Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Review

Review OnePlus X

Published

on

review oneplus x droidlime 10

Sejauh ini hanya ada tiga smartphone keluaran OnePlus: OnePlus One, OnePlus 2, serta OnePlus X. Varian terakhir menjadi satu-satunya yang mengusung layar 5 inci serta desain berbeda dibanding dua kakaknya. Beruntung, Indonesia kini kebagian jatah untuk bisa menikmati smartphone satu ini melalui Blibli.com pada 28 Maret 2016.

Kelebihan

Layar sangat cerah dan pekat. OnePlus X menggunakan panel AMOLED 1.080p untuk layarnya. Panel tersebut menghasilkan reproduksi warna yang sangat cerah. Warna hitam pun dapat disajikan dengan sangat pekat sehingga saat menyala smartphone ini seperti tidak memiliki bezel.

review-oneplus-x-droidlime-01

Oxygen OS yang simpel. Setelah tidak lagi menggunakan Cyanogen, OnePlus X kini menggunakan Oxygen OS versi 2.1 berbasis Android 5.1. OS ini simpel dengan tampilan khas stock ROM Google. Saat menjelajah menu-menunya terasa responsif.

Sebenarnya Oxygen OS tidak sesimpel itu. UI ini menawarkan fitur menarik, seperti pengaturan warna LED notifikasi, dark mode, gesture, serta pilihan untuk mengaktifkan on-screen button di dalam layar.

Compact dan mewah. Dengan merebaknya smartphone berdimensi 5,5 inci, tentu sangat sulit untuk mencari smartphone dengan layar 5 inci. Beruntung OnePlus X adalah salah satunya, sehingga bodinya jadi compact dan tidak merepotkan saat digunakan.

review oneplus x droidlime 09

Selain compact, desain bodi OnePlus X juga layak disebut mewah. Penggunaan rangka material aluminium alloy serta kaca 2.5D di depan dan belakang adalah penyebabnya. Praktis, smartphone ini bisa mendongkrak penampilan Anda.

Hardware yang belum jadul. OnePlus X menggunakan CPU flagship keluaran tahun 2014 silam. Maka tak heran banyak yang menyangsikan performanya. Namun prosesor 4-core Snapdragon 801 2,3 GHz yang digunakannya masih boleh diadu dengan prosesor terkini.

review-oneplus-x-droidlime-02

Performanya tak terpaut jauh dan bisa dikatakan sekelas dengan prosesor 6-core Snapdragon 808 atau prosesor 8-core MediaTek Helio X10. Kesimpulan ini mengacu pada hasil benchmark AnTuTu OnePlus X di angka 46 ribu poin yang kurang lebih sama seperti smartphone dengan prosesor Snapdragon 808 atau MediaTek Helio X10.

Kamera menyenangkan. Ada kamera 13 MP dan 8 MP pada OnePlus X. Kamera 13 MP sendiri sudah menjadi standar saat ini. Tapi bicara kualitas, rasanya tidak perlu khawatir dengan kamera OnePlus X ini. Shutter speed kameranya sangat cepat dan bisa menghasilkan rata-rata foto yang tajam.

Kalau mau merekam video, kamera utama OnePlus X ini sanggup menciptakan video beresolusi full HD biasa, video timelapse, atau video slow motion 720p dengan 120 fps. Hasilnya juga tidak mengecewakan, bisa Anda lihat pada video review di bawah ini.

Tombol switch. Layaknya iPhone, OnePlus X memiliki sebuah tombol switch di sisi kirinya. Tombol ini berfungsi untuk mengubah profil smartphone menjadi silent atau vibrate. Meski tidak terlalu penting, kehadiran tombol ini menambah kepraktisan penggunaan.

review-oneplus-x-droidlime-04

Kekurangan

Tombol tanpa backlight. OnePlus X punya bodi dengan keseluruhan warna hitam plus tombol menu di bagian dagunya. Sayangya tombol ini tidak disertai backlight sehingga sama sekali tidak terlihat. Anda membutuhkan adaptasi agar terbiasa menggunakannya.

review-oneplus-x-droidlime-08

Tanpa sensor sidik jari. Bicara soal sensor, sebenarnya OnePlus X tidak mengecewakan karena punya gyroscope. Tapi untuk smartphone yang diapsarkan tahun 2016, smartphone ini bakal lebih sempurna jika saja memiliki sensor sidik jari.

