Connect with us
UX370-JOE
Review

Review Nubia M2: Kamera Potensial

Droidlime.com,

/

nubia m2 droidlime 04

Mungkin tidak banyak di antara kita yang mengenal atau familiar dengan nama Nubia. Dulu, kira-kira dua hingga tiga tahun lalu, kami pernah menjajal smartphone Nubia, namun masih dengan embel-embel ZTE. Kini Nubia hadir di pasar smartphone Indonesia dengan berdiri sendiri, tanpa ZTE. Ada tiga smartphone yang mereka bawa, dan Nubia M2 adalah seri tertingginya di Indonesia.

Kelebihan

Warna ciamik. Menyandang gelar smartphone Cina, apa yang ditawarkan Nubia melalui bodi smartphone-nya ini ternyata sangat menarik. Nubia M2 adalah smartphone berbodi solid yang sepenuhnya terbuat dari metal. Finishing-nya pun sangat rapi.

nubia m2 droidlime 01

Nah yang mungkin bakal bikin kita kesengsem adalah pemilihan warna. Nubia M2 tersedia dalam balutan warna gold atau black gold. Warna gold terlihat cukup cantik, sedangkan black gold terlihat gagah dan premium. Seluruh bodinya berwarna hitam dihiasi list berwarna gold di sekujur tepian layar dan bodi belakangnya.

Layar AMOLED. Nubia M2 adalah satu dari sedikit smartphone tahun 2017 yang mengusung panel layar AMOLED. Panel jenis ini terlihat sangat hitam saat mati, dan sangat berwarna saat menyala. Selain itu, panel AMOLED juga mengonsumsi daya lebih sedikit. Soal kualitas tak perlu diragukan karena layar ini beresolusi Full HD.

nubia m2 droidlime 18

UI inovatif. Kami tidak banyak tahu tentang Nubia UI. User interface ini sudah memasuki versi keempat dan ternyata terasa mengesankan pada Nubia M2. Tampilan interface-nya memang biasa saja dan tidak ada pilihan theme atau font. Kami pun tidak ambil pusing soal ini.

nubia m2 droidlime 02

Pasalnya fitur yang ditawarkan jauh lebih berharga daripada hanya sekadar tampilan. Nubia UI 4.0 ini memiliki fitur Edge gesture, dimana kita bisa membuka aplikasi, mengoptimalkan RAM, menaikkan brightness, atau berganti aplikasi hanya dengan menyentuh pinggir atau tepian layarnya saja. Ini adalah hal baru yang jarang ada.

Ada pula fitur split screen yang bisa digunakan untuk hampir semua aplikasi, terkecuali game. Dengan begitu kita bisa menjalankan dua aplikasi bersamaan dalam satu waktu.

Irit baterai. Layar AMOLED 5,5 inci plus chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, storage 64 GB, serta baterai 3.630 mAh adalah paduan yang pas. Tidak kelewat kencang, tapi jauh dari kata lemot. Boleh dibilang efisien. Rata-rata screen-on-time yang dihasilkan di atas lima jam dengan internet aktif dan sesekali bermain game.

Kamera depan 16 MP. Nubia tidak menggembar-gemborkan kamera depannya pada materi promosi. Padahal kamera depannya ini beresolusi 16 MP yang kualitasnya tidak mengecewakan. Ada pula fitur beautify untuk memoles wajah yang dirasa kurang sempurna.

nubia m2 droidlime 05

Kamera utama potensial.  Kamera utama Nubia M2 adalah salah satu pesonanya karena ada dua. Lensa yang kiri beresolusi 13 MP dengan sensor RGB, aperture f/2.0, dan PDAF, sedangkan lensa kanan beresolusi 13 MP dengan sensor monochrome. Secara default, Nubia menyediakan sangat banyak mode foto yang memungkinkan kita menghasilkan foto seperti menggunakan kamera SLR.

nubia m2 droidlime 03

Namun perlu dicatat, mode kamera tersebut baru akan bermanfaat jika kita bisa menggunakannya, karena rata-rata membutuhkan sedikit keahlian. Kalau bisa menggunakannya, seharusnya Anda bakal puas dengan performa kameranya.

