Connect with us
UX370-JOE
Review

Review OnePlus X

Droidlime.com,

/

review oneplus x droidlime 10

Sejauh ini hanya ada tiga smartphone keluaran OnePlus: OnePlus One, OnePlus 2, serta OnePlus X. Varian terakhir menjadi satu-satunya yang mengusung layar 5 inci serta desain berbeda dibanding dua kakaknya. Beruntung, Indonesia kini kebagian jatah untuk bisa menikmati smartphone satu ini melalui Blibli.com pada 28 Maret 2016.

Kelebihan

Layar sangat cerah dan pekat. OnePlus X menggunakan panel AMOLED 1.080p untuk layarnya. Panel tersebut menghasilkan reproduksi warna yang sangat cerah. Warna hitam pun dapat disajikan dengan sangat pekat sehingga saat menyala smartphone ini seperti tidak memiliki bezel.

review-oneplus-x-droidlime-01

Oxygen OS yang simpel. Setelah tidak lagi menggunakan Cyanogen, OnePlus X kini menggunakan Oxygen OS versi 2.1 berbasis Android 5.1. OS ini simpel dengan tampilan khas stock ROM Google. Saat menjelajah menu-menunya terasa responsif.

Sebenarnya Oxygen OS tidak sesimpel itu. UI ini menawarkan fitur menarik, seperti pengaturan warna LED notifikasi, dark mode, gesture, serta pilihan untuk mengaktifkan on-screen button di dalam layar.

Compact dan mewah. Dengan merebaknya smartphone berdimensi 5,5 inci, tentu sangat sulit untuk mencari smartphone dengan layar 5 inci. Beruntung OnePlus X adalah salah satunya, sehingga bodinya jadi compact dan tidak merepotkan saat digunakan.

review oneplus x droidlime 09

Selain compact, desain bodi OnePlus X juga layak disebut mewah. Penggunaan rangka material aluminium alloy serta kaca 2.5D di depan dan belakang adalah penyebabnya. Praktis, smartphone ini bisa mendongkrak penampilan Anda.

Hardware yang belum jadul. OnePlus X menggunakan CPU flagship keluaran tahun 2014 silam. Maka tak heran banyak yang menyangsikan performanya. Namun prosesor 4-core Snapdragon 801 2,3 GHz yang digunakannya masih boleh diadu dengan prosesor terkini.

review-oneplus-x-droidlime-02

Performanya tak terpaut jauh dan bisa dikatakan sekelas dengan prosesor 6-core Snapdragon 808 atau prosesor 8-core MediaTek Helio X10. Kesimpulan ini mengacu pada hasil benchmark AnTuTu OnePlus X di angka 46 ribu poin yang kurang lebih sama seperti smartphone dengan prosesor Snapdragon 808 atau MediaTek Helio X10.

Kamera menyenangkan. Ada kamera 13 MP dan 8 MP pada OnePlus X. Kamera 13 MP sendiri sudah menjadi standar saat ini. Tapi bicara kualitas, rasanya tidak perlu khawatir dengan kamera OnePlus X ini. Shutter speed kameranya sangat cepat dan bisa menghasilkan rata-rata foto yang tajam.

Kalau mau merekam video, kamera utama OnePlus X ini sanggup menciptakan video beresolusi full HD biasa, video timelapse, atau video slow motion 720p dengan 120 fps. Hasilnya juga tidak mengecewakan, bisa Anda lihat pada video review di bawah ini.

Tombol switch. Layaknya iPhone, OnePlus X memiliki sebuah tombol switch di sisi kirinya. Tombol ini berfungsi untuk mengubah profil smartphone menjadi silent atau vibrate. Meski tidak terlalu penting, kehadiran tombol ini menambah kepraktisan penggunaan.

review-oneplus-x-droidlime-04

Kekurangan

Tombol tanpa backlight. OnePlus X punya bodi dengan keseluruhan warna hitam plus tombol menu di bagian dagunya. Sayangya tombol ini tidak disertai backlight sehingga sama sekali tidak terlihat. Anda membutuhkan adaptasi agar terbiasa menggunakannya.

review-oneplus-x-droidlime-08

Tanpa sensor sidik jari. Bicara soal sensor, sebenarnya OnePlus X tidak mengecewakan karena punya gyroscope. Tapi untuk smartphone yang diapsarkan tahun 2016, smartphone ini bakal lebih sempurna jika saja memiliki sensor sidik jari.

Kesimpulan

Dari sisi performa, OnePlus X bisa disejajarkan dengan Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Mi 4c, atau Infinix Zero 3. Sedangkan dari sisi desain, OnePlus X bisa menjadi lawan tangguh Samsung Galaxy A5 2016. Yang jelas, smartphone ini masih layak dibeli dan diandalkan tahun ini, terutama bagi Anda yang mengidamkan smartphone compact nan mewah.

Video review

Advertisement
Comments
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

review honor 9 lite 1
Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer