Now Reading
Review Coolpad Sky 3

Spesifikasi
Harga

Rp2.399.000

Bodi

153 x 76,8 x 7,85 mm, 143 gram

Prosesor

MediaTek MT6735P quad-core 1.0 GHz

GPU

Mali-T720

RAM

2 GB

Storage

16 GB

Layar

IPS 5,5 inci 1.280 x 720 piksel

Kamera

13 MP & 8 MP

Baterai

2.500 mAh

Sistem Operasi

CoolUI 8.0 (Android 6.0)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Accelerometer, proximity, ambience light

Wanginya segmen smartphone selfie membuat beberapa produsen smartphone tertarik untuk melahirkan perangkat dengan keunggulan pada kamera depan. Salah satu merek pendatang baru di Indonesia yang juga ikut meramaikan persaingan smartphone selfie adalah Coolpad melalui produk bernama Sky 3.

Kelebihan

Tampang premium. Coolpad Sky 3 sebenarnya ditargetkan untuk segmen kelas menengah ke bawah yang memiliki bujet di bawah Rp3 juta. Tapi bukan berarti penampilannya terlihat murahan. Kami justru merasa gaya desain yang dibawa Coolpad Sky 3 tak beda jauh dari Coolpad Max yang notabene adalah smartphone untuk kelas menengah ke atas.

sky-3-01

 

Coolpad Sky 3 adalah smartphone yang simpel, ringan, tidak terlalu besar, serta cukup nyaman dipandang. Bodinya terbuat dari paduan bahan metal pada rangkanya dan plastik pada bagian belakang. Tersedia pilihan warna basic seperti black maupun warna yang lebih elegan seperti gold. Kesan premium juga terpancar dari Coolpad Sky 3 berkat penggunaan layar 2,5D seperti yang digunakan pada kebanyakan smartphone flagship.

Smartphone 3G yang 4G ready. Coolpad Sky 3 dipasarkan di Indonesia sebagai smartphone 3G. Bagi sebagian orang, kecepatan jaringan 3G masih mencukupi. Tapi sebagian orang lainnya membutuhkan jaringan 4G yang lebih cepat. Jika Anda adalah pengguna Coolpad Sky 3 dan membutuhkan jaringan 4G, Anda tak perlu khawatir.

sky-3-05

Sebenarnya Coolpad Sky 3 adalah smartphone 4G ready. Hardware yang digunakannya sudah mendukung jaringan 4G, termasuk layanan 4G yang disediakan oleh operator di Indonesia. Untuk mengaktifkan 4G-nya yakni dengan menekan kombinasi *#673644 pada halaman telepon lalu akan muncul opsi untuk mengaktifkan 4G.

Menariknya, kedua slot SIM card yang disediakan sudah sama-sama mendukung jaringan 4G. Kami menjajal menggunakan operator Telkomsel dan XL, baik pada slot SIM pertama maupun kedua dan jaringan 4G dari keduanya berjalan lancar.

OS yang efektif. Kami sudah pernah menjajal lebih dari tiga varian smartphone Coolpad, dan seluruhnya memiliki sistem operasi yang sangat mudah digunakan. Pada Coolpad Sky 3, OS yang digunakan adalah Cool UI 8.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow.

sky-3-07

OS ini menawarkan kemudahan penggunaan dengan fitur-fitur terkini. Contohnya C-Button yang mirip Assistive Touch pada iPhone yang menawarkan beragam shortcut, One-hand operation, hingga beragam gesture seperti menulis huruf “M” untuk membuka music player. Mengambil screenshot juga bisa dilakukan dengan lebih efektif dengan tiga jari serta bisa menyimpan lebih dari satu halaman layar.

Tidak ketinggalan, Coolpad juga menyediakan aplikasi utility Cool Manager untuk memaksimalkan kerja smartphone. Beberapa fungsi penting yang disediakan di dalamnya seperti RAM cleaner, battery saver, call blocker, antivirus, hingga ad blocker.

Beauty selfie. Jualan utama Coolpad Sky 3 adalah kamera depan 8 MP yang diklaim bisa memuaskan para pencinta selfie. Klaim tersebut memang benar adanya. Wajah Anda bakal terlihat putih mulus karena adanya fitur beautify yang optimal, seperti meniruskan wajah atau membesarkan mata. Kameranya juga mampu mendeteksi wajah serta menebak usia. Sayangnya kualitas kamera utamanya justru tidak sebaik kamera depannya karena hasil yang kurang tajam.

sky-3-08

Kekurangan

Bukan untuk gamer. Fokus menyasar segmen pencinta selfie yang hemat bujet, Coolpad Sky 3 nyatanya tidak cocok untuk Anda yang gemar bermain game. Pasalnya jeroan yang ada di dalamnya lumayan lawas dengan CPU quad-core MediaTek MT6735P 1.0 GHz dan GPU Mali-T720. Meski RAM-nya cukup lega 2 GB, Coolpad Sky 3 tidak sempurna menjalankan game Clash Royale karena cukup tersendat-sendat. Smartphone ini hanya meraih skor 24.785 poin pada pengujian AnTuTu Benchmark.

sky-3-06

Sensor tidak lengkap. Kelemahan rata-rata smartphone entry-level terjangkau, yakni minimnya sensor yang tersedia bisa dirasakan pada Coolpad Sky 3. Smartphone ini tidak dilengkapi sensor gyroscope untuk pencinta virtual reality serta tidak ada sensor fingerprint yang rata-rata sudah banyak digunakan pada smartphone keluaran tahun 2016.

Kesimpulan

Dibanderol Rp2,3 juta, Coolpad Sky 3 memang ideal untuk Anda yang mencari smartphone prima untuk kebutuhan selfie. Selama memotret selfie di tempat dengan cahaya mencukupi, hasilnya bakal terlihat memuaskan. Sayangnya kemampuan itu tidak dibarengi dengan performa tinggi sehingga smartphone ini tidak cocok untuk Anda yang hobi nge-game.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Coolpad Sky 3 cukup menggoda bagi Anda yang ingin membeli smartphone selfie hemat bujet. Kamera depannya beresolusi 8 MP lengkap dengan face detector dan fitur beautify.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this
Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
12%
Mau
0%
Biasa Aja
25%
Payah!
63%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response