Harga

Rp7 jutaan

Status

Sudah dirilis (Juli 2017)

Bodi

154 x 74 x 6,8 mm, 150 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 660 octa-core 2,2 GHz

GPU

Adreno 512

RAM

4 GB

Storage

64 GB (microSD up to 256 GB)

Layar

AMOLED 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

16 MP+20 MP & 16 MP

Baterai

3.000 mAh (fast charge)

Sistem Operasi

ColorOS 3.1 (Android 7.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS

Interface

microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Lainnya

VOOC Flash Charge

Dirilisnya R11 menjadi penyegar lini smartphone OPPO. Pasalnya sudah hampir dua tahun ini OPPO menjejali Indonesia dengan smartphone Selfie Expert, yakni F1 dan F3 series. Tapi yang cukup disayangkan, OPPO R11 tidak tersedia resmi di Indonesia dan hanya mampir ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Buat Anda yang penasara, kami tetap membuatkan review-nya untuk Anda!

Kelebihan

Tipis dan compact. Kita semua tahu kalau desain OPPO R11 identik dengan iPhone 7 Plus serta juga digunakan oleh OnePlus 5. Terlepas dari persoalan jiplak-menjiplak desain, OPPO berhasil merancang R11 dengan desain yang lebih segar ketimbang jajaran F1 dan F3 series.

r11 droidlime 01

Jika ingin tampil elegan, kami sarankan Anda untuk membeli unit yang berwarna hitam atau bahkan merah. Bodinya terbuat dari metal dan terasa sangat ramping dengan ketebalan 6,8 mm saja. Tapi kami sangat risih ketika menggunakannya tanpa casing karena sangat-sangat licin. Beruntung OPPO menyertakan jelly case transparan gratis.

Akhirnya Nougat. Sistem operasi OPPO F1 dan F3 series saat ini masih mentok dengan ColorOS berbasis Android Marshmallow. Untungnya tidak demikian dengan R11 yang sudah lebih segar dengan ColorOS 3.1 berbasis Android 7.1.1 Nougat. Tampilan interface-nya masih mirip iOS, apalagi dengan panel shortcut yang kini ada di layar bagian bawah, bukan lagi atas.

Chipset segar. Snapdragon 660 adalah alasan utama mengapa kami membeli OPPO R11. Ini adalah chipset kelas menengah terbaru sekaligus tertinggi yang belum lama dirilis Qualcomm. Yang menggunakannya pun masih sangat jarang. Dan benar saja, performa komputasinya bisa menyaingi chipset kelas atas Snapdragon 820 atau 821. Terbukti dengan skor AnTuTu di atas 110 ribu poin.

r11 droidlime 03

Layar sesuai kebutuhan. Panel AMOLED, resolusi Full HD, bentang 5,5 inci, dan dilapisi Gorilla Glass 5. Keempat hal tersebut sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan sebuah smartphone masa kini. Ya, layar OPPO R11 sedap dipandang di dalam maupun luar ruangan dan terbilang cukup tahan goresan.

oppo r11 droidlime 05

Dual-camera pertama. R11 menjadi smartphone dual-camera pertama yang diciptakan OPPO demi mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini. Konfigurasinya serupa OnePlus 5. Kamera utamanya beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.7 dan PDAF. Adapun kamera sekundernya beresolusi 20 MP f/2.6 dibekali kemampuan 2x optical zoom. Seperti biasa, kedua kamera ini bisa aktif bersamaan (mode portrait).

oppo r11 droidlime 02

Selfie ganas. Awalnya kami mengira kalau OPPO R11 bukanlah smartphone spesial selfie. Kamera depannya memang cuma satu beresolusi 16 MP dan kami memprediksi kualitasnya tidak jauh dari OPPO F3 series. Tapi begitu mengutak-atik, ternyata ada fitur bokeh yang setelah kami coba hasilnya sangat memuaskan.

r11 droidlime 07

Mode bokeh ini bisa menciptakan foto selfie dengan background blur yang rapi. Hasilnya kurang lebih sama seperti Vivo V5 Plus yang punya dua kamera depan. Bedanya OPPO R11 bisa melakukannya hanya dengan satu kamera. Efek beautify dan ketajaman gambarnya pun layak diacungi jempol.

Nge-charge kilat. Baterai OPPO R11 berkapasitas standar, hanya 3.000 mAh dengan SoT sekitar lima jam. Yang kami sukai adalah fitur VOOC Flash Charge yang membuat kegiatan mengisi baterai jadi menyenangkan. Pengisian 35 menit terisi 65 persen dan pengisian 65 menit sudah full.

Kekurangan

Performa grafis kurang nendang. Kami mendapati adanya bottleneck (ketimpangan) hardware antara CPU Snapdragon 660 dan GPU Adreno 512. CPU-nya boleh saja bertenaga, tapi GPU-nya masih kurang gahar. Kelancarannya dalam bermain game ada di bawah Adreno 530 yang terintegrasi dengan Snapdragon 820/821.

Selain itu, ada beberapa game yang tidak maksimal grafisnya. Sebut saja Asphalt Street Storm Racing dimana game ini jadi tidak bisa menampilkan efek blur saat balapan. Padahal kualitas grafis sudah kami set ke high.

r11 droidlime 04

Tanpa NFC. Desain dan spesifikasi OPPO R11 masuk segmen kelas menengah ke atas. Ya, kami setuju akan hal ini. Tapi ternyata ada satu hal yang sangat mengganjal dimana OPPO R11 tidak memiliki chip NFC. Meski tidak terlalu penting, NFC mutlak ada pada mayoritas smartphone menengah ke atas yang dibanderol di atas Rp5 jutaan.

Kesimpulan

OPPO R11 punya daya pesona lebih menarik ketimbang OPPO F series yang dipasarkan di Indonesia. Smartphone ini seharusnya sangat mampu mendongkrak nama OPPO di mata internasional. Namun dengan harga jual sekitar Rp7 juta, OPPO R11 punya lawan senegara yang mungkin sulit dibendung, seperti Huawei P10, Xiaomi Mi 6, atau OnePlus 5.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

OPPO R11 berhasil menebar daya tarik yang jauh lebih memesona dibanding lini Selfie Expert F1 dan F3 series di Indonesia.

Our Rating
User Rating
104 ratings
You have rated this

(last edit: 2 August, 2017 / 3:23 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
22%
Mau
6%
Biasa Aja
67%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.