Now Reading

Harga

Rp1.999.000 GearBest

Bodi

150,9 x 75,2 x 8,7 mm, 149 gram

Prosesor

MediaTek MT6735 8-core 1,3 GHz

GPU

Mali-T720MP3

RAM

2 GB

Storage

16/32 GB

Layar

IGZO 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 5 MP (1.080p @30fps)

Baterai

3.100 mAh

Sistem Operasi

Flyme OS 4.5 (Android 5.1)

Jaringan

4G

Sensor

Accelerometer, gyro, proximity, compass

Sejatinya Meizu bukanlah produsen smartphone sembarangan. Perusahaan elektronik asal Cina ini sudah membuktikan kualitasnya dengan merilis smartphone kelas atas dengan performa wah, salah satunya Meizu MX5. Namun untuk pasar Indonesia, Meizu lebih memilih untuk membawa smartphone kelas menengahnya, Meizu M2 Note.

Kelebihan

Layar jernih full HD. Meizu M2 Note ditawarkan seharga Rp1.999.000. Di rentang harga tersebut, Meizu harus menghadapi banyak lawan berat, seperti Lenovo A7000, Alcatel Onetouch Flash Plus, atau Infinix Hot Note yang sama-sama memiliki layar 5,5 inci. Namun untuk kualitas layar, Meizu M2 Note terlihat lebih unggul. Layarnya sudah beresolusi full HD dengan panel IGZO dari Sharp. Hasilnya terlihat sangat jernih untuk smartphone seharga Rp2 juta.

review-meizu-m2-note-droidlime-07

Bodi bongsor tapi tetap menarik. Rata-rata smartphone dengan bodi bongsor terlihat kurang menarik dan kurang nyaman digunakan. Lain halnya dengan Meizu M2 Note. Bahan polycarbonate glossy yang digunakan memang agak licin, namun membuatnya terlihat cukup ceria. Keempat sudutnya yang membulat dan ketebalan 8,9 mm cukup efektif membuatnya bersahabat di tangan.

Tombol home inovatif. Layaknya Apple iPhone, Meizu M2 Note hanya memiliki satu tombol fisik saja, yaitu tombol home. Tidak ada tombol menu dan tombol back. Ternyata, tombol home-nya juga bisa berfungsi sebagai tombol back dengan menyentuhnya, bukan menekannya.

review-meizu-m2-note-droidlime-05

Baterai lumayan. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatakan baterai 3.100 mAh pada Meizu M2 Note memuaskan. Baterainya memang hanya bisa bertahan satu hari saja, namun bisa menyuplai daya yang efektif dengan screen-on-time 4,5 jam. Cukup memuaskan.

Kinerja kamera cepat dan optimal di outdoor. Kamera utama 13 MP tentu bukanlah hal yang bisa dibilang wah karena sudah banyak digunakan di smartphone Rp1 jutaan sekalipun. Namun yang memuaskan dari kamera tersebut adalah kecepatannya ketika menjepret. Kualitas jepretannya saat memotret di luar ruangan dengan cahaya cukup juga tidak mengecewakan. Kameranya juga optimal untuk memotret dari jarak dekat dengan adanya opsi mengatur fokus secara manual.

Dual-4G FDD dan TDD. Ada dua slot SIM card yang disediakan. Keduanya sudah mendukung jaringan 4G FDD dan TDD. Ini artinya Anda bisa menggunakan beragam operator 4G di Indonesia, seperti Telkomsel, XL, Indosat, BOLT!, serta Smartfren.

Sensor dan interface lengkap. Dibanding smartphone Rp2 juta ke bawah lainnya, sensor yang dimiliki Meizu M2 Note lebih lengkap. Setidaknya ada sensor gyroscope untuk bermain virtual reality. Selain gyroscope, Meizu M2 Note juga mendukung USB on-the-go.

Kekurangan

Loudspeaker tidak memuaskan. Layar Meizu M2 Note boleh jadi yang terbaik untuk smartphone Rp2 jutaan. Namun performa layarnya ketika bermain game atau menonton video jadi terasa kurang karena loudspeaker-nya yang biasa-biasa saja, tidak detail.

review-meizu-m2-note-droidlime-06

Pilih SIM card atau microSD. Meizu M2 Note memang memiliki dua slot SIM card, namun dengan syarat. Syaratnya yakni Anda tidak bisa menggunakan microSD jika ingin menggunakan dua SIM card. Sebaliknya jika ingin menggunakan microSD, Anda hanya bisa menggunakan satu SIM card saja.

Kesimpulan

Sangat sulit menemukan "smartphone murah" dengan kualitas layar kelas atas, namun Meizu mampu menghadirkannya melalui M2 Note. Hal lain yang menjadi keunggulannya yakni adanya sensor gyroscope yang biasanya selalu absen pada smartphone di bawah Rp2 jutaan.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Desain menarik, layar jernih, performa mumpuni, dukungan 4G, dan sensor yang terbilang lengkap membuat M2 Note sangat pantas menjadi smartphone perdana yang diboyong Meizu ke Indonesia untuk bersaing dengan produsen lainnya.

Our Rating
User Rating
4 ratings
You have rated this

(last edit: 17 August, 2015 / 10:52 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
61%
Mau
24%
Biasa Aja
11%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.