Harga

Rp1.499.000

Bodi

136,8 x 67,9 x 11,3 mm, 134 gram

Prosesor

Intel Atom Z2520 dual-core 1,2 GHz

GPU

PowerVR SGX544

RAM

1 GB

Storage

4/8 GB

Layar

IPS 4,5 inci (854 x 480 piksel)

Kamera

8 MP & VGA (1080p @30 fps)

Baterai

1.600 mAh

Sistem Operasi

Android 4.4.2

Jaringan

3G

Sensor

Accelerometer, proximity, compass

ASUS Zenfone 4S menjadi bungsu dari Zenfone bersaudara. Spesifikasi hardware-nya serupa dengan Zenfone 4, kameranya serupa dengan Zenfone 5, dan dimensinya berada di tengah-tengah keduanya. Asus membanderolnya seharga Rp1,6 juta.

Kelebihan

User Interface cantik dan fungsional. Zen UI ini terasa responsif meski Zenfone 4S hanya menggunakan prosesor dual-core dan RAM 1 GB. Di halaman Lockscreen Anda bisa tampilkan banyak informasi. Di halaman menu Anda bisa menyembunyikan dan mengunci aplikasi. Dan di halaman notifikasi Anda bisa tampilkan banyak shortcut settings.

Kamera 8 MP yang kaya fitur. Dibanding Zenfone 4, kamera Zenfone 4S mengalami banyak peningkatan. Resolusinya meningkat jadi 8 MP dan sudah dilengkapi flash LED. Zenfone 4S juga disokong teknologi PixelMaster yang berisi 12 mode foto menarik. Anda bisa banyak bereksperimen dengan mode-mode foto yang disediakan.

Disertai aplikasi bawaan yang berguna. Asus menyertakan banyak aplikasi bawaan di dalam Zenfone 4S. Setidaknya ada aplikasi Splendid untuk mengatur warna layar, SonicMaster untuk meningkatkan kualitas speaker (audio), SuperNote untuk membuat catatan atau coretan, dan WebStorage berupa layanan penyimpanan berbasi cloud dengan kapasitas hingga 5 GB.

Dimensi tetap kecil. Layar Zenfone 4S berdimensi 4,5 inci, 0,5 inci lebih besar dari Zenfone 4. Namun, dimensi bodi keduanya tak terpaut jauh, perbedaannya tak sampai 1 cm. Jadi, dengan layar lebih besar, Anda tetap bisa nyaman mengantonginya karena ukurannya tetap mini.

Kekurangan

Tombol menu tanpa lampu. Mungkin Anda akan kesulitan menggunakannya di area minim cahaya. Pasalnya, Asus tak menyertakan lampu pada tiga tombol menu Zenfone 4S, yaitu tombol Menu, Back, dan Home. Namun hal ini tak lagi menjadi masalah ketika Anda sudah terbiasa menggunakannya karena sudah hafal letak tombolnya.

Prosesor sama seperti Zenfone 4.Prosesor pada Zenfone 4 dan 4S sama, yaitu Intel Atom Z2520 dual-core 1,2 GHz. Ini adalah prosesor dual-core Intel dengan kecepatan paling rendah. Mungkin banyak yang menyayangkan, mengapa Asus tak sekalian meng-upgrade prosesor seperti yang digunakan pada Zenfone 5. Meski begitu, performa Zenfone 4S masih mencukupi untuk menjalankan mayoritas aplikasi dan game saat ini.

Kesimpulan

Asus Zenfone 4S membawa peningkatan yang cukup berarti dibanding Zenfone 4. Kameranya kini sudah lebih baik, layarnya pun lebih besar. Sayang, prosesornya masih sama, tak ada peningkatan. Namun dengan selisih harga Rp400 ribu, Zenfone 4S tetap layak menjadi pilihan alternatif yang menarik dari Zenfone 4.

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

ASUS Zenfone 4S menjadi jembatan antara ASUS Zenfone 4 dan ASUS Zenfone 5. Hardware-nya lebih baik dari ASUS Zenfone 4 dan harganya lebih terjangkau dibanding ASUS Zenfone 5.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this

(last edit: 18 July, 2015 / 3:45 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
36%
Mau
18%
Biasa Aja
18%
Payah!
27%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.