Connect with us
ZFLive
Review

Review Microsoft Lumia 540 Dual SIM

Droidlime.com,

/

review microsoft lumia 540 dual sim

Microsoft Lumia 540 Dual SIM bisa dibilang versi upgrade dari Lumia 535 Dual SIM. Pasalnya, secara fisik keduanya tampak begitu mirip. Tak hanya itu, spesifikasi yang dimiliki Microsoft Lumia 540 Dual SIM juga tidak jauh berbeda dengan Lumia 535 Dual SIM. Hanya saja, Microsoft menyematkan baterai yang lebih besar, kamera yang lebih baik, serta layar 5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720).

[section label=”Kelebihan”]

Kelebihan

Panas yang dihasilkan rendah. Umumnya, smartphone akan menghasilkan panas yang membuat tangan Anda sedikit tidak nyaman atau malah tidak nyaman sama sekali pada saat menggunakan aplikasi yang cukup berat. Namun hal ini tidak terjadi pada smartphone Microsoft Lumia 540 Dual SIM. Pada saat diuji dengan menggunakan game Asphalt 8: Airborne, panas yang dihasilkan perangkat ini hanya terasa pada bagian atas di sisi belakang saja. Itu pun dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi.

Back cover dengan material polycarbonate. Seperti pada lini Lumia sebelumnya, Microsoft pun membungkus Lumia 540 Dual SIM dengan material polycarbonate. Jika dibandingkan dengan lini Lumia high-end, material Polycarbonate yang dimiliki oleh Microsoft Lumia 540 Dual SIM masih kalah tebal. Meski begitu, back cover yang dimiliki smartphone ini masih cukup kokoh untuk menahan guncangan pada saat terjatuh. Layaknya Microsoft Lumia 535 Dual SIM, Anda juga dapat membuka back cover 540 Dual SIM. Back cover ini tersedia dengan lima pilihan warna, yakni orange, white, black, gray, dan blue.

review-microsoft-lumia-540-dual-sim-2

Konfigurasi kamera cukup lengkap. Aplikasi Lumia Camera yang ada pada Microsoft Lumia 540 Dual SIM merupakan bawaan dari sistem operasi yang digunakannya, yakni Microsoft Windows Phone 8.1 with Denim. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengambil gambar dengan dua pilihan mode, yakni mode auto atau mode pro. Pada mode pro, Lumia Camera menyajikan berbagai macam konfigurasi kamera untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan selera Anda. Pada mode pro terdapat konfigurasi White Balance, Focus, ISO, Speed, Exposure, serta lampu flash.

kamera-lumia-540

Speaker lantang, kualitas lumayan. Speaker yang lantang sudah banyak dimiliki oleh berbagai smartphone yang beredar di pasaran. Namun tidak banyak smartphone yang memiliki kualitas speaker yang cukup baik. Microsoft Lumia 540 Dual SIM tak hanya dapat menghasilkan suara yang lantang, kualitas suaranya pun tergolong cukup bagus untuk sebuah speaker yang terpasang pada smartphone. Pada volume maksimal, smartphone ini masih dapat menghasilkan suara yang baik meskipun sedikit terasa pecah. Meski sedikit pecah, musik yang diputar melalui speaker Lumia 540 Dual SIM tidak terdengar “berantakan”.

Baterai irit. Berbeda dengan Microsoft Lumia 535 Dual SIM yang menggunakan baterai berkapasitas 1.905 mAh, Lumia 540 memiliki baterai yang lebih besar, yakni 2.200 mAh. Dengan baterai berkapasitas 2.200 mAh, smartphone ini mampu bertahan lebih dari 1 hari untuk pemakaian normal. Pada saat diuji untuk bermain game, baterainya pun terasa tidak cepat habis. Selain kapasitas baterai, hal ini dikarenakan sistem operasi yang optimal serta spesifikasi hardware yang tergolong rendah.

review-microsoft-lumia-540-dual-sim-3

Kamera depan wide angle. Meski masih menggunakan kamera beresolusi 5 MP layaknya Lumia 535 Dual SIM, Microsoft Lumia 540 Dual SIM kini mengusung lensa wide angle. Dengan lensa wide angle, area pemotretan yang dapat dijangkau pun semakin luas. Fitur ini cocok untuk Anda yang gemar selfie maupun wefie (selfie beramai-ramai). Sayangnya, lensa kamera tersebut masih bersifat Fixed Focus (tidak Auto Focus).

[section label=”Kekurangan”]

Kekurangan

Kinerja sedikit tersendat pada aplikasi berat. Berbeda dengan Lumia 535 Dual SIM yang masih menggunakan layar 5 inci dengan resolusi 960 x 540, Microsoft menyematkan layar 5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720) pada Lumia 540 Dual SIM. Sayangnya, peningkatan resolusi layar ini tidak dibarengi oleh peningkatan kinerja hardware.

Sedikit licin saat digenggam. Dengan back cover berbahan polycarbonate yang dilapisi dengan warna glossy membuatnya sedikit licin saat digenggam. Meski bukan masalah besar, hal ini dapat menimbulkan masalah tersendiri untuk Anda yang sering menggunakan smartphone dalam waktu yang lama. Terlebih jika Anda memiliki tangan yang sering berkeringat. Namun hal ini tidak berlaku untuk Microsoft Lumia 540 Dual SIM berwarna hitam. Pasalnya, untuk varian warna hitam, Microsoft menggunakan warna doff untuk back covernya.

Kualitas kamera biasa saja. Meski memiliki kamera dengan resolusi yang lebih tinggi dari pendahulunya, kualitas kamera Microsoft Lumia 540 Dual SIM terasa masih belum optimal. Namun setidaknya, hasil gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang lebih besar (3.264 x 2.448) berkat kamera belakang 8 MP. Sebelumnya, Microsoft hanya menyematkan kamera belakang 5 MP (2.592 x 1.936) pada Lumia 535 Dual SIM.

Hal ini membuat performa Lumia 540 Dual SIM terkadang sedikit tersedat pada saat transisi pergantian menu. Untungnya, smartphone ini masih sanggup menjalankan aplikasi ataupun game yang cukup berat seperti Asphalt 8: Airborne. Kinerjanya pada saat memainkan game tersebut masih cukup memuaskan walaupun tidak mampu menghasilkan angka FPS yang sempurna.

Spesifikasi lawas. Tak berbeda dengan kembarannya, Microsoft masih menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 200 untuk Lumia 540 Dual SIM. Chipset keluaran tahun 2013 ini ditenagai oleh sebuah prosesor quad-core Cortex-A7 serta GPU Adreno 302. Padahal Qualcomm sudah merilis Snapdragon 208 dan 210 pada tahun 2014 untuk menggantikan Snapdragon 200. Walaupun menggunakan chipset yang cukup lawas, Microsoft Lumia 540 Dual SIM masih mampu tampil prima dengan Snapdragon 200 plus RAM 1 GB berkat sistem operasi Windows Phone 8.1.

Belum mendukung konektivitas 4G LTE. Chipset Snapdragon 200 buatan Qualcomm yang tertanam pada Microsoft Lumia 540 Dual SIM masih menggunakan modul modem 3G. Hal ini dapat menjadi nilai minus jika Anda ingin menikmati internet super kencang dengan konektivitas 4G LTE.

[section label=”Kesimpulan”]

Kesimpulan

Sebagai versi upgrade dari Lumia 535 Dual SIM, tak banyak perubahan yang Microsoft lakukan untuk Lumia 540 Dual SIM. Harga yang dibanderol untuk keduanya pun tak jauh berbeda, yakni Rp2 juta. Kapasitas baterai, resolusi kamera, serta resolusi layar yang dimiliki oleh Microsoft Lumia 540 Dual SIM sudah lebih baik.

Sayangnya, Microsoft tidak memberikan performa yang lebih baik untuk Lumia 540 Dual SIM. Dengan layar 5 inci beresolusi HD, performanya justru cenderung menurun dari Lumia 535 Dual SIM. Namun hal ini bukan masalah besar jika Anda tidak gemar bermain game berat. Pasalnya, penurunan performa tersebut tidak terasa untuk aplikasi atau game ringan hingga kelas menengah.

Advertisement
Comments
Review

Review Huawei Nova 2 Lite: Penggoda Baru di Indonesia

Published

on

review nova 2 lite 1
Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya. Desain Saat memegang pertama kali, smartphone ini cukup enak digenggam dan bobotnya juga ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini juga mempermudah saat ingin disimpan di saku celana. Di Indonesia, nova 2 lite punya dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kami review ini berwama hitam,...
Continue Reading
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

review honor 9 lite 1
Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer