Connect with us
UX370-JOE
Review

Review Xiaomi Mi 6: Penantang iPhone 7 Plus

Droidlime.com,

/

mi6 banner droidlime

Tidak perlu waktu lama bagi Xiaomi untuk ikutan bertarung di segmen smartphone flagship. Xiaomi menciptakan Mi 6 sebagai jawaban lahirnya sederet smartphone keren seperti LG G6, Huawei P10, hingg Samsung Galaxy S8. Seperti biasa, banderol Mi 6 adalah yang paling murah.

Kelebihan

Kecil dan berwarna. Xiaomi Mi 6 bakal jadi dambaan pengguna yang memiliki tangan kecil. Smartphone ini membawa layar 5,15 inci yang tentunya bisa memanjakan kantong baju maupun celana jeans sekalipun.

mi6 droidlime 03

Selain itu, Xiaomi Mi 6 punya varian warna biru yang terlihat nyentrik. Tapi kalau ingin lebih netral, ada pilihan warna hitam dan putih. Bodi belakang Mi 6 yang terbuat dari kaca (versi standar) atau keramik (versi spesial) juga membuat bodi belakangnya berkilau, lebih mewah.

Performa jempolan. Mi 6 menjadi smartphone asal Cina pertama yang berhasil menggunakan chipset tertinggi Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Belum lagi ada kapasitas RAM 6 GB. Praktis performanya patut diapresiasi dua jempol.

mi6 droidlime 05

Pada benchmark AnTuTu, skor yang diraih mencapai 180 ribu poin, termasuk yang tertinggi di platform Android. Performa real-world untuk bermain game-nya pun sangat ajib. Bahkan saat kami bandingkan dengan Samsung Galaxy S8 versi Exynos, performa Mi 6 lebih unggul. Hal ini dikarenakan Snapdragon 835 yang memang lebih jitu, setidaknya untuk saat ini.

Baterai mumpuni. Pertanyaan yang kerap muncul di balik performa yang lancar adalah soal kemampuan baterai. Pada Mi 6, Xiaomi berhasil menyematkan baterai 3.350 mAh di dalam bodinya yang kecil.

Untuk penggunaan harian, Mi 6 rata-rata menorehkan catatan screen-on-time lima jam ke atas yang artinya sudah mencukupi. Kalau pun baterainya terasa cepat habis karena penggunaan ekstra, kita bisa mengisi dengan cepat (total 100 menit) berkat fitur Quick Charge.

Kamera sekelas iPhone 7 Plus. Hal yang tidak kami sangka-sangka dari Mi 6 adalah sektor kamera. Kami tidak yakin kalau Mi 6 bakal bisa memotret sebagus smartphone dual-camera seperti Huawei P10 atau iPhone 7 Plus.

mi6 droidlime 04

Mi 6 membawa dua kamera, satu lensa biasa dengan aperture f/1.8, OIS, dan PDAF, satu lagi lensa telephoto (2x optical zoom) dengan aperture f/2.6. Tidak ketinggalan, ada pula mode portrait untuk memotret bokeh dengan syarat kondisi cahaya memadai dan jarak Anda dengan objek mencukupi. Hasil jepretan kameranya ternyata memuaskan.

Tahan cipratan air. Xiaomi belum bisa membuat smartphone tahan air sepenuhnya. Tapi setidaknya Mi 6 sudah membawa fitur splash resistant tahan cipratan air. Jadi Mi 6 seharusnya bakal aman jika terkena hujan, selama tidak terendam air.

Speaker stereo. Hobi streaming video atau main game? Anda bakal dimanjakan dengan speaker stereo pada Mi 6. Lubang speaker-nya masing-masing ada di bagian bawah dekat port USB C dan di sisi atas menyatu dengan earpiece. Meski bukan yang terbaik, kualitas loudspeaker-nya cukup memuaskan.

Kekurangan

Bodi gampang kotor dan baret. Dengan bodinya yang berkilau, terutama untuk varian berwarna biru, Xiaomi Mi 6 ternyata gampang baret halus. Kami mendapati adanya baret-baret halus pada bodinya setelah pemakaian hampir seminggu.

mi6 droidlime 01

Jadi kalau Anda berniat membeli Mi 6, kami sangat menyarankan untuk membeli versi keramik saja karena lebih tahan baret. Satu hal yang patut diketahui yakni bodi Mi 6 ternyata cukup licin di tangan.

Tanpa jack audio. Baterai besar dan fitur splash resistant yang dibawa Mi 6 harus dibayar mahal dengan ketiadaan jack audio. Terkesan memaksakan dan ikut-ikutan memang. Kalau tetap mau menggunakan headset dengan jack 3,5 mm, Xiaomi menyertakan konverter pada paket penjualannya.

mi6 droidlime 06

ROM masih perlu perbaikan. Satu lagi keluhan kami soal Mi 6 adalah ROM-nya. Karena Mi 6 saat ini hanya dijual terbatas di Cina, maka ROM yang disediakan pun masih versi Cina, belum ada versi global. Jadi untuk bisa merasakan pengalaman terbaik Android, kita harus menunggu ROM global.

Kesimpulan

Dibanderol sekitar Rp7 jutaan (pasaran harga di Indonesia), Xiaomi Mi 6 adalah smartphone flagship yang sangat mampu merusak dominasi merek terkenal seperti LG G6 atau Samsung Galaxy S8. Mi 6 memiliki performa tercepat serta kamera yang tidak kalah dari flagship iPhone 7 Plus.

Video review

Galeri foto Xiaomi Mi 6

[hybrid_gallery_grid ids=”21175,21176,21183,21184,21177,21178,21179,21180,21181,21182″ layout=”metro” metro_style=”2″ size=”equal” ratio_w=”1″ ratio_h=”1″ cols=”4″ rowheight=”240″ max_rowheight=”-1″ lastrow=”nojustify” gap_x=”10″ gap_y=”10″ formats=”false” color=”#b90000″ img_hover=”false” img_filter=”false” style=”1″ meta_title=”false” meta_descr=”false” click_action=”lb” link_tg=”same” buttons=”true” lightbox=”cb” pagination=”false” pg_type=”more” pg_ajax=”false” pg_posts=”10″ filter=”false” animation=”bounce” preloader=”1″ ct_w_vl=”100″ ct_w_un=”pc” ct_align=”none” custom_class=”” custom_id=”” res=”{#1024#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#800#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#768#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#600#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#},#480#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#}}”]

Advertisement
Comments
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading
Review

Review Samsung Galaxy S9+: Sama Rupa Beda Rasa

Tampangnya memang serupa Galaxy S8, tapi Galaxy S9 series menawarkan beberapa peningkatan minor yang terasa menarik.

Published

on

s9plusdroidlime143
Kalau Anda berencana membeli Samsung Galaxy S9, kami sarankan untuk memilih yang versi Plus saja karena punya dua kamera belakang. Selain tentunya bisa memotret bokeh yang lagi ngetren, dual-camera ini juga membuatnya terlihat berbeda dari Galaxy S8, Galaxy A8, maupun Galaxy Note 8. Desain Tidak mudah membedakan, mana Galaxy S8+ dan mana Galaxy S9+, apalagi kalau dilihat dari depan. Itu karena desain yang dibawa keduanya memang mirip. Tapi kalau dilihat dari belakang, kita bisa dengan cukup mudah menemukan perbedaannya. Masih membawa perpaduan metal dan kaca berlapis Gorilla Glass 5 pada bodinya, kita bisa mengenali Galaxy S9+ lewat konfigurasi dual-camera vertikal...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer