Connect with us
ZFLive
Review

Review Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Droidlime.com,

/

BLAUPUNKT yang sudah dikenal sebagai produsen perangkat audio mobil asal Jerman kini mencoba peruntungan di pasar smartphone. Soundphone Sonido J1 merupakan smartphone kedua yang dirilis oleh BLAUPUNKT pada awal Juli 2015. Sebelumnya, BLAUPUNKT memulai debutnya di pasar smartphone pada awal tahun 2015 dengan merilis Soundphone Sonido X1+.

[section label=”Kelebihan”]

Kelebihan

Menyertakan headphone BLAUPUNKT BPA-102. Sesuai dengan konsep “Soundphone” yang diusungnya, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 datang dengan sebuah headphone premium. Sebelumnya, pada Soundphone Sonido X1+, BLAUPUNKT juga menyertakan headphone yang sama. Sesuai dengan selera musik orang Indonesia kebanyakan yang gemar akan musik pop dan dangdut, headphone BLAUPUNKT BPA-102 pun memiliki karakter bass yang sangat kental. Sedangkan porsi treble dan detailnya sangat sedikit sehingga kurang cocok untuk musik rock dan metal.

Nyaman digenggam. Dengan mengusung layar 5 inci, bezel cukup tipis, dan bobot yang ringan, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 cukup nyaman digenggam dengan satu tangan. Hal ini juga ditunjang oleh back cover yang tidak licin saat digenggam. Pasalnya, back cover tersebut menggunakan material plastik yang dibungkus dengan cat doff. Namun dengan layar 5 inci, mengoperasikan smartphone ini tetap harus menggunakan dua tangan.

Menggunakan baterai removable. Tak hanya diizinkan untuk membuka tutup caaing bagian belakang, Anda juga dapat mencopot baterainya. Dengan begitu, jika ada kerusakan baterai, Anda dapat menggantinya dengan mudah. Sayangnya, kapasitas baterai yang dimilikinya tidak terlalu besar, hanya 2.100 mAh.

review-blaupunkt-soundphone-sonido-j1-3

Aplikasi BLAUPUNKT Audio Player. Tak banyak produsen smartphone yang memiliki aplikasi musik player sendiri. Hal ini dikarenakan Google sudah menyediakan aplikasi music player bawaan pada Android. Jika dibandingkan dengan music player bawaan Android, BLAUPUNKT Audioplayer memiliki fitur yang lebih unggul. Tak hanya untuk memutar musik, dengan adanya fitur BLAUPUNKT Audio, aplikasi music player buatan BLAUPUNKT ini juga dapat melakukan optimalisasi pada headphone atau headset yang terpasang pada Soundphone Sonido J1.

Tak hanya untuk headphone BLAUPUNKT BPA-102, di dalamnya terdapat berbagai preset yang bisa dipilih sesuai dengan headphone atau headset yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan daftar preset headphone atau headset lainnya, dibutuhkan koneksi internet agar dapat terhubung dengan database. Dengan fitur ini, headphone BLAUPUNKT BPA-102 mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih baik meskipun optimalisasi audio yang dilakukan hanya menggunakan software.

Hasil kamera memuaskan. Dengan kamera belakang 8 MP, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 dapat menghasilkan gambar yang cukup memuaskan. Pada kondisi cahaya normal, kamera belakangnya dapat menghasilkan warna yang natural. Foto makro yang dihasilkannya pun tergolong cukup baik. Sementara kamera depan 2 MP yang dimilikinya sudah dapat mencukupi kebutuhan selfie.

Dilengkapi dengan berbagai fitur optimalisasi multimedia. Selain memiliki aplikasi BLAUPUNKT Audioplayer, Soundphone Sonido J1 juga dilengkapi dengan berbagai fitur optimalisasi audio lainnya. Seperti opsi “BesAudEnh” pada menu setting > audio profiles untuk menghasilkan audio yang lebih jernih, opsi ClearMotion pada menu setting > display untuk menghasilkan kualitas video yang lebih jernih dan aplikasi MusicFX yang bekerja pada background. Sayangnya, BLAUPUNKT tidak menyertakan fitur optimalisasi audio dengan menggunakan hardware tambahan.

Menyertakan berbagai aplikasi tambahan. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan Google, media sosial, BLAUPUNKT Audioplayer, dan Quickoffice, smartphone ini juga datang dengan delapan aplikasi video streaming dari MNC yang tersedia secara pre-install. Aplikasi ini terdiri dari LiveTV Global, LiveTV MNC Infotainment, LiveTV MNC Music, Live MNC News, LiveTV MNC Shop, LiveTV MNC TV, LiveTV RCTI, dan LiveTV SINDO.

