Connect with us
UX370-JOE
Review

Review Sony Xperia Z5 Compact

Droidlime.com,

/

xperia z5 compact droidlime 01

Bagi Anda penggemar smartphone berukuran mini namun membutuhkan performa tinggi, tahun ini Sony punya monster mini bernama Xperia Z5 Compact. Di dalam bodinya yang mungil, smartphone berlayar 4,6 inci memiliki spesifikasi yang besar dengan harga yang terbilang wah, Rp7.999.000.

Kelebihan

Bodi kecil, prosesor canggih. Sebenarnya smartphone dengan ukuran layar di bawah 5 inci masih banyak ditemui. Namun jika Anda mencari smartphone mini yang punya kinerja tinggi, saat ini pilihannya hanya Sony Xperia Z5 Compact. Smartphone ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 810 yang merupakan prosesor tertinggi Qualcomm saat ini.

Tampil beda dengan frosted glass. Biasanya varian Xperia Z series memiliki back cover kaca yang dapat merefleksikan benda yang ada di hadapannya. Hal tersebut tak lagi ditemui pada Xperia Z5 Compact karena material kacanya kini lebih buram. Bukannya lebih buruk, hal ini justru membuat Z5 Compact tampil beda dan terlihat lebih macho. Selain itu, frosted glass juga tidak membuat Anda harus sering membersihkan bekas sidik jari yang menempel.

xperia-z5-compact-droidlime-02

Baterai 2.700 mAh. Kapasitas baterainya tidak sampai 3.000 mAh, namun sudah cukup mumpuni untuk menyokong dayanya. Lebih dari seminggu mencobanya, rata-rata baterainya dapat mengantarkan Xperia Z5 Compact hidup hingga 15 jam dengan screen-on-time maksimal enam jam.

Layar Triluminos 720p. Bukannya kecewa dengan resolusi yang hanya 720p, kami justru merasa senang. Resolusi 720p milik Xperia Z5 Compact terasa maksimal untuk layar yang hanya berukuran 4,6 inci, memiliki kerapatan layar 323 ppi. Alhasil, layarnya seperti tak ada beda dengan resolusi 1.080p, jernih dan tajam. Resolusi 720p otomatis juga membuatnya lebih optimal dalam me-render grafis serta lebih irit baterai.

xperia-z5-compact-droidlime-03

Kamera cepat dengan resolusi ekstra. Sebelumnya, Xperia Z3+ hanya memiliki kamera 20,7 MP. Kini Sony meningkatkan resolusi kamera Xperia Z5 series (termasuk Compact) hingga 23 MP. Kameranya memiliki autofocus yang cepat dengan rata-rata 0,03 detik dalam mengunci fokus objek. Kualitas hasil fotonya terbilang baik untuk beragam kondisi, kecuali untuk memotret bokeh.

Tahan air. Bodi kecil tidak berarti fiturnya terbatas. Sama halnya smartphone flagship Sony lainnya, Xperia Z5 Compact punya sertifikat IP68, bisa tetap hidup di dalam air tawar sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Namun kali ini Sony memiliki kebijakan tidak melayani garansi kerusakan apabila smartphone sengaja dibawa menyelam atau memotret underwater. Ketahanan airnya hanya berlaku untuk kejadian-kejadian yang tidak diinginkan saja, seperti ketumpahan air misalnya.

xperia-z5-compact-droidlime-04

Perekaman video terbaik di kelas smartphone. Banyak smartphone yang andal memotret, namun payah saat merekam video. Tidak demikian dengan Xperia Z5 Compact. Smartphone ini bisa merekam video hingga resolusi 4K dengan smooth. Pergantian fokus objek pun dilakukan dengan halus layaknya kamera profesional. Kameranya juga dilengkapi fitur Intelligent SteadyShot sehingga hasilnya minim shake atau goncangan.

Speaker stereo. Tanpa embel-embel Dolby dan sejenisnya, speaker Sony Xperia Z5 Compact tergolong memuaskan. Speaker-nya stereo, ada di sisi atas dan bawah smartphone, posisinya pun tidak akan terhalang tangan baik saat digunakan secara portrait maupun landscape.

Kekurangan

Single-SIM card. Varian Xperia Z5 dan Z5 Premium memiliki dua slot SIM card, namun Z5 Compact hanya satu slot SIM card. Hal ini cukup disayangkan mengingat smartphone ini tergolong mahal. Rata-rata smartphone flagship dengan harga di atas Rp7 jutaan memiliki dua slot SIM card.

xperia-z5-compact-droidlime-08

RAM hanya 2 GB? Terasa nanggung memang, Sony hanya membekali Z5 Compact dengan RAM 2 GB saja. Jika Sony lebih berbaik hati menyematkan RAM setidaknya 3 GB, performa multitasking-nya pasti akan lebih menyenangkan dan memuaskan.

UI standar, boros RAM. Tampilan Xperia UI pada Z5 Compact mirip seperti stock UI Android milik Google, sederhana dan minim fitur. Performanya memang responsif, namun dengan tampilan dan menu sederhana, UI tersebut bisa menghabiskan RAM hingga 1,5 GB.

Kesimpulan

Jangan tertipu bodi kecil yang dimiliki Sony Xperia Z5 Compact. Di dalam bodi mungilnya, Sony menyematkan hardware terbaik, mulai dari proseso Snapdragon 810, kapasitas storage lega 32 GB, kamera ekstra tinggi 23 MP, fitur tahan air, serta sensor fingerprint. Namun untuk smartphone seharga Rp8 juta, Xperia Z5 Compact rasanya kurang pantas jika hanya mengusung RAM 2 GB.

Video review

Advertisement
Comments
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

review honor 9 lite 1
Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer