Now Reading

Harga

Rp2.799.000

Bodi

138.1 x 69.6 x 7.8 mm, 130 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1,7 GHz

GPU

Adreno 405

RAM

2 GB

Storage

16 GB

Layar

IPS 5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 5 MP (1080p @30fps)

Baterai

3.120 mAh

Sistem Operasi

Android 5.0

Jaringan

4G

Sensor

Accelerometer, proximity, compass, gyroscope

Dengan dana kurang dari Rp3 juta, Anda bisa membawa pulang Xiaomi Mi 4i. Smartphone ini adalah salah satu yang paling dinanti kehadirannya saat ini karena memiliki spesifikasi yang berimbang di segala lini. Sebut saja prosesor octa-core 64-bit Snapdragon 615 generasi kedua, RAM 2 GB, layar 5 inci full HD, baterai jumbo 3.120 mAh, dan kamera 13 MP.

Kelebihan

Salah satu smartphone dengan desain terbaik tahun ini. Mungkin terdengar agak berlebihan, namun Xiaomi Mi 4i memang memiliki bentuk yang sederhana namun enak dilihat dan digenggam. Bodinya rata dan ramping (0,8 cm), bobotnya hanya 130 gram, dan bezel layarnya tipis.

review-mi4i-05

Xiaomi Mi 4i juga nyaman digenggam maupun dikantongi. Dengan material plastik matte di bagian belakangnya, smartphone ini kesat di tangan. Bahan matte juga membuat bagian belakangnya tidak mudah kotor oleh sidik jari tangan penggunanya.

Baterai jumbo. Biasanya rata-rata smartphone berdimensi 5 inci hanya memiliki baterai 2.000 hingga 2.500 mAh. Namun Xiaomi Mi 4i memiliki baterai yang jauh di atas rata-rata, yakni hingga 3.120 mAh. Baterai tersebut berbentuk pipih melebar dan tersimpan rapi di dalam casing Mi 4i. Penggunaan harian dengan satu SIM card, baterainya dapat bertahan hingga 14 jam atau bahkan lebih.

Dual SIM 4G. Sama seperti Xiaomi Redmi 2, Mi 4i memiliki dua slot micro SIM card. Kedua slot tersebut juga sudah mendukung jaringan 4G. Sayangnya, Mi 4i belum mendukung 4G 900 MHz seperti Redmi 2. Untuk menikmati jaringan 4G di Indonesia, Mi 4i sudah mendukung 4G dengan frekuensi 1.800 MHz.

Teknologi Sunlight Display. Layar Xiaomi Mi 4i dilengkapi teknologi Sunlight Display, membuatnya dapat menampilkan gambar yang terang meski di bawah terik matahari. Teknologi ini tidak membuat brightness layarnya bertambah, melainkan dapat membuat piksel demi piksel pada layarnya menjadi lebih terang. Jadi, teknologi ini akan membuat layar menjadi lebih terang hanya di bagian-bagian tertentu yang terasa gelap saja.

review-mi4i-02

Dilengkapi notifikasi LED dan backlight pada tombol menu. Menggunakan Xiaomi Mi 4i semakin mantap dengan adanya lampu notifikasi yang terletak di bagian depan bersebelahan dengan kamera depan. Warna LED-nya dapat diubah dengan tujuh pilihan warna. Selain itu, tombol menu Xiaomi Mi 4i juga sudah dilengkapi backlight berwarna putih. Hal ini tentu akan memudahkan penggunaan di tempat gelap. Plus, smartphone ini jadi terlihat semakin cantik.

Duet MIUI 6 dan Android Lollipop. Xiaomi Mi 4i merupakan salah satu smartphone pertama dari Xiaomi yang sudah menggunakan duet MIUI 6 dan Android 5.0.2. Dengan begitu, performanya semakin terasa efektif dan optimal, terlebih pada manajemen RAM. Dengan RAM 2 GB, delay notifikasi kini sudah tidak dirasakan lagi.

Kamera dengan efek HDR yang optimal. Berbekal kamera utama 13 MP, hasil jepretan Xiaomi Mi 4i memuaskan, terlebih ketika mengaktifkan mode HDR enhanced. Mode ini dapat meningkatkan ketajaman dan warna gambar hingga dua kali lipat dibanding memotret dengan mode biasa.

review-mi4i-03

 

Kekurangan

UI masih terasa cukup berat. Kami merasakan MIUI 6 pada Xiaomi Mi 4i terkadang masih terasa berat. Ada beberapa efek transisi homescreen yang berjalan lag. Menjalankan aplikasi tertentu, seperti Instagram misalnya, juga masih terasa lag.

Cepat panas. Panas atau overheat menjadi masalah paling banyak dikeluhkan pada Xiaomi Mi 4i. Saat kami uji bermain game atau merekam video, suhu bodi smartphone di bagian belakangnya bisa mencapai 46 derajat Celcius. Namun pihak Xiaomi mengklaim bahwa masalah overheat ini akan bisa diatasi saat mereka sudah merilis update software yang akan datang.

review-mi4i-04

Resolusi full HD memberatkan pemrosesan grafis. Di satu sisi, resolusi full HD pada Mi 4i membuat layarnya terlihat kinclong. Di sisi lain, resolusi tinggi tersebut membuat CPU dan GPU-nya lebih berat dalam me-render grafis saat bermain game. Hasilnya, ada beberapa game berat, seperti Reckless Racing 3 misalnya, berjalan dengan lag.

Kesimpulan

Dengan harga Rp2,8 juta, Xiaomi Mi 4i masih menjadi pilihan menggoda, terutama bagi Anda yang begitu mengutamakan sisi desain dari sebuah smartphone. Hanya saja untuk saat ini, Xiaomi Mi 4i nampaknya masih membutuhkan update software untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya serta mengatasi masalah panas.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Indonesia cukup beruntung bisa kedatangan Xiaomi Mi 4i. Smartphone dengan desain handy dan spesifikasi menggoda ini dijual hanya seharga Rp2,8 juta. Namun, Mi 4i nampaknya butuh perbaikan software agar kinerjanya bisa lebih optimal.

Our Rating
User Rating
17 ratings
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:28 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
16%
Biasa Aja
8%
Payah!
12%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.