Connect with us
Asus ROG
Review

Review OPPO F3: Penyempurna F1s

Droidlime.com,

/

oppo f3 droidlime 08

Kurang lebih satu bulan setelah resmi merilis Selfie Expert F3 Plus, giliran sang adik, OPPO F3 yang diboyong ke tanah air. Kehadiran OPPO F3 ini menjadi obat pelipur lara bagi mereka yang ingin menjajal pengalaman wide selfie namun terbentu bujet.

Kelebihan

Lebih compact. Penilaian ini tentunya bersifat subjektif, tapi cukup mewakili para pengguna gadget di Indonesia. OPPO F3 membawa layar 5,5 inci yang lebih bersahabat di tangan ketimbang F3 Plus yang punya layar 6 inci.

f3 droidlime 03

Apalagi saat hendak ber-selfie, mayoritas dari kita lebih banyak menggunakan satu tangan. Jadi dimensi layar lebih compact pastinya bakal menambah kenyamanan dalam pengoperasiannya.

Fingerprint lebih peka. Pada F1 series, tombol home dapat ditekan karena merupakan tombol fisik yang sekaligus sebagai sensor fingerprint. Pada F3, OPPO sudah meningkatkan performanya. Tombol home ini diubah menjadi kapasitif sehingga tidak perlu ditekan dulu untuk membuka lockscreen.

f3 droidlime 02

Selain itu, sensor fingerprint pada OPPO F3 juga terasa lebih akurat dan peka. Pasalnya kini kita tetap bisa membuka lockscreen menggunakan sidik jari meski sedang berkeringat. Tapi dengan catatan, tingkat kelembaban tangan tidak berlebihan.

Slot microSD dedicated. OPPO tampaknya paham akan kebutuhan storage pengguna F3 yang bakal menyimpan banyak foto selfie. Meski sudah punya storage 64 GB, masih ada slot microSD dedicated yang disediakan, tidak perlu mengorbankan SIM card kedua.

Layar incell kuat. Sama halnya F3 Plus, layar milik OPPO F3 terbuat dari panel JDI Incell yang biasa digunakan pada iPhone. Panel layar ini terlihat mirip seperti IPS, namun bisa menampilkan warna putih dengan sangat bersih.

f3 droidlime 01

Selain itu, resolusi layar F3 juga sudah Full HD sehingga lebih nyaman di mata. Dan yang cukup penting adalah fakta bahwa kita tak perlu terlalu khawatir layarnya mudah tergores karena sudah dilindungi Gorilla Glass 5.

Dual-camera untuk selfie. Inilah faktor unggulan yang dibawa oleh OPPO F3. OPPO tidak mengurangi sedikit pun spesifikasi dual-camera depan milik F3, alias sama persis seperti F3 Plus. Kamera dengan diameter lebih kecil beresolusi 16 MP untuk selfie sendiri (80 derajat), sedangkan kamera berdiameter lebih besar beresolusi 8 MP untuk group selfie (120 derajat).

Kamera ini ditunjang fitur Beautify 4.0, watermark, beragam filter, serta efek bokeh. Seperti yang sudah-sudah, kualitas jepretannya memang di atas rata-rata. Pun begitu dengan kemampuan wide selfie. Hasil fotonya tidak membuat wajah menjadi tidak simetris meski pengambilan foto dilakukan dari sudut sempit sekali pun.

Kekurangan

Desain belum berubah. OPPO sudah banyak meluncurkan smartphone Selfie Expert berkualitas. Tapi sayangnya bentuk atau desainnya terlalu mirip satu sama lain sehingga bukan tak mungkin kita bakal cepat bosan.

f3 droidlime 04

Kembali ke MediaTek. Meski sama-sama keluarga F3, tapi chipset yang digunakan jauh beda dengan F3 Plus. OPPO kembali bernostalgia menggunakan chipset MediaTek MT6750 pada F3, mirip seperti F1s. Performanya tidak jelek, tapi tetap saja tidak semenarik chipset Snapdragon.

