Harga

Rp9.499.000

Bodi

143.4 x 70.5 x 6.8 mm, 138 gram

Prosesor

Exynos 7420 octa-core 1,9 GHz

GPU

Mali-T760

RAM

3 GB

Storage

32/64/128 GB

Layar

Super AMOLED 5,2 inci (2.560 x 1.440 piksel)

Kamera

16 MP & 5 MP (2160p @30fps)

Baterai

2.550 mAh

Sistem Operasi

Android 5.0.1

Jaringan

4G

Sensor

Accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer, gesture, heart rate

Begitu banyak produsen smartphone menawarkan produk terjangkau, namun tidak banyak yang menciptakan produk flagship. Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Samsung memiliki lini produk jagoan, Samsung Galaxy S Series. Tahun ini, Samsung menghadirkan Galaxy S6 yang menjadi smartphone terbaik yang pernah mereka ciptakan.

Kelebihan

Desain mahal dan premium. Sangat jauh berbeda dibanding Galaxy S Series lainnya, Galaxy S6 memiliki bodi premium unibody dengan paduan material metal dan glass. Selain mahal dan premium, dimensi bodinya yang ramping juga membuat feel memegangnya sangat nyaman.

Smartphone tercepat di dunia. Tak seperti produsen smartphone lainnya, Samsung menciptakan sendiri prosesor untuk Galaxy S6, yakni CPU 8-core Exynos 7420. Pengujian AnTuTu Benchmark yang kami uji menghasilkan skor 66 ribu poin, menjadi smartphone tercepat yang pernah kami uji.

UI lebih ringan. Samsung sudah menghilangkan beragam bloatware yang tidak berguna. Hasilnya, Galaxy S6 memiliki performa lebih responsif dibanding seri Galaxy S terdahulu. Tak hanya itu, UI TouchWiz pada Galaxy S6 juga menawarkan banyak pilihan theme untuk menghilangkan kebosanan penggunanya.

review-s6-03

Layar tajam dengan saturasi warna sangat pekat. Samsung menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi 2K pada Galaxy S6. Kombinasi ini membuat kualitas layarnya sempurna. Teks sekecil apapun dapat ditampilkan dengan tajam, bermain game, menonton film, atau sekadar melihat foto juga terasa maksimal.

Isi baterai ekstra cepat, lupakan powerbankSamsung Galaxy S6 dilengkapi fitur fast charging yang membuat Anda bisa melupakan powerbank. Mengisi baterai 10 menit bisa membuatnya bertahan hingga dua jam. Mengisi baterai 30 menit baterainya bisa terisi hingga 50%. Dan untuk mengisi penuh baterainya hanya dibutuhkan waktu 1,5 jam saja.

Sensor sidik jari dan S-Health lebih responsif. Dibanding pendahulunya, sensor sidik jari dan S-Health milik Galaxy S6 memiliki kemampuan mendeteksi lebih cepat dan akurat. Sensor sidik jari sangat berguna untuk keamanan, sensor S-Health berguna sebagai fitness tracker.

review-s6-02

Kamera 16 MP superior. Sulit bagi smartphone lain untuk menyaingi kualitas kamera Galaxy S6. Memotret di tempat gelap atau terang, kameranya bekerja dengan sama baiknya karena memiliki aperture F/1.9. Saturasi warna yang dihasilkan juga tak mengecewakan. Anda dapat melihat hasil jepretannya melalui foto-foto di bawah ini.

Wefie maksimal. Kamera depan Galaxy S6 beresolusi 5 MP. Kami jamin, kameranya akan selalu bisa memuaskan Anda karena dapat membuat wajah terlihat terang meski berada di tempat gelap. Yang paling kami sukai adalah fitur wide selfie, dimana Anda bisa memotret wefie dengan sudut pandang ekstra luas plus efek fish eye yang menarik.

review-s6-04

Kekurangan

Material glossy mudah meninggalkan sidik jari. Bagian belakang material Galaxy S6 dilapisi dengan Gorilla Glass 4 aman dan tahan terhadap goresan. Namun sayangnya, bagian belakangnya tidak bisa menahan ceplakan sidik jari. Jadi, Anda harus sering-sering membersihkannya jika risih.

review-s6-05

Kesimpulan

Samsung Galaxy S6 ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan flagship dari produsen lainnya. Namun dari apa yang kami coba, Galaxy S6 menawarkan kombinasi fitur yang lebih baik. Namun yang terpenting dari smartphone ini adalah desain premium, layar cemerlang, performa tercepat, dan kamera yang sangat memuaskan.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Smartphone tercepat yang pernah kami coba tahun ini. Selain performa, Galaxy S6 juga hadir dengan perombakan desain lebih elegan plus performa kamera yang sangat memuaskan.

Our Rating
User Rating
15 ratings
You have rated this

(last edit: 20 July, 2015 / 11:11 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
59%
Mau
15%
Biasa Aja
10%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.