Connect with us
Asus ROG
Review

Review Coolpad Fancy

Droidlime.com,

/

review coolpad fancy droidlime 08

Saat pertama kali mengetahui keberadaan smartphone ini, kami langsung tertarik, terlebih lagi karena smartphone satu ini memiliki nama Coolpad Fancy. Kata “fancy” sendiri berarti indah, dan sepertinya memang sengaja digunakan untuk menggambarkan keindahan smartphone mungil ini. Benarkah demikian?

Kelebihan

Polycarbonate mudah dibersihkan. Material utama yang digunakan pada Coolpad Fancy adalah plastik polycarbonate berwarna putih susu yang secara logika akan mudah kotor. Tapi sebenarnya bodi Coolpad Fancy sangat mudah dibersihkan ketika terkena noda ringan. Anda bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan lap atau tissue saja.

review-coolpad-fancy-droidlime-09

Rangka tanpa sambungan. Ketika memegangnya secara langsung, Anda baru akan mengerti mengapa smartphone ini bernama Coolpad Fancy. Tak lain memang karena desainnya yang unik. Coolpad Fancy adalah smartphone unibody yang tidak memiliki sambungan atau pun baut pada bodinya. Dimensinya juga kecil, menggunakannya dengan satu tangan tak akan terasa repot.

Tombol ajaib Cool Key. Ada satu tombol (touch button) menarik di bagian belakang Coolpad Fancy, tepat di bawah kameranya. Banyak yang mengira ini adalah sensor sidik jari, padahal adalah Cool Key. Tombol ini berfungsi sebagai shortcut untuk banyak kegunaan. Misalnya untuk memotret, shortcut menjalankan aplikasi, menyalakan smartphone, dan lainnya. Anda bisa mengaturnya di menu settings.

review-coolpad-fancy-droidlime-01

Layar 2,5D. Selain unik karena tidak memiliki sambungan pada bodinya serta mudah dibersihkan dari kotoran, Coolpad Fancy juga dibekali layar 2,5D yang lagu ngetren saat ini. Meski sebenarnya tidak terlalu berguna untuk performa, layar yang agak melengkung ini bisa menambah nilai estetika.

review coolpad fancy droidlime 04

Bicara soal layar, resolusi 720p pada layar 4,7 inci milik Coolpad Fancy tidak mengecewakan. Warna yang disajikan cerah, warna hitam juga terlihat pekat. Hanya saja layar tersebut tidak memiliki lapisan pelindung.

UI kaya fitur. Mengonsumsi RAM 900 MB dari total 2 GB, Cool UI 8.0 yang dibawa Coolpad Fancy menyajikan banyak fitur. Menu kustomisasi basic seperti pilihan efek transisi saat menggeser halaman Homescreen dipastikan ada. UI ini juga bisa menyembunyikan aplikasi tertentu yang ter-install di smartphone.

review-coolpad-fancy-droidlime-03

Lebih dari itu, Cool UI 8.0 membawa fitur gesture. Ada enam pilihan gesture yang bisa digunakan, seperti double tap to wake atau mengambil screenshot dengan tiga jari. Tak ketinggalan, Coolpad Fancy juga menyediakan C-Button, yaitu on-screen button yang membawa 12 shortcut, seperti mengatur volume, brightness, mengambil screenshot, hingga mengunci layar.

Infrared blaster untuk remote. Di sisi atas Coolpad Fancy terdapat infrared blaster. Disandingkan dengan sebuah aplikasi bernama Remote, smartphone ini jadi bisa digunakan sebagai remote control universal untuk berbagai perangkat elektronik.

Kamera kaya fitur. Resolusi 8 MP dan 5 MP tentu bukan ide yang baik untuk sebuah smartphone keluaran 2016. Terlepas dari resolusi, kamera Coolpad Fancy menawarkan banyak fitur, terlebih lagi ada mode Pro atau manual. Mode ini mengizinkan Anda mengatur temperatur warna, ISO, kontras, shutter speed, hingga manual focus.

Meski bekerja tidak terlalu cepat saat mengabadikan gambar, kualitas jepretannya ternyata tajam. Namun jika Anda memotret di tempat minim cahaya, kualitasnya akan menurun cukup drastis dimana terdapat lumayan banyak noise.

Kekurangan

Storage 8 GB. Meski sudah cukup tertinggal, spesifikasi Coolpad Fancy sebenarnya masih terbilang lumayan, seperti CPU Snapdragon 410 dan RAM 2 GB. Tapi sayangnya kapasitas storage-nya hanya 8 GB dengan kapasitas yang bisa digunakan kurang dari 5 GB dan jadi terkesan nanggung. Menyiasati hal ini, Coolpad menawarkan slot SIM card hybrid dimana slot kedua bisa digunakan untuk microSD hingga 32 GB.

Speaker kecil. Keluaran suara dari lubang speaker di bagian belakang smartphone tergolong kecil. Selain itu, posisi lubang speaker di belakang juga membuat suaranya jadi makin tidak tertutup ketika meletakkannya di atas meja.

review-coolpad-fancy-droidlime-10

Kesimpulan

Sangat jarang ada smartphone dengan desain seunik Coolpad Fancy yang tidak memiliki satu pun sambungan pada bodinya. Plus, dengan bodi compact dan mudah dibersihkan dari noda, smartphone ini sangat cocok untuk pengguna wanita. Di luar desain yang unik, spesifikasinya memang standar, tapi mampu berjalan optimal.

Video Review

Advertisement
Comments
Review

Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite: Paduan Selfie dan Max

Mengusung nama Selfie, smartphone ini membawa desain bodi dan kapasitas baterai ala ZenFone Max.

Published

on

Zenfone Selfie Lite 1
Lagi-lagi ASUS mencoba membuat kita para penikmat gadget merasakan kegalauan. Sudah merilis dua smartphone selfie baru pada Agustus 2017, yakni ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, sekarang ada lagi smartphone selfie yang dirilis. Apalagi kalau bukan ZenFone 4 Selfie Lite. Smartphone ini seperti perpaduan ZenFone Selfie dan ZenFone Max. Lho, kok bisa? Desain Kalau main tebak-tebakan, kami yakin pasti banyak orang yang mengira kalau smartphone ini adalah salah satu varian dari ZenFone Max series. Padahal kenyataannya bukan. Hal ini disebabkan desainnya yang memang mengambil bahasa desain ZenFone Max series. Baik ZenFone 4 Selfie maupun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki desain...
Continue Reading
Review

Review Meizu M6s: Kalem Menghanyutkan

Selain bodi solid, Meizu M6s juga menawarkan kamera yang bisa memotret dengan natural layaknya kamera iPhone.

Published

on

meizum6sdroidlime05
M6s adalah jawaban Meizu untuk beberapa smartphone kekinian yang sudah hadir lebih dulu, seperti Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5. Ketiga smartphone tersebut punya spesifikasi sekelas dan sama-sama berlayar 5,7 inci dengan rasio 18:9. Meski cukup menjanjikan, M6s adalah yang paling tidak terkenal di Indonesia. Karenanya kami menyebutnya “smartphone kalem yang menghanyutkan”. Desain Meizu M6s adalah smartphone terjangkau dengan bodi yang solid banget. Dibanding Vivo V7 atau Xiaomi Redmi 5, bobot M6s adalah yang paling berat, yaitu 160 gram. Penyebabnya karena bodinya full metal. Selain bobotnya terasa mantap, bahan metal juga bikin smartphone ini terasa solid. Kalau bicara soal dimensi,...
Continue Reading
Review

Review LG PH450UG: Layar Tancap 3D Portabel

Proyektor 3D portabel untuk ruang sempit, bisa ciptakan layar hingga 130 inci dari jarak tembak 60 cm.

Published

on

reviewlgph450ug06
Selain main game, kegiatan menonton film sudah jadi kebiasaan sebagian besar dari kita dalam rangka memenuhi kebutuhan entertainment. Platform favoritnya sejauh ini hanya tiga: di smartphone, bioskop, atau di TV. Tapi kalau Anda mau sedikit antimainstream, proyektor juga boleh dicoba. Desain antimainstream Kami yakin sebagian besar dari kita agak-agak alergi begitu mendengar kata proyektor. Perangkat satu ini memang lebih identik dengan kegiatan presentasi. Tapi itu dulu, sebelum ada proyektor mini portabel. Sedangkan yang akan kami bahas kali ini adalah proyektor mini portabel untuk personal atau rumahan. Namanya LG PH450UG. Kalau dilihat dari bentuknya, perangkat ini tidak seperti proyektor pada umumnya....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer