Connect with us
MaxProM1
Review

Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite: Paduan Selfie dan Max

Mengusung nama Selfie, smartphone ini membawa desain bodi dan kapasitas baterai ala ZenFone Max.

Updated

Lagi-lagi ASUS mencoba membuat kita para penikmat gadget merasakan kegalauan. Sudah merilis dua smartphone selfie baru pada Agustus 2017, yakni ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, sekarang ada lagi smartphone selfie yang dirilis. Apalagi kalau bukan ZenFone 4 Selfie Lite. Smartphone ini seperti perpaduan ZenFone Selfie dan ZenFone Max. Lho, kok bisa?

Desain

Kalau main tebak-tebakan, kami yakin pasti banyak orang yang mengira kalau smartphone ini adalah salah satu varian dari ZenFone Max series. Padahal kenyataannya bukan. Hal ini disebabkan desainnya yang memang mengambil bahasa desain ZenFone Max series.

Baik ZenFone 4 Selfie maupun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki desain yang lebih tipis serta hanya memiliki satu modul kamera belakang dengan dimensi besar yang terletak di bagian tengah bodi belakangnya. Dan ukuran layarnya 5,5 inci.

Untuk ZenFone 4 Selfie Lite sendiri memiliki dimensi layar 5,2 inci dengan panel layar konvensional dimana ada area lebar di bagian jidat dan dagunya. Di jidatnya ini, selain ada kamera selfie, juga ada LED notifikasi dan LED flash yang letaknya berdampingan.

Sementara area dagu berisi tombol Home kapasitif yang tidak bisa dipencet, yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Ada juga tombol kapasitif lain, yaitu tombol Back dan Recent Apps.

Beralih ke belakang, kami tidak begitu yakin bahan apa yang dipakai ASUS pada smartphone-nya ini. Namun kami menduga bahan yang digunakan adalah plastik metal look yang dicat persis seperti metal.

Ceplakan sidik jari tidak akan terlalu mudah menempel di bodi belakangnya ini. Plus juga terlihat sederhana karena ASUS menempatkan modul kameranya di pojok kiri atas dalam sebuah frame oval lengkap dengan keterangan angka resolusinya.

Buat kami, desain yang ditawarkan oleh ASUS seperti mengulang yang sudah ada. Tidak ada hal baru yang ditawarkan, karena smartphone ini pun masih masuk jajaran ZenFone 4 series. Yang jelas, menggunakan dan mengantonginya tidak repot karena bodinya yang compact.

Software

Walaupun ini adalah seri Lite yang artinya adalah varian terendah dari ZenFone 4 Selfie, ASUS tidak mau membeda-bedakan user interface-nya. ASUS mengemas ZenFone 4 Selfie Lite dengan ZenUI 4.0.

Namun perlu dicatat, meski ZenUI 4.0 adalah versi yang paling baru, namun tidak demikian dengan sistem operasinya. Pasalnya ZenFone 4 Selfie Lite masih setia dengan Android 7.1.1, belum Android Oreo.

Secara tampilan, user interface-nya masih terasa familiar seperti ZenUI versi sebelumnya. Tidak ada perubahan besar yang dihadirkan. Meski begitu kami tetap merasakan adanya perbaikan, khususnya pada sisi kecepatan.

Ya, ZenUI 4.0 yang berjalan pada ZenFone 4 Selfie Lite terasa sangat responsif, tidak ada lag atau delay selama kami pakai. Dan yang lebih penting, kini ASUS sudah mengurangi jumlah bloatware yang ter-install. Dari yang tadinya ada 35 aplikasi tidak penting, kini