Connect with us
FA506_2024
Review

Review Axioo Venge

Updated

Produsen smartphone yang satu ini awalnya dikenal sebagai produsen perangkat komputer semisal notebook. Namun Axioo berhasil membuktikan kemampuannya menciptakan smartphone lokal yang tak kalah bersaing dibanding merek asing. Salah satu jagoan Axioo yang sedang ramai dibicarakan adalah Axioo Venge.

Kelebihan

Desain unik dan bodi ringan. Kalau pernah tahu smartphone asal Cina OnePlus One, mungkin Anda akan merasa bahwa material back cover yang digunakan Venge sedikit mirip. Ya, back cover Axioo Venge berbahan seperti sandstone, namun tidak sekasar OnePlus One.

Material ini memberikan kesan yang agak berbeda. Namun karena tidak sekasar OnePlus One, memegang Axioo Venge terkadang masih terasa cukup licin. Untungnya smartphone ini punya bobot yang amat ringan, 131 gram, jadi benar-benar asyik digunakan dengan satu tangan.

review-axioo-venge-droidlime-02

RAM 3 GB. Tidak banyak smartphone lokal yang menawarkan kapasitas RAM 3 GB, dan Axioo Venge adalah salah satunya. RAM sebanyak 3 GB plus UI yang ringan membuat rata-rata kapasitas RAM yang tersisa ada di angka 2 GB. Artinya, Anda bisa lebih nyaman membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Layar mampu melawan cahaya terik. Salah satu kendala yang hampir selalu mendera smartphone lokal adalah kualitas layarnya yang di bawah rata-rata. Pada Axioo Venge, Anda bisa tetap nyaman menatap layarnya di bawah cahaya matahari. Jika kurang terang, Anda bisa mengaktifkan fitur adaptive brightness serta mengatur konfigurasi warna layar pada menu settings.

review-axioo-venge-droidlime-03

UI ringan dilengkapi gesture control. Axioo Venge membawa user interface standar Google berbasis Android 5.1 yang sudah dimodifikasi. Dari sisi tampilan, UI ini memang tak banyak berbeda dari UI bawaan Google. Namun kehadiran fitur gesture control yang mendukung hingga 13 gerakan untuk menjalankan aplikasi secara cepat setidaknya membuat UI-nya jadi lebih kaya.

review-axioo-venge-droidlime-08

Selain itu, UI pada Axioo Venge juga datang membawa fitur HotKnot. Dengan begitu, Anda bisa berbagi file dengan lebih mudah menuju perangkat lain yang juga mendukung fitur HotKnot.

Kamera lumayan kaya fitur. Kamera Axioo Venge tidak superior, namun sudah cukup untuk kebutuhan foto harian. Dengan resolusi 8 MP, kamera ini menawarkan performa yang tidak buruk-buruk amat. Rata-rata shutter speed-nya butuh waktu satu detik untuk mengabadikan gambar. Begitu pun dengan kecepatan autofocus-nya, bekerja kurang lebih satu detik.

Namun yang perlu diapresiasi adalah adanya beberapa mode foto selain auto. Anda dapat memotret menggunakan mode Live Photo, Motion Track, dan Face Beauty. Sedangkan saat hendak memotret, kameranya mampu mengenali perintah suara (cheese atau capture), gerakan jari (membentuk huruf V), hingga smile shutter.

Kekurangan

Speaker pecah. Cukup serba salah menyikapi loudspeaker milik Axioo Venge. Jika volume diset kurang dari setengah, suara terdengar kecil. Namun saat diset maksimal, suara terdengar pecah dan mengganggu. Jalan tengahnya, set speaker di level 75 persen, suara tidak terlalu keras, tapi tidak pecah.

Slot SIM card klasik ukuran besar. Di saat rata-rata smartphoen Android saat ini sudah meninggalkan slot SIM card besar dan beralih ke micro SIM atau bahkan nano SIM, Axioo justru kebalikannya. Slot SIM card pertamanya malah masih berukuran besar (mini SIM). Untungnya slot SIM card kedua sudah mendukung ukuran micro SIM.

review-axioo-venge-droidlime-07

Di satu sisi, slot SIM card besar ini mungkin ditujukan bagi pengguna yang baru beralih dari feature phone. Tapi di sisi lain, slot ini bisa jadi tak banyak berguna atau malah merepotkan karena kebanyakan SIM card yang ada saat ini berukuran micro atau nano.

Bukan untuk game berat. Jangan salah mengira, kapasitas RAM yang besar belum tentu andal untuk menjalankan game. Pada Axioo Venge misalnya, kapasitas RAM 3 GB akan sangat efektif untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Sedangkan untuk bermain game, yang lebih banyak berpengaruh tetaplah CPU dan GPU.

Pada Axioo Venge, paduan CPU quad-core MediaTek MT6735P dan GPU Mali-T720 tentu bisa diandalkan untuk bermain game. Angry Birds 2 atau pun Asphalt 8 bisa dijalankan dengan baik. Tapi game yang lebih berat seperti Sniper Fury tidak nyaman dimainkan meski opsi grafis diset ke level terendah. Adapun skor AnTuTu Benchmark yang dimiliki sekitar 25 ribu poin, selevel CPU Snapdragon 615 milik Qualcomm.

Kesimpulan

Axioo Venge bisa dikatakan berhasil mengangkat derajat smartphone lokal, dari yang biasa identik dengan spesifikasi seadanya, kini menjadi di atas rata-rata. Berbekal RAM 3 GB dan bodi yang nyaman dipegang, Axioo Venge bisa menemani kegiatan harian sembari aktif di media sosial dan sesekali bermain game kelas menengah.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer