Harga

Rp4.999.0000

Bodi

142 x 70 x 7,3 mm, 145 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 615, 8-core 1,7 GHz

GPU

Adreno 405

RAM

3 GB

Storage

32 GB

Layar

IPS 5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

16 MP & 8 MP (1.080p @30fps)

Baterai

3.000 mAh

Sistem Operasi

Android 5.1

Jaringan

4G

Sensor

Accelerometer, proximity, compass

Pada awalnya, kami mengira Lenovo VIBE Shot adalah kamera saku digital. Namun ternyata ini adalah sebuah smartphone yang memang memiliki fungsi utama sebagai alat memotret. Bisa dibilang, Lenovo VIBE Shot adalah ponsel yang bisa menggantikan fungsi kamera saku digital.

Kelebihan

Desain trendi. Sekilas, Lenovo VIBE Shot terlihat mirip seperti kamera saku digital Sony Cybershot. Bagian belakang smartphone ini memang memiliki bentuk yang menarik, terbuat dari material kaca. Sedangkan bagian depannya terlihat polos dengan layar hitam pekat saat dalam kondisi tidak menyala.

vibeshot-droidlime-4

Bentuk kompak, nyaman dikantongi. Tidak hanya terlihat menarik, Lenovo VIBE Shot juga tergolong nyaman digunakan dan dikantongi. Layar 5 inci yang diusungnya terasa pas di tangan. Meski agak tebal untuk ukuran smartphone 5 inci (7,3 mm), kami tetap merasa nyaman menggunakannya, meski dengan satu tangan sekalipun.

RAM dan storage lega. Lenovo VIBE Shot mengikuti jejak smartphone lain yang sudah lebih dulu mengadopsi RAM berkapasitas 3 GB. Kelapangan pada sisi RAM ini membuat kinerja multitasking-nya terasa optimal. Begitu pun pada sisi storage, Lenovo menyediakan kapasitas 32 GB untuk Anda menyimpan foto, video, musik, dan beragam aplikasi di dalamnya.

vibeshot-droidlime-3

Layar jernih full HD. Layar Lenovo VIBE Shot terlihat mengkilat (glossy). Layarnya tajam, dapat menampilkan warna hitam yang pekat dan warna primary seperti merah, hijau, biru dengan cerah. Ada pula menu color balance untuk semakin meningkatkan kualitas layarnya.

Hasil foto optimal. Tidak salah jika Lenovo menempatkan VIBE Shot sebagai smartphone khusus pecinta fotografi. Dengan harga Rp5 juta, kameranya mampu bersaing dengan smartphone mahal sekelas LG G4 atau Samsung Galaxy S6. Hasil fotonya pun memuaskan, baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan. Salah satu smartphone dengan kamera terbaik tahun ini.

Baterai kuat seharian. Terdapat baterai 3.000 mAh di dalam bodi Lenovo VIBE Shot. Saat kami coba, baterainya bisa mengantarkan layar VIBE Shot menyala hingga mendekati durasi empat jam. Jika digunakan untuk kebutuhan harian, baterainya bisa bertahan di atas 14 jam.

vibeshot-droidlime-2

Dilengkapi tombol shutter dan switch. Persis seperti Sony Xperia Z Series, Lenovo VIBE Shot juga memiliki satu tombol fisik di sisi kanan bodinya, yakni tombol shutter. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membidik dan menjepret objek foto. Tak hanya itu, ada pula satu tombol switch yang berfungsi untuk berpindah mode kamera, dari mode otomatis ke mode pro.

Dilengkapi sensor IR dan 3 LED. Untuk memaksimalkan fungsi kameranya, Lenovo turut menyertakan sensor infrared dan tiga LED flash di dekat modul kamera VIBE Shot. Sensor IR memudahkan untuk mengunci fokus objek, terutama di tempat gelap dan tembakan LED flash-nya akan sangat berguna saat memotret malam hari.

vibe-shot-droidlime

Kekurangan

Prosesor tanggung. Prosesor 8-core Qualcomm Snapdragon 615 yang digunakan Lenovo VIBE Shot tidak mengecewakan. Hanya saja, seharusnya performanya bisa lebih baik lagi jika menggunakan setingkat di atasnya, seperti prosesor 6-core Snadpragon 808 misalnya.

Tidak ada sensor gyroscope. Cukup disayangkan, sebagai smartphone unggulan, Lenovo tidak menyertakan sensor gyroscope untuk berbagai kebutuhan, seperti bermain game atau menikmati virtual reality menggunakan Google Cardboard.

Kesimpulan

Pilihan yang sangat layak bagi Anda yang mencari smartphone untuk kebutuhan utama memotret. Kameranya bisa diandalkan memotret di siang dan malam hari, plus hardware yang mumpuni dengan RAM dan storage lega. Bisa dikatakan, Lenovo VIBE Shot adalah smartphone dengan kamera terbaik di kisaran harga Rp5 juta.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Kemampuan kamera Lenovo VIBE Shot bisa disejajarkan dengan kamera smartphone dengan harga lebih mahal, seperti LG G4 dan Samsung Galaxy S6.

Our Rating
User Rating
10 ratings
You have rated this

(last edit: 15 September, 2015 / 9:49 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
62%
Mau
22%
Biasa Aja
11%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.