mencoba membuat kita para penikmat gadget merasakan kegalauan. Sudah merilis dua smartphone selfie baru pada Agustus 2017, yakni ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, sekarang ada lagi smartphone selfie yang dirilis. Apalagi kalau bukan ZenFone 4 Selfie Lite. Smartphone ini seperti perpaduan ZenFone Selfie dan ZenFone Max. Lho, kok bisa? Desain Kalau main tebak-tebakan, kami yakin pasti banyak orang yang mengira kalau smartphone ini adalah salah satu varian dari ZenFone Max series. Padahal kenyataannya bukan. Hal ini disebabkan desainnya yang memang mengambil bahasa desain ZenFone Max series. Baik ZenFone 4 Selfie maupun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki desain...
Continue Reading
Review

Review Meizu M6s: Kalem Menghanyutkan

Selain bodi solid, Meizu M6s juga menawarkan kamera yang bisa memotret dengan natural layaknya kamera iPhone.

Published

on

meizum6sdroidlime05
M6s adalah jawaban Meizu untuk beberapa smartphone kekinian yang sudah hadir lebih dulu, seperti Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5. Ketiga smartphone tersebut punya spesifikasi sekelas dan sama-sama berlayar 5,7 inci dengan rasio 18:9. Meski cukup menjanjikan, M6s adalah yang paling tidak terkenal di Indonesia. Karenanya kami menyebutnya “smartphone kalem yang menghanyutkan”. Desain Meizu M6s adalah smartphone terjangkau dengan bodi yang solid banget. Dibanding Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5, bobot M6s adalah yang paling berat, yaitu 160 gram. Penyebabnya karena bodinya full metal. Selain bobotnya terasa mantap, bahan metal juga bikin smartphone ini terasa solid. Kalau bicara soal dimensi,...
Continue Reading
Review

Review LG PH450UG: Layar Tancap 3D Portabel

Proyektor 3D portabel untuk ruang sempit, bisa ciptakan layar hingga 130 inci dari jarak tembak 60 cm.

Published

on

reviewlgph450ug06
Selain main game, kegiatan menonton film sudah jadi kebiasaan sebagian besar dari kita dalam rangka memenuhi kebutuhan entertainment. Platform favoritnya sejauh ini hanya tiga: di smartphone, bioskop, atau di TV. Tapi kalau Anda mau sedikit antimainstream, proyektor juga boleh dicoba. Desain antimainstream Kami yakin sebagian besar dari kita agak-agak alergi begitu mendengar kata proyektor. Perangkat satu ini memang lebih identik dengan kegiatan presentasi. Tapi itu dulu, sebelum ada proyektor mini portabel. Sedangkan yang akan kami bahas kali ini adalah proyektor mini portabel untuk personal atau rumahan. Namanya LG PH450UG. Kalau dilihat dari bentuknya, perangkat ini tidak seperti proyektor pada umumnya....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer