Now Reading

Harga

Rp4.299.000

Bodi

140.6 x 70.1 x 6.9 mm, 130 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1,7 GHz

GPU

Adreno 405

RAM

2 GB

Storage

16 GB

Layar

LTPS 5 inci (1.280 x 720 piksel)

Kamera

13 MP & 5 MP (1080p @30fps)

Baterai

2.420 mAh

Sistem Operasi

Android 4.4

Jaringan

4G

Sensor

Accelerometer, proximity, compass

Meneruskan tradisi smartphone seri R, Oppo merilis R1x dengan mengutamakan sisi desain di atas segalanya. Namun bukan berarti Oppo tak memerhatikan performa dan fitur-fitur di dalamnya. Perlu diketahui, Oppo R1x hanya dijual dalam jumlah terbatas karena tingkat kesulitan dalam produksinya.

Kelebihan

Back cover 3D berkilau. Kami jamin, siapa pun Anda yang menggunakan Oppo R1x pasti akan merasa sayang jika harus menutupi bagian belakangnya dengan casing pelindung. Pasalnya, bagian belakang Oppo R1x adalah titik pesonanya, dibuat dari material kaca dengan layer 3D yang dapat berkilau seperti berlian.

Bahkan saking cantiknya, bukan tidak mungkin smartphone ini bisa meningkatkan rasa percaya diri penggunanya karena bentuk dan desainnya yang unik.

Layar dengan teknologi PixelEye. Layar 5 inci IPS milik Oppo R1x hanya beresolusi 720p. Namun kualitasnya sudah seperti layar dengan resolusi 1080p. Layarnya kinclong, terang, dan dapat menampilkan saturasi warna yang optimal.

ColorOS 2.0.1 dengan fitur gesture. Sebagai salah satu perintis fitur gesture, Oppo menyediakan total sepuluh gesture dan motion pada R1x. Misalnya, cubit layar dengan tiga jari untuk aktfikan aplikasi kamera, buat garis vertikal dengan dua jari di layar untuk mengubah volume, atau buat garis dengan tiga jari untuk menyimpan screenshot.

Kustomisasi maksimal. Hobi gonta-ganti theme smartphone? Anda pasti akan senang dengan apa yang ditawarkan Oppo R1x. Ada lebih dari 100 theme gratis yang disediakan. Jika kurang, Anda juga bisa mengganti jenis huruf sistem dengan ribuan jenis font yang bisa di-download secara gratis.

Performa game memuaskan. Oppo R1x mengandalkan CPU 8-core Snapdragon 615 dan GPU Adreno 405. Ditambah RAM berkapasitas 2 GB, performanya saat menjalankan game berat, termasuk Reckless Racing 3 anehnya dapat berjalan dengan lancar. Padahal, rata-rata smartphone lain dengan spesifikasi yang sama tidak dapat menjalankannya dengan lancar.

Kamera sangat jernih. Duet kamera 13 MP dan 5 MP milik Oppo R1x juga menjadi nilai plus dari smartphone ini. Saat membidik obyek maupun menangkap gambar, kameranya bekerja dengan begitu cepat. Belum lagi, ada mode Ultra HD dimana hasil foto setara seperti kamera 64 MP dengan detail sangat tajam.

Kekurangan

Tombol menu tanpa backlight. Sangat disayangkan, sebagai smartphone yang mengutamakan desain dan dibanderol cukup tinggi, tombol menu Oppo R1x justru tidak memiliki backlight seperti kebanyakan smartphone di bawah Rp2 jutaan.

Penyertaan slot SIM card terasa tanggung. Jika ingin menggunakan dua SIM card sekaligus, Anda harus mengorbankan slot microSD. Sebaliknya jika ingin menggunakan microSD, maka Anda hanya bisa menggunakan satu SIM card saja.

Kesimpulan

Oppo R1x begitu cantik dilihat berkat bagian belakangnya yang terlihat mewah dan berkilau berkat motif potongan berlian. Tak hanya unggul dari sisi penampilan, performa Oppo R1x juga memuaskan, baik untuk bermain game maupun untuk memotret.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

OPPO R1x memiliki desain yang sangat indah pada sisi belakangnya. Dengan motif potongan berlian, OPPO R1x terlihat berkilau, cocok untuk Anda penggila desain. Performanya juga tak mengecewakan.

Our Rating
User Rating
2 ratings
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:29 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
18%
Biasa Aja
0%
Payah!
32%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.