Connect with us
ZFLive
Review

Review Sony Xperia M4 Aqua

Droidlime.com,

/

Mengusung prosesor 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 otomatis membuat Sony Xperia M4 Aqua meramaikan persaingan Android kelas menengah di Indonesia. Dibanding smartphone lain yang hadir dengan prosesor yang sama, harga Xperia M4 Aqua memang sedikit lebih mahal. Apakah harganya sebanding dengan performanya?

[section label=”Kelebihan”]

Kelebihan

Penampilan premium. Sebelum M4 Aqua, Sony pernah merilis M2 dan M2 Aqua kurang lebih delapan bulan yang lalu. Meski sama-sama bersaing di kelas menengah, desain M4 Aqua terlihat lebih baik. Bodi keseluruhannya mirip seperti Xperia Z3+ yang dibanderol dengan harga dua kali lipat lebih mahal.
desain-m4-aqua

Sony Xperia M4 Aqua sejatinya terbuat dari material plastik. Namun ketika dilihat dan dipegang, orang pasti akan mengira bahwa material yang digunakan adalah kaca. Ya, Sony sukses meracik M4 Aqua sedemikian rupa sehingga “feel” menggunakannya tak jauh beda seperti menggunakan Xperia Z Series.

Sertifikasi IP68. Embel-embel “Aqua” pada M4 Aqua menandakan smartphone ini bersahabat dengan air. Tak heran, Sony memang jagonya menciptakan smartphone tahan air. Berbekal sertifikasi IP68, Sony Xperia M4 Aqua menjadi satu-satunya smartphone kelas menengah yang andal diajak menyelam sambil memotret.

foto-xperia-m4-aqua

Resolusi layar HD. Sony Xperia M4 Aqua memiliki layar dengan resolusi HD 720p. Jelas, resolusi HD menjadi hal yang biasa untuk saat ini. Namun jika saat ini Anda adalah pengguna M2 Aqua dan ingin upgrade, resolusi HD menjadi sebuah peningkatan. Pasalnya, layar M2 Aqua masih beresolusi 960 x 540 piksel.

Resolusi layar yang masih HD sebenarnya juga pas untuk smartphone Android kelas menengah. Ketika bermain game, frame per second yang didapat biasanya lebih tinggi dibanding layar full HD. Toh, dengan panel IPS, layar M4 Aqua masih nyaman dipandang meski resolusinya hanya 720p.

Selamat tinggal katup pelindung. Yang membuat repot dari smartphone anti air Sony adalah lubang port audio dan microUSB yang biasanya dilindungi katup atau karet khusus. Hal tersebut membuat pengguna repot ketika ingin mengisi baterai atau menggunakan headset. Namun pada Xperia M4 Aqua, port audio dan microUSB tak lagi dilindungi katup namun tetap anti air, membuat penggunaan jadi jauh lebih praktis.

review-m4-aqua-droidlime

[section label=”Kekurangan”]

Kekurangan

Storage sangat kecil. Sony Xperia M4 Aqua terdiri dari dua pilihan storage, 8 dan 16 GB. Untuk varian 8 GB seperti yang kami review ternyata hanya menyisakan storage murni kurang dari 4 GB. Jadi, Anda tak bisa bebas meng-install aplikasi karena keterbatasan tersebut.

storage-m4-aqua

Layar tidak tidak dapat disentuh di dalam air. Saat berada di dalam air, layar Xperia M4 Aqua praktis tidak dapat disentuh. Bagitu pun ketika hanya ada beberapa tetes air di atas layarnya, layar Xperia M4 Aqua jadi tidak responsif.

[section label=”Kesimpulan”]

Kesimpulan

Dibanding Xperia M2 Aqua, peningkatan yang ditawarkan Xperia M4 Aqua cukup terasa, terutama dari sisi desain, kamera, dan layar. Jika dibandingkan smartphone dengan hardware sekelasnya, harga Xperia M4 Aqua terasa kurang menarik. Namun perlu diingat, kemampuan tahan airnya tak bisa diikuti oleh smartphone pesaing sekelasnya.

[section label=”Video review”]

Video review

Review

Review Acer Swift 3 (2018): Bertenaga AMD Ryzen!

Published

on

Setelah sukses meluncurkan versi Intel tahun lalu, ditahun ini Acer kembali meluncurkan Swift 3 edisi 2018 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen dan GPU Vega. Seperti apa kehebatan notebook yang dinobatkan sebagai yang pertama menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia ini? Berikut adalah review-nya. Desain tipis Pertama kali diperkenalkan Februari lalu, Acer Swift 3 dengan nomor model SF315-41 ini desain yang biasa-biasa saja seperti laptop 15 inci kebanyakan. Dibuat dengan material aluminium, membuat bodinya jadi terlihat kokoh dan solid. Selain itu bodinya yang tipis hanya 18,9 mm juga memudahkan untuk dibawa bepergian. Meski berbodi tipis, Acer menyematkan port yang cukup banyak....
Continue Reading
Review

Review Huawei Nova 2 Lite: Penggoda Baru di Indonesia

Published

on

Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya. Desain Saat memegang pertama kali, smartphone ini cukup enak digenggam dan bobotnya juga ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini juga mempermudah saat ingin disimpan di saku celana. Di Indonesia, nova 2 lite punya dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kami review ini berwama hitam,...
Continue Reading
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading

Wajib baca

Populer