Kesimpulan

OPPO F3 bisa menjadi smartphone yang menarik untuk Anda yang ingin menjajal kamera selfie wide angle dengan bujet lebih terjangkau. Dual-camera depan milik F3 memang sama baiknya dengan F3 Plus. Dimensi bodinya pun terasa lebih nyaman untuk berselfie ria. Dengan selisih harga hingga Rp2 juta, ada hal yang harus dikorbankan, yakni hardware yang dipangkas. Tapi jika Anda memang mengincar smartphone ini memenuhi kebutuhan selfie, selisih harga tersebut tentunya terasa sangat menggiurkan.

Video review

Advertisement
Comments
Review

Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite: Paduan Selfie dan Max

Mengusung nama Selfie, smartphone ini membawa desain bodi dan kapasitas baterai ala ZenFone Max.

Published

on

Zenfone Selfie Lite 1
Lagi-lagi ASUS mencoba membuat kita para penikmat gadget merasakan kegalauan. Sudah merilis dua smartphone selfie baru pada Agustus 2017, yakni ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, sekarang ada lagi smartphone selfie yang dirilis. Apalagi kalau bukan ZenFone 4 Selfie Lite. Smartphone ini seperti perpaduan ZenFone Selfie dan ZenFone Max. Lho, kok bisa? Desain Kalau main tebak-tebakan, kami yakin pasti banyak orang yang mengira kalau smartphone ini adalah salah satu varian dari ZenFone Max series. Padahal kenyataannya bukan. Hal ini disebabkan desainnya yang memang mengambil bahasa desain ZenFone Max series. Baik ZenFone 4 Selfie maupun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki desain...
Continue Reading
Review

Review Meizu M6s: Kalem Menghanyutkan

Selain bodi solid, Meizu M6s juga menawarkan kamera yang bisa memotret dengan natural layaknya kamera iPhone.

Published

on

meizum6sdroidlime05
M6s adalah jawaban Meizu untuk beberapa smartphone kekinian yang sudah hadir lebih dulu, seperti Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5. Ketiga smartphone tersebut punya spesifikasi sekelas dan sama-sama berlayar 5,7 inci dengan rasio 18:9. Meski cukup menjanjikan, M6s adalah yang paling tidak terkenal di Indonesia. Karenanya kami menyebutnya “smartphone kalem yang menghanyutkan”. Desain Meizu M6s adalah smartphone terjangkau dengan bodi yang solid banget. Dibanding Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5, bobot M6s adalah yang paling berat, yaitu 160 gram. Penyebabnya karena bodinya full metal. Selain bobotnya terasa mantap, bahan metal juga bikin smartphone ini terasa solid. Kalau bicara soal dimensi,...
Continue Reading
Review

Review LG PH450UG: Layar Tancap 3D Portabel

Proyektor 3D portabel untuk ruang sempit, bisa ciptakan layar hingga 130 inci dari jarak tembak 60 cm.

Published

on

reviewlgph450ug06
Selain main game, kegiatan menonton film sudah jadi kebiasaan sebagian besar dari kita dalam rangka memenuhi kebutuhan entertainment. Platform favoritnya sejauh ini hanya tiga: di smartphone, bioskop, atau di TV. Tapi kalau Anda mau sedikit antimainstream, proyektor juga boleh dicoba. Desain antimainstream Kami yakin sebagian besar dari kita agak-agak alergi begitu mendengar kata proyektor. Perangkat satu ini memang lebih identik dengan kegiatan presentasi. Tapi itu dulu, sebelum ada proyektor mini portabel. Sedangkan yang akan kami bahas kali ini adalah proyektor mini portabel untuk personal atau rumahan. Namanya LG PH450UG. Kalau dilihat dari bentuknya, perangkat ini tidak seperti proyektor pada umumnya....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer