Connect with us
Review

Review Command and Conquer: Rivals

Game strategi legendaris Command and Conquer yang terkenal di PC kini hadir lagi. Setelah absen sangat lama, kali ini seri terbaru Command and Conquer hadir di smartphone.

Updated

Tiga hari terakhir ini saya sedang merasakan asyiknya main game Command & Conquer: Rivals. Game ini sebenarnya sudah saya tunggu-tunggu sejak dua bulan lalu. Namun memang baru saja rilis minggu ini.

Sekadar pengingat, seri Command & Conquer adalah game real-time strategy ternama milik publisher Electronic Arts yang sudah sejak lama hadir di PC. Lama absen, game satu ini tiba-tiba muncul di smartphone.

Kalau di PC dulu, sistem permainannya lebih mengacu ke single player alias offline. Sedangkan untuk seri mobile-nya sudah mengikuti tren saat ini, yakni PvP multiplayer. Ya, kurang lebih serupa seperti Clash Royale. Jadi kalian harusnya tidak akan kesulitan memainkannya.

Dalam Command & Conquer: Rivals, kita bakal berhadapan 1 vs 1 melawan pemain lain secara real-time. Mekanisme gameplay-nya simpel, yang lebih dulu menghancurkan markas musuh, dialah yang menang.

Dalam permainan kita dan lawan bakal diberikan waktu yang tidak terbatas untuk saling menghancurkan markas. Untuk melakukannya, kita perlu membangun barrack untuk merekrut pasukan.

Jenis pasukan yang disediakan tentu saja beragam, seperti halnya Clash Royale. Sejauh ini saya baru menemukan dua jenis unit, yakni darat dan udara. Unit darat mulai dari pasukan manusia, mobil tempur, hingga robot. Sementara pasukan udara adalah pesawat tempur.

Nah untuk merekrut pasukan, kita juga perlu menciptakan harvester atau unit pencari sumber daya (resources). Sumber daya tersebut lah yang bakal digunakan untuk membuat barrack dan merekrut pasukan.

Yang menarik, kita diberikan opsi untuk memilih cara menghancurkan markas musuh. Pertama yakni dengan langsung mengerahkan pasukan untuk menyerang markas secara to the point.

Atau cara kedua yakni dengan merebut titik tenaga nuklir. Jika kita berhasil menguasai titik tersebut dalam kurun waktu tertentu, nuklir akan dihempaskan secara otomatis menuju markas musuh. Dan kita memerlukan dua kali tembakan nuklir untuk membumihanguskan markas musuh tersebut.

Sebagai game online PvP, Command & Conquer: Rivals juga menawarkan segala sistem dan mekanisme yang serupa seperti game online kebanyakan. Mulai dari leveling, pengumpulan kartu jenis pasukan, hingga kegiatan membuka peti hadiah yang membutuhkan waktu hingga berjam-jam.

Tidak ketinggalan kita juga bisa membuat clan atau bergabung dengan clan yang sudah ada. Setiap clan bisa dihuni hingga 30 orang dimana kita bisa saling chat atau meminta kartu untuk upgrade.

Jika sudah mencapai level 9, kita bakal bisa bermain menggunakan fraksi baru. Ya, di dalam game ini disediakan dua fraksi pasukan: GCI dan NOD. GCI adalah pasukan masa depan dengan teknologi canggih. Sementara NOD adalah pasukan luar angkasa.

Nah, sekarang pertanyaannya, seberat apakah game ini dan sebagus apa kualitas visualnya? Bisa dibilang, game ini menyajikan grafis yang menarik disertai efek visual detail, seperti api atau efek ledakan.

Dan menariknya, saya sudah menjajal menggunakan smartphone entry-level, mid-range, hingga flagship. Mulai dari yang menggunakan chipset Snapdragon 450 hingga Snapdragon 845, game berjalan dengan lancar.

Jika kalian berminat untuk menjajal skill bermain dalam Command & Conquer: Rivals, kalian bisa langsung men-download gratis (169 MB) di Google Play atau App Store. Jika sudah, kalian juga bisa bergabung dengan clan DroidLime. Selamat bermain!

Comments

Populer