Kesimpulan

Dari sisi performa, OnePlus X bisa disejajarkan dengan Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Mi 4c, atau Infinix Zero 3. Sedangkan dari sisi desain, OnePlus X bisa menjadi lawan tangguh Samsung Galaxy A5 2016. Yang jelas, smartphone ini masih layak dibeli dan diandalkan tahun ini, terutama bagi Anda yang mengidamkan smartphone compact nan mewah.

Video review

Advertisement
Comments

Review

Review ASUS ROG Strix GL502VM

Published

on

rogstrix
Bisnis smartphone ASUS memang tidak secerah dua tahun lalu saat mereka merilis ZenFone generasi pertama dan ZenFone 2. Tapi sebaliknya, bisnis notebook ASUS terus mengalami peningkatan dan berhasil jadi pemimpin pasar di Indonesia. Bukan cuma untuk kategori notebook biasa, tapi juga notebook gaming. Tiga bulan terakhir kami adalah pengguna ROG G701VIK dan merasa sangat puas dengan kemampuannya. Dan kali ini kami mendapat kesempatan untuk menjajal notebook gaming ASUS lainnya, yaitu ROG Strix GL502VM yang punya harga sepertiga dari ROG G701. Dengan banderol Rp25 juta, apakah notebook ini bisa menawarkan performa yang tak kalah gahar? Untuk mayoritas gamer Seri ROG Strix...
Continue Reading

Review

Review Xiaomi Redmi 5A: Hape Harap Maklum

Published

on

reviewredmi5a
Xiaomi kembali berulah. Untuk kesekian kalinya, Xiaomi mengacaukan pasar smartphone entry-level lewat smartphone super murah terbarunya. Dibanderol Rp999 ribu, Xiaomi mengklaim Redmi 5A sebagai smartphone terbaik di kelasnya. Benarkah demikian? Mari kita buktikan! Desain Xiaomi menyematkan layar 5 inci pada Redmi 5A. Praktis dimensinya jadi compact, menjadikannya sangat enak dipakai hanya dengan satu tangan. Bodi belakang Redmi 5A terbuat dari plastik yang sekilas terlihat seperti metal. Bodi plastik ini bikin tangan kita nggak licin saat megang. Dan tentunya bukan fingerprint magnet, jadi kita nggak harus sering-sering membersihkannya. Bahasa desain Redmi 5A sebenarnya tidak jauh dari kakanya, Redmi 4A. Di bagian...
Continue Reading

Review

Review OnePlus 5T: Upgrade Minor

Published

on

reviewop3t
OnePlus 5 yang udah dirilis bulan Juni lalu termasuk smartphone flagship yang recommended. Selain kenceng, harganya juga lumayan terjangkau dibanding flagship lain. Tapi seakan kurang puas, OnePlus pun merilis OnePlus 5T, yang menurut kami, datang sebagai penyempurna. Layar minim bezel Untuk kesekian kalinya, OnePlus sukses bikin smartphone flagship yang kencang dan menggoda. Kalau Anda bertanya, apa sih perbedaan utama antara OnePlus 5 dan 5T? Jawabannya adalah layar. Sebagai salah satu merek beken, OnePlus nggak mau ketinggalan ikut-ikutan tren layar 18:9. Di OnePlus 5T kita bisa nikmatin layar 6 inci yang memanjang dengan bezel atas dan bawah cukup tipis. Resolusinya belum...
Continue Reading

Populer