Now Reading

Harga

Rp1.999.000

Bodi

150 x 77.4 x 9.2 mm, 191 gram

Prosesor

MediaTek MT6592 octa-core 1,7 GHz

GPU

Mali-450

RAM

1 GB

Storage

8 GB

Layar

IPS 5,5 inci (1.280 x 720 piksel)

Kamera

13 MP & 8 MP

Baterai

3.100 mAh

Sistem Operasi

Android 4.2.2

Jaringan

3G

Sensor

Accelerometer, proximity, compass, gyro

InFocus sudah dikenal baik sebagai produsen proyektor. Tidak hanya proyektor, InFocus juga merilis berbagai lini produk smartphone. M320e sendiri merupakan smartphone InFocus pertama yang masuk ke pasar Indonesia. Dengan berbagai riset pasar yang dilakukan, InFocus cukup percaya diri memasuki pasar smartphone di Indonesia. Sebelumnya, produk smartphone InFocus hanya dipasarkan di beberapa negara, salah satunya adalah Taiwan.

Kelebihan

Performa kencang, harga terjangkau. InFocus M320e dibekali chipset MediaTek MT6592, prosesor octa-core Cortex-A7 berkecepatan 1,7 GHz, GPU quad-core Mali-450MP4, layar 5,5 inci dengan resolusi HD, serta kapasitas baterai 3.100 mAh. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope untuk Anda yang gemar bermain game. Semua hal tersebut dapat Anda tebus dengan harga Rp1.999.000.

Kapasitas baterai cukup besar. Dengan kapasitas baterai 3.100 mAh, smartphone ini mampu bertahan seharian. Sebenarnya sudah banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai sekitar 3.100 mAh atau bahkan lebih besar. Namun di kelasnya, tidak banyak yang menyertakan baterai berkapasitas sebesar 3.100 mAh.

review-infocus-m320e-5

Memiliki layar lebar, 5,5 inci. Dengan bentang layar 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel, smartphone ini dapat menyajikan berbagai konten multimedia dengan nyaman. Seperti bermain game, menonton film, maupun browsing. Dengan menggunakan layar IPS, gambar yang dihasilkannya pun terlihat jernih.

Tampilan sederhana dan tidak tersendat-sendat. Launcher default yang digunakan pada InFocus M320e nampak seperti launcher yang digunakan pada smartphoneLenovo. Keduanya sama-sama menampilkan aplikasi dan widget pada homescreen. Tidak hanya tampil sederhana dan mudah digunakan, transisi tampilan antar menu juga terasa sangat lancar.

review-infocus-m320e-6

Permukaan back cover elastis dengan tekstur yang kasar. Layaknya beberapa smartphone keluaran Samsung, InFocus M320e dilapisi dengan back cover yang cukup elastis sehingga tidak mudah patah. Dengan material yang elastis, back cover tersebut juga dapat ditekuk. Sisi belakang back cover smartphone ini juga terasa kasar agar tidak licin pada saat Anda menggenggamnya.

review-infocus-m320e-2

Kekurangan

Hasil gambar dari kamera kurang memuaskan pada kondisi minim cahaya. Kamera 13 MP yang ada pada sisi belakang mampu menghasilkan gambar yang cukup baik pada kondisi normal. Namun pada kondisi minim cahaya, noise yang dihasilkan masih cukup tinggi sehingga kualitas gambarnya pun tidak sebaik pada kondisi normal.

Lampu flash berwarna hijau kekuning-kuningan. Sedikit berbeda dengan smartphone pada umumnya, lampu flash yang terdapat pada sisi belakang smartphone ini tidak memancarkan cahaya berwarna putih. Hal ini dapat memengaruhi hasil foto, terutama pada kondisi rendah cahaya. Meski begitu, jika Anda menggunakannya sebagai senter, lampu flash tersebut dapat mampu menghasilkan cahaya yang cukup terang.

review-infocus-m320e-1

Tombol navigasi tidak dilengkapi LED. Seperti smartphone Android lainnya, InFocus M320e memiliki tiga buah tombol navigasi, yakni home, back, dan option. Namun ketiga tombol yang berada di bagian bawah tersebut tidak dilengkapi dengan lampu LED. Hal ini cukup merepotkan saat Anda mengoperasikan smartphone ini pada kondisi gelap.

Bodi tebal. Baterai berkapasitas besar membuat smartphone ini hadir dengan bodi yang cukup tebal, yakni 9,2 mm. Ketebalan tersebut cukup mengurangi kenyamanan pada saat Anda menggenggamnya. Terlebih lagi, ukuran layar yang digunakan pada smartphone ini cukup lebar.

Kesimpulan

Sebagai pendatang baru di pasar smartphone, kehadiran InFocus M320e tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, smartphone ini hadir dengan feature dan performa cukup memuaskan. Jika dilihat dari sisi harga dan performanya, smartphone ini pun mampu bersaing dengan berbagai produsen smartphone yang sudah lama hadir di tanah air, khususnya untuk segmen menengah ke bawah.

Harga jual, prosesor octa-core, layar besar, dan kapasitas baterai yang besar, menjadi senjata utama dari smartphone yang satu ini. Sayangnya, saat ini masih belum banyak aplikasi maupun game yang mampu memanfaatkan performa prosesor octa-core dengan maksimal.

 

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Smartphone perdana yang diboyong InFocus ke Indonesia. Dengan harga hanya Rp2 juta, smartphone ini menawarkan CPU octa-core dan kamera beresolusi besar. Performa komputasi dan kameranya cukup memuaskan.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:36 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
0%
Mau
0%
Biasa Aja
67%
Payah!
33%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.