Mendukung video time lapse tanpa aplikasi tambahan. Aplikasi kamera bawaan smartphone ini datang dengan opsi Time lapse interval pada setting video. Jika tidak membutuhkan berbagai macam fitur lainnya, Anda sudah dapat menciptakan video time lapse tanpa harus menginstall aplikasi tambahan lagi. Anda dapat mengatur waktu interval untuk video time lapse mulai dari 1 detik, 1,5 detik, 2,5 detik, 3 detik, 5 detik, hingga 10 detik.

[section label=”Kekurangan”]

Kekurangan

Tidak ditunjang dengan kapasitas RAM yang memadai. Menggunakan chipset MT6592 buatan MediaTek dengan prosesor octa-core Cortex-A7 berkecepatan 1,3 GHz serta GPU Mali-450 MP4 sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan kelas menengah ke atas, seperti membuka aplikasi media sosial, mendengarkan musik, menonton film, bahkan bermain game HD.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, smartphone ini berhasil meraih skor 32.432 poin pada pengujian AnTuTu. Sayangnya, chipset ini tidak didukung oleh kapasitas RAM yang cukup memadai. BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 hanya ditunjang oleh RAM 1 GB serta media penyimpanan 8 GB. Hal ini membuatnya cukup pas-pasan untuk pengguna kelas menengah yang ingin menginstall lebih banyak aplikasi pada smartphone ini.

User interface standar Google. Tak ada yang istimewa dari user interface milik BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1. Dari tampilan home, menu, setting, dan lain-lain seluruhnya merupakan user interface standar yang diusung oleh Google sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya, Android KitKat 4.4.

UI-Sonido-J1

Tidak ada sound chip tambahan. Tak jauh berbeda dengan Sonido X1+, BLAUPUNKT juga tidak menanamkan sound chip tambahan pada Soundphone Sonido J1. Optimalisasi kualitas audio yang dihasilkan pun hanya sebatas dari sisi software dengan menggunakan aplikasi BLAUPUNKT Audio App. Hal ini memang bukan masalah besar, terutama untuk pengguna yang sudah cukup nyaman dengan kualitas audio yang ada. Namun cukup disayangkan mengingat Sonido J1 merupakan salah satu perangkat yang termasuk dalam lini Soundphone.

Suara speaker pecah pada volume maksimal. Suara yang dihasilkan oleh BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 terbilang cukup lantang. Namun pada saat menggunakan volume maksimal, suara yang dihasilkan terasa pecah. Terlebih pada jenis musik yang cukup “berisik” seperti rock atau punk. Namun untuk musik yang “ringan” seperti pop, dangdut, dan akustik, pecahnya suara yang dihasilkan tidak terlalu terdengar.

Harga relatif mahal. Jika melihat spesifikasi hardware yang dimilikinya, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp3.949.000. Meski begitu, sejatinya harga jual yang ditawarkan tidak dapat dibandingkan dengan smartphone yang sekelas sekalipun. Hal ini dikarenakan BLAUPUNKT menyertakan sebuah headphone premium pada paket penjualannya.

[section label=”Kesimpulan”]

Kesimpulan

Untuk para pengguna Android yang mendewakan spesifikasi hardware, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 bukanlah smartphone yang istimewa. Jika dibandingkan dengan perangkat yang sekelas dengan spesifikasi yang sama, smartphone ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal (Rp3.949.000).

Namun jika Anda mencari smartphone kelas menengah dengan fitur multimedia yang mumpuni, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 punya berbagai macam fitur yang dapat menjawab kebutuhan multimedia Anda, terutama untuk audio. Paket penjualannya yang menyertakan headphone BLAUPUNKT BPA-102 juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri untuk smartphone ini.

Advertisement
Comments
Review

Review Acer Swift 3 (2018): Bertenaga AMD Ryzen!

Published

on

Setelah sukses meluncurkan versi Intel tahun lalu, ditahun ini Acer kembali meluncurkan Swift 3 edisi 2018 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen dan GPU Vega. Seperti apa kehebatan notebook yang dinobatkan sebagai yang pertama menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia ini? Berikut adalah review-nya. Desain tipis Pertama kali diperkenalkan Februari lalu, Acer Swift 3 dengan nomor model SF315-41 ini desain yang biasa-biasa saja seperti laptop 15 inci kebanyakan. Dibuat dengan material aluminium, membuat bodinya jadi terlihat kokoh dan solid. Selain itu bodinya yang tipis hanya 18,9 mm juga memudahkan untuk dibawa bepergian. Meski berbodi tipis, Acer menyematkan port yang cukup banyak....
Continue Reading
Review

Review Huawei Nova 2 Lite: Penggoda Baru di Indonesia

Published

on

Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya. Desain Saat memegang pertama kali, smartphone ini cukup enak digenggam dan bobotnya juga ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini juga mempermudah saat ingin disimpan di saku celana. Di Indonesia, nova 2 lite punya dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kami review ini berwama hitam,...
Continue Reading
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading

Wajib baca

Populer