Now Reading

Harga

Rp2.999.000

Bodi

46 x 34 x 10.5 mm, 56 gram

Prosesor

ARM Cortex M3 up to 80 MHz

Storage

800 KB

Layar

e-Paper 1,26 inci (144 x 168 piksel)

Baterai

130 mAh

Sistem Operasi

Pebble OS

Sensor

3D accelerometer, compass, gyroscope

Pebble Steel adalah jam tangan pintar (smartwatch) generasi kedua dari Pebble. Dibanding Pebble generasi pertama, Pebble Steel menawarkan desain yang lebih elegan, terlihat sporty namun cocok juga dikenakan untuk orang kantoran. Sekilas, Pebble Steel tak terlihat seperti jam tangan pintar. Layarnya monokrom dan bukanlah layar sentuh. Namun Pebble Steel memiliki kinerja yang optimal.

Kelebihan

Untuk iOS dan Android. Apa pun smartphone yang Anda gunakan, selama masih menggunakan OS Android 4.1 dan iOS 7.0 ke atas, bisa diduetkan dengan Pebble Steel. Cara menggunakannya cukup sederhana. Pertama, Anda harus men-download aplikasi Pebble di App Store atau Google Play, lalu sambungkan Pebble Steel ke smartphone melalui koneksi Bluetooth.

Tersedia ratusan jenis watchface dan aplikasi pendukung. Pebble Steel didukung oleh banyak developer, baik yang menciptakan watchface maupun aplikasi. Anda bisa men-download watchface dan aplikasi langsung melalui aplikasi Pebble pada smartphone. Setelah proses download selesai, watchface atau aplikasi akan langsung terkirim menuju Pebble Steel.

Layar e-ink yang unik. Tidak seperti Samsung Gear, Motorola Moto 360, atau LG G Watch R yang memiliki layar berwarna, Pebble Steel terlihat klasik dan unik dengan layar monokrom yang dimilikinya. Tampilan layarnya bisa terlihat jelas, baik di dalam ruangan maupun di bawah terik matahari. Saat di area gelap, Anda hanya perlu menggoyangkan tangan untuk menyalakan lampu LED pada layarnya.

Multifungsi. Sejatinya, Pebble Steel berfungsi sebagai penunjuk waktu. Di luar itu, smartwatch ini bisa digunakan untuk menampilkan notifikasi sekaligus membaca pesan apa pun yang masuk ke smartphone. Pebble Steel juga dilengkapi sensor fitness tracker untuk menghitung langkah dan jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki, mengukur denyut nadi, hingga memantau aktivitas dan kualitas tidur penggunanya.

Tak hanya itu, Pebble Steel juga bisa digunakan untuk bermain game sederhana untuk sekadar membunuh waktu. Fungsi lainnya yang tak kalah penting yaitu sebagai remote pemutar musik, layar penunjuk GPS saat berkendara, hingga remote shutter untuk memotret.

Desain tidak mencolok. Sebagian orang mungkin masih enggan menggunakan smartwatch karena bentuknya yang terlalu mencolok dan besar. Namun Pebble Steel lebih terlihat seperti jam tangan biasa, sehingga sangat nyaman dilihat dan digunakan.

Baterai hingga tujuh hari. Tidak semua smartwatch memiliki ketahanan baterai hingga tujuh hari. Pebble Steel bisa melakukannya karena hanya menggunakan layar monokrom e-ink yang sangat irit daya. Apabila Anda sering menggunakannya untuk berbagai aktivitas, paling tidak baterainya bisa bertahan hingga empat hari.

Tersedia beragam jenis tali (strap). Saat membeli Pebble Steel, Anda bisa memilih jenis tali jam yang diinginkan, apakah berbahan kulit atau stainless. Di luar kedua pilihan tersebut, Anda bisa menggunakan jenis tali jam lainnya dengan bentuk yang unik dan menarik.

Kekurangan

Belum mendukung touchscreen. Tanpa dukungan layar sentuh, Pebble Steel hanya mengandalkan empat buah tombol untuk navigasi, satu tombol terletak di sisi kiri, dan tiga lainnya di sisi kanan.

Hanya bisa memuat delapan aplikasi. Pebble Steel tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Karenanya, Anda hanya bisa meng-install maksimal delapan aplikasi bersamaan, baik watchface, aplikasi, maupun game.

Harga masih tergolong tinggi. Sejatinya, Pebble Steel dibanderol seharga US$199. Namun ketika masuk ke Indonesia, harganya melambung hingga Rp3,5 juta. Dari pantauan kami, harga termurah Pebble Steel yang kami dapatkan ada di kisaran Rp3 juta, tidak kurang dari itu.

Kesimpulan

Tak berlebihan rasanya jika Pebble Steel dinobatkan sebagai smartwatch terbaik oleh beberapa media asing. Smartwatch ini memiliki desain elegan, nyaman dipakai, didukung banyak developer pembuat aplikasi, memiliki fungsi beragam, dan tentunya awet baterai.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Verdict

Pebble merupakan pelopor jam tangan pintar di dunia. Pebble Steel sendiri merupakan produk keduanya yang hadir dengan layar e-ink dan ketahanan baterai hingga 7 hari. Jika Anda mencari jam tangan pintar multifungsi dan tidak norak, Pebble Steel adalah pilihan terbaik.

Our Rating
User Rating
2 ratings
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:41 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
21%
Mau
11%
Biasa Aja
42%
Payah!
26%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.