Kekurangan

Dual-camera belum optimal. Konfigurasi dual-camera Nubia M2 bisa digunakan untuk hasilkan foto bokeh. Namun kalau dibandingkan dengan kualitas jepretan Huawei P9 atau Xiaomi Mi 6, kemampuannya masih tertinggal. Bidikan kameranya akan melambat saat menggunakan mode bokeh dan hasilnya seringkali kurang rapi.

nubia m2 droidlime 17

Grip licin. Seperti yang kami sebutkan di awal, Nubia M2 adalah smartphone berbodi ciamik dengan finishing sangat rapi. Saking rapinya, smartphone ini terasa sangat licin apalagi saat kita menggunakannya di ruangan ber-AC. Kalau mau aman, gunakan casing tambahan.

Butuh promosi ekstra. Kekurangan yang satu ini tidak ada kaitannya dengan kualitas atau pun performa Nubia M2. Namun ini adalah fakta yang harus dihadapi oleh Nubia, karena pada kenyataannya, masih banyak yang belum tahu merek satu ini. Karenanya, Nubia harus lebih gencar beraktivitas agar namanya makin familiar di kalangan pencinta gadget tanah air.

Kesimpulan

Nubia M2 adalah pendatang baru yang punya beban berat untuk bersaing dengan smartphone merek ternama. Dijual seharga Rp4,4 juta, Nubia M2 memiliki pesaing berat di rentang harga yang sama, seperti ASUS ZenFone 3 ZE552KL, OPPO F3, Vivo V5 Plus, atau bahkan ASUS ZenFone Zoom S. Namun dengan desain ciamik dan kamera potensial, Nubia M2 masih punya peluang besar untuk dilirik.

Video review

Galeri foto Nubia M2

[hybrid_gallery_grid ids=”21653,21656,21655,21654,21657,21658,21659,21660,21661,21663″ layout=”metro” metro_style=”2″ size=”equal” ratio_w=”1″ ratio_h=”1″ cols=”4″ rowheight=”240″ max_rowheight=”-1″ lastrow=”nojustify” gap_x=”10″ gap_y=”10″ formats=”false” color=”#b90000″ img_hover=”false” img_filter=”false” style=”1″ meta_title=”false” meta_descr=”false” click_action=”lb” link_tg=”same” buttons=”true” lightbox=”cb” pagination=”false” pg_type=”more” pg_ajax=”false” pg_posts=”10″ filter=”false” animation=”bounce” preloader=”1″ ct_w_vl=”100″ ct_w_un=”pc” ct_align=”none” custom_class=”” custom_id=”” res=”{#1024#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#800#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#768#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#600#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#},#480#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#}}”]

Advertisement
Comments
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading
Review

Review Samsung Galaxy S9+: Sama Rupa Beda Rasa

Tampangnya memang serupa Galaxy S8, tapi Galaxy S9 series menawarkan beberapa peningkatan minor yang terasa menarik.

Published

on

s9plusdroidlime143
Kalau Anda berencana membeli Samsung Galaxy S9, kami sarankan untuk memilih yang versi Plus saja karena punya dua kamera belakang. Selain tentunya bisa memotret bokeh yang lagi ngetren, dual-camera ini juga membuatnya terlihat berbeda dari Galaxy S8, Galaxy A8, maupun Galaxy Note 8. Desain Tidak mudah membedakan, mana Galaxy S8+ dan mana Galaxy S9+, apalagi kalau dilihat dari depan. Itu karena desain yang dibawa keduanya memang mirip. Tapi kalau dilihat dari belakang, kita bisa dengan cukup mudah menemukan perbedaannya. Masih membawa perpaduan metal dan kaca berlapis Gorilla Glass 5 pada bodinya, kita bisa mengenali Galaxy S9+ lewat konfigurasi dual-camera vertikal...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer