Harga

Rp999.000

Bodi

123,5 x 63,8 x 10,2 mm, 130 gram

Prosesor

MediaTek MT6572 dual-core 1,3 GHz

GPU

Mali-400

RAM

512 MB

Storage

4 GB

Layar

TFT 4 inci (800 x 480 piksel)

Kamera

5 MP & 2 MP

Baterai

1.500 mAh

Sistem Operasi

Android 4.4.2

Jaringan

3G

Sensor

Accelerometer, proximity

Kecil, tebal, dan agak berat. Itulah ciri fisik yang dimiliki oleh Lenovo Muszik A319. Smartphone Android mungil ini diciptakan untuk kalangan pengguna pemula entry-level. Agar bisa menarik perhatian pasar, Lenovo membanderolnya dengan harga Rp999.000, tergolong murah untuk sebuah smartphone besutan produsen ternama sekelas Lenovo.

Kelebihan

Harga terjangkau. Untuk ukuran smartphone sekelas Lenovo, harga Rp999.000 tergolong murah. Lain halnya jika ini adalah smartphone lokal. Di harga yang setara, tak banyak smartphone Android ternama yang bisa Anda pilih, selain Asus Zenfone 4S dan Samsung Galaxy V.

Speaker menggelegar. Ketika melihat bagian belakang Lenovo Muszik A319, mata Anda pasti akan tertuju pada lubang speaker yang ada di bagian bawah. Tepat di sampingnya terdapat logo Dolby yang menandakan speaker-nya didukung teknologi Dolby. Kualitas suara dan volume maksimal yang dihasilkan memang sangat memuaskan, jauh lebih baik dari rata-rata speaker smartphone Android saat ini.

Tampilan UI sedikit dimodifikasi. Dibanding smartphone kelas menengah ke atas Lenovo lainnya, UI pada Lenovo Muszik A319 memang kalah mewah. Namun Lenovo tetap memodifikasi UI-nya dengan menambahkan animasi saat menggeser Homescreen serta menyediakan theme agar pengguna tidak cepat bosan.

Kekurangan

Kapasitas RAM kurang memadai. Saat menjalankan tiga aplikasi bersamaan, sisa kapasitas RAM yang tersedia hanya sekitar 75 MB saja. Dengan jumlah RAM total sebesar 512 MB, UI pada Lenovo Muszik A319 tergolong rakus memori. Hasilnya, performanya akan menurun dan tidak optimal untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Kamera tanpa autofokus. Padahal, Lenovo membekalinya dengan kamera beresolusi 5 MP. Namun hal tersebut seperti dilakukan setengah hati, karena Lenovo tidak menyertakan fitur autofokus. Memotret dengan sistem fixed focus akan lebih menyulitkan dalam menghasilkan foto artistik.

Desain kurang menarik. Jika bicara desain, banyak smartphone Rp1 jutaan yang memiliki desain lebih baik dari Lenovo Muszik A319. Smartphone ini memang memiliki bentuk mini yang nyaman disimpan di saku. Namun saat digenggam, smartphone ini masih terasa kurang nyaman karena masih terlalu tebal.

Kesimpulan

Lenovo Muszik A319 memiliki keunggulan mutlak pada sisi audio dengan speaker kencang dan detail. Namun selebihnya, smartphone ini terasa biasa-biasa saja, tidak ada yang spesial. Dengan harga Rp999.000, smartphone ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda pengguna pemula di platform Android.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Smartphone untuk Anda yang baru beralih dari feature phone dan ingin mencoba sistem operasi Android. Performa komputasinya biasa saja, harganya cukup murah, serta memiliki keunggulan utama di sisi audio.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:43 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
25%
Mau
0%
Biasa Aja
50%
Payah!
25%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.