Harga

Rp849.000

Bodi

124.5 x 64.5 x 10 mm, 100 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 200 dual-core 1,7 GHz

GPU

Adreno 302

RAM

512 MB

Storage

4 GB

Layar

Capacitive 4 inci (800 x 480 piksel)

Kamera

5 MP & 5 MP (720p)

Baterai

1.500 mAh

Sistem Operasi

Android 4.4

Jaringan

3G (CDMA)

Sensor

Accelerometer, proximity, ambience light

Setelah merilis Smartfren Andromax V3s pada pertengahan tahun lalu, Smartfren merilis Andromax C2s pada awal tahun ini. Kedua smartphone tersebut dibidik untuk para penggemar selfie sehingga Smartfren pun menyertakan sebuah lampu flash pada kamera depannya.

Berbeda dengan Andromax V3s yang dibanderol dengan harga di atas Rp1 juta, Andromax C2s hadir dengan harga Rp849.000. Meski dibanderol dengan harga yang lebih murah, kamera depan Smartfren Andromax C2s memiliki resolusi yang lebih tinggi, yakni 5 MP dibanding Andromax V3s yang hanya memiliki kamera depan 2 MP.

Kelebihan

Performa cukup baik untuk kelas menengah ke bawah. Berkat menggunakan chipset Snapdragon 200, performa yang dihasilkan oleh smartphone ini cukup mumpuni untuk kelas menengah. Pada saat pengujian menggunakan game Subway Surfer, smartphone ini dapat menjalankannya cukup lancar.

Ketika diuji dengan menggunakan 3DMark, stage Ice Storm, Ice Storm Extreme, dan Ice Storm Unlimited, masing-masing mendapatkan skor 4.104, 2.248, dan 2.248 poin. Sayangnya pengujian AnTuTu pada smartphone ini tidak dapat dilakukan karena aplikasi tertutup secara tiba-tiba pada saat proses benchmark.

Nyaman digenggam dengan satu tangan. Dengan layar 4 inci, smartphone ini dapat digenggam dengan nyaman tanpa harus menggunakan dua tangan. Ukuran layar yang kecil juga memungkinkan Anda untuk mengoperasikannya dengan menggunakan satu tangan saja.

Memiliki fitur Picture-in-Picture. Menonton video sekaligus membuka aplikasi lainnya, seperti browser atau note dapat Anda lakukan dengan fitur tersebut. Anda juga dapat membesarkan maupun mengecilkan ukuran tampilan video. Fitur tersebut hadir berkat aplikasi video yang ada pada Smartfren Andromax C2s. Pasalnya, aplikasi video tersebut dapat dioperasikan pada mode window.

Menggunakan material yang cukup baik. Meski menggunakan material plastik, material bodi yang digunakan pada Smartfren Andromax C2s tergolong cukup baik. Dengan material tersebut, bagian belakang smartphone tidak mudah tergores dan lecet.

Speaker lantang. Untuk smartphone berukuran 4 inci, speaker Smartfren Andromax C2s memiliki volume suara yang cukup lantang. Namun kualitas suara yang dihasilkan tergolong standar. Fitur Dolby pada smartphone ini pun belum mampu untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker. Aplikasi Dolby yang ada hanya sebagai equalizer untuk mengubah karakter suara. Fitur Dolby sendiri lebih terasa saat menggunakan headset atau headphone ketimbang speaker.

Kamera cukup memuaskan. Pada kondisi cahaya normal, kamera 5 MP yang terdapat pada sisi depan maupun belakang dapat menghasilkan gambar yang cukup memuaskan. Sayangnya, kamera tersebut tidak dapat menghasilkan kualitas yang baik pada kondisi rendah cahaya. Meski begitu, lampu flash yang ada pada sisi depan maupun belakang cukup membantu memperbaiki kualitas gambar pada kondisi rendah cahaya.

Kekurangan

Layar kecil. Selain menjadi sebuah kelebihan, ukuran layar yang kecil juga dapat menjadi kekurangan untuk beberapa pengguna. Pasalnya, layar kecil dan resolusi yang rendah (800 x 480) membuat smartphone ini kurang nyaman digunakan untuk menonton video.

Memori internal hanya 4 GB. Memori internal yang kecil menjadi masalah tersendiri untuk Anda yang membutuhkan banyak aplikasi dan game pada smartphone. Meskipun terdapat slot MicroSD yang mendukung hingga 32 GB, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke dalam MicroSD. Namun untuk Anda yang hanya menggunakan smartphone untuk kebutuhan dasar seperti browsing, mengakses media sosial, dan mengambil foto, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Kapasitas RAM hanya 512 MB. Hal ini berdampak pada kemampuan multitasking dari smartphone Smarfren Andromax C2s. Pasalnya, performa mengalami penurunan pada saat membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Kamera tidak autofocus. Kedua kamera 5 MP baik yang ada pada sisi depan maupun sisi belakang tidak dilengkapi dengan fitur autofocus. Hal ini membuat Anda cukup kesulitan untuk memotret teks dengan jelas.

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, Smartfren Andromax C2s menyajikan beberapa fitur yang cukup menarik, seperti mode Picture-in-Picture, kamera 5 MP pada sisi depan dan belakang, serta menggunakan chipset Snapdragon 200. Dengan beberapa fitur tersebut, smartphone ini cukup mumpuni untuk kebutuhan multimedia tingkat dasar.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Salah satu pilihan bijak bagi Anda yang membutuhkan smartphone Android entry-level dengan harga di bawah Rp1 juta. Di rentang harga tersebut, performanya bisa dibilang cukup memuaskan.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:33 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
40%
Mau
20%
Biasa Aja
0%
Payah!
40%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.