Now Reading
Review Coolpad Fancy

Spesifikasi
Harga

Rp2.399.000

Bodi

67 x 139 x 7,9 mm, 120 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz

GPU

Adreno 306

RAM

2 GB

Storage

8 GB

Layar

4,7 inci (1.280 x 720 piksel)

Kamera

8 MP & 5 MP

Baterai

1.800 mAh

Sistem Operasi

Cool UI 8.0 (Android 5.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Accelerometer, proximity

Saat pertama kali mengetahui keberadaan smartphone ini, kami langsung tertarik, terlebih lagi karena smartphone satu ini memiliki nama Coolpad Fancy. Kata “fancy” sendiri berarti indah, dan sepertinya memang sengaja digunakan untuk menggambarkan keindahan smartphone mungil ini. Benarkah demikian?

Kelebihan

Polycarbonate mudah dibersihkan. Material utama yang digunakan pada Coolpad Fancy adalah plastik polycarbonate berwarna putih susu yang secara logika akan mudah kotor. Tapi sebenarnya bodi Coolpad Fancy sangat mudah dibersihkan ketika terkena noda ringan. Anda bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan lap atau tissue saja.

review-coolpad-fancy-droidlime-09

Rangka tanpa sambungan. Ketika memegangnya secara langsung, Anda baru akan mengerti mengapa smartphone ini bernama Coolpad Fancy. Tak lain memang karena desainnya yang unik. Coolpad Fancy adalah smartphone unibody yang tidak memiliki sambungan atau pun baut pada bodinya. Dimensinya juga kecil, menggunakannya dengan satu tangan tak akan terasa repot.

Tombol ajaib Cool Key. Ada satu tombol (touch button) menarik di bagian belakang Coolpad Fancy, tepat di bawah kameranya. Banyak yang mengira ini adalah sensor sidik jari, padahal adalah Cool Key. Tombol ini berfungsi sebagai shortcut untuk banyak kegunaan. Misalnya untuk memotret, shortcut menjalankan aplikasi, menyalakan smartphone, dan lainnya. Anda bisa mengaturnya di menu settings.

review-coolpad-fancy-droidlime-01

Layar 2,5D. Selain unik karena tidak memiliki sambungan pada bodinya serta mudah dibersihkan dari kotoran, Coolpad Fancy juga dibekali layar 2,5D yang lagu ngetren saat ini. Meski sebenarnya tidak terlalu berguna untuk performa, layar yang agak melengkung ini bisa menambah nilai estetika.

Bicara soal layar, resolusi 720p pada layar 4,7 inci milik Coolpad Fancy tidak mengecewakan. Warna yang disajikan cerah, warna hitam juga terlihat pekat. Hanya saja layar tersebut tidak memiliki lapisan pelindung.

UI kaya fitur. Mengonsumsi RAM 900 MB dari total 2 GB, Cool UI 8.0 yang dibawa Coolpad Fancy menyajikan banyak fitur. Menu kustomisasi basic seperti pilihan efek transisi saat menggeser halaman Homescreen dipastikan ada. UI ini juga bisa menyembunyikan aplikasi tertentu yang ter-install di smartphone.

review-coolpad-fancy-droidlime-03

Lebih dari itu, Cool UI 8.0 membawa fitur gesture. Ada enam pilihan gesture yang bisa digunakan, seperti double tap to wake atau mengambil screenshot dengan tiga jari. Tak ketinggalan, Coolpad Fancy juga menyediakan C-Button, yaitu on-screen button yang membawa 12 shortcut, seperti mengatur volume, brightness, mengambil screenshot, hingga mengunci layar.

Infrared blaster untuk remote. Di sisi atas Coolpad Fancy terdapat infrared blaster. Disandingkan dengan sebuah aplikasi bernama Remote, smartphone ini jadi bisa digunakan sebagai remote control universal untuk berbagai perangkat elektronik.

Kamera kaya fitur. Resolusi 8 MP dan 5 MP tentu bukan ide yang baik untuk sebuah smartphone keluaran 2016. Terlepas dari resolusi, kamera Coolpad Fancy menawarkan banyak fitur, terlebih lagi ada mode Pro atau manual. Mode ini mengizinkan Anda mengatur temperatur warna, ISO, kontras, shutter speed, hingga manual focus.

Meski bekerja tidak terlalu cepat saat mengabadikan gambar, kualitas jepretannya ternyata tajam. Namun jika Anda memotret di tempat minim cahaya, kualitasnya akan menurun cukup drastis dimana terdapat lumayan banyak noise.

Kekurangan

Storage 8 GB. Meski sudah cukup tertinggal, spesifikasi Coolpad Fancy sebenarnya masih terbilang lumayan, seperti CPU Snapdragon 410 dan RAM 2 GB. Tapi sayangnya kapasitas storage-nya hanya 8 GB dengan kapasitas yang bisa digunakan kurang dari 5 GB dan jadi terkesan nanggung. Menyiasati hal ini, Coolpad menawarkan slot SIM card hybrid dimana slot kedua bisa digunakan untuk microSD hingga 32 GB.

Speaker kecil. Keluaran suara dari lubang speaker di bagian belakang smartphone tergolong kecil. Selain itu, posisi lubang speaker di belakang juga membuat suaranya jadi makin tidak tertutup ketika meletakkannya di atas meja.

review-coolpad-fancy-droidlime-10

Kesimpulan

Sangat jarang ada smartphone dengan desain seunik Coolpad Fancy yang tidak memiliki satu pun sambungan pada bodinya. Plus, dengan bodi compact dan mudah dibersihkan dari noda, smartphone ini sangat cocok untuk pengguna wanita. Di luar desain yang unik, spesifikasinya memang standar, tapi mampu berjalan optimal.

Video Review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Coolpad Fancy menawarkan bodi compact yang sangat unik. UI-nya kaya fitur, spesifikasinya standar tapi optimal, begitu pun kameranya, resolusi standar tapi tidak buruk.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
25%
Mau
2%
Biasa Aja
14%
Payah!
59%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response