Harga

Rp3 jutaan

Status

Sudah dirilis (Agustus 2017)

Bodi

155,4 x 75,8 x 7,3 mm, 165 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz

GPU

Adreno 506

RAM

4 GB

Storage

32/64 GB

Layar

IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

12 MP+12 MP & 5 MP

Baterai

3.080 mAh (Quick Charge 2.0)

Sistem Operasi

MIUI 8.5 (Android 7.1.2)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, Infrared

Interface

USB C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Seperti sedang kejar setoran, Xiaomi sudah merilis lumayan banyak smartphone baru tahun ini. Yang paling anyar adalah Mi 5X. Smartphone ini ditugaskan untuk mengacaukan pasar smartphone kelas menengah, khususnya yang menawarkan konfigurasi dual-camera.

Kelebihan

Penampilan oke. Begitu banyaknya smartphone saat ini membuatnya jadi mirip satu sama lain. Termasuk Mi 5X yang mirip saudaranya sendiri, Mi Max 2. Secara subjektif kami menyukai desain Mi 5X yang dikuasai bahan metal. Smartphone 5,5 inci ini lumayan tipis dan bagian belakangnya ternyata tidak gampang kotor oleh sidik jari.

review mi5x droidlime 05

Kamera mirip Mi 6. Kita semua pasti mendambakan smartphone flagship, entah itu spesifikasinya maupun kameranya. Meski tergolong flagship terjangkau, nyatanya masih banyak orang yang belum mampu membeli Mi 6. Karena itulah Xiaomi menyediakan Mi 5X.

review mi5x droidlime 01

Smartphone satu ini punya dual-camera yang identik seperti Mi 6, yakni 12 MP+12 MP dengan kemampuan 2x optical zoom plus mode portrait. Ketika kami bandingkan, kamera Mi 5X dan Mi 6 ternyata bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang mirip. Padahal sensor yang digunakan berbeda.

Kamera Xiaomi Mi 6 bersensor Sony, sedangkan kamera Mi 5X bersensor OmniVision. Terutama untuk Anda yang suka foto bokeh, kualitas yang ditawarkan seharusnya bisa memuaskan.

Sudah USB C. Soal port USB sebenarnya adalah masalah sepele. Tapi karena tren saat ini menunjukkan peralihan dari microUSB ke USB C, maka keberadaan port USB C pada sebuah smartphone kelas menengah jadi hal yang positif. Selain lebih kekinian, port baru ini juga punya kecepatan transfer data lebih baik.

review mi5x droidlime 04

Baterai lumayan awet. Screen-on-time hampir enam jam menandakan ketahanan baterai yang di atas rata-rata. Walaupun bukan yang paling irit, setidaknya baterai Mi 5X tidak akan habis untuk aktivitas dari pagi hingga jam 8 malam untuk penggunaan aktif tanpa bermain game. Keawetan baterainya turut dipengaruhi chipset Snapdragon 625 yang memang sudah dikenal super irit.

Kekurangan

Kamera tanpa OIS. Cukup memuaskan untuk berfoto-foto, kamera Mi 5X bukan tanpa kekurangan. Perlu diketahui, meski bisa menjepret sebaik Mi 6, namun kamera Mi 5X kalah dalam urusan merekam video. Karena ketiadaan OIS, maka hasil rekaman videonya terasa lebih bergetar ketimbang Mi 6.

Positioning membingungkan. Kehadiran Mi 5X jelas makin bikin kita bingung. Bagaimana tidak, dijual Rp3 jutaan, Mi 5X bakal saling bunuh dengan smartphone Xiaomi lainnya, seperti Redmi Note 4 (garansi resmi) serta Mi 5 dan Mi 5s versi internasional. Ya, sudah terlalu banyak smartphone Xiaomi diharga Rp3 jutaan untuk saat ini.

Kesimpulan

Xiaomi Mi 5X sebenarnya adalah opsi yang menarik untuk Anda yang punya kocek Rp3 jutaan. Kameranya mirip Mi 6 dan performanya mirip Mi Max 2. Tapi dengan banderol Rp3 jutaan, kehadirannya juga cukup bikin bingung karena dirange harga yang sama, ada pilihan lain yang tidak kalah menarik, seperti Mi 5s misalnya.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Xiomi Mi 5X adalah smartphone pelipur lara untuk Anda yang ingin merasakan dual-camera ala Mi 6 tapi terbentur dengan bujet.

Our Rating
User Rating
256 ratings
You have rated this

(last edit: 28 August, 2017 / 5:10 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
68%
Mau
13%
Biasa Aja
11%
Payah!
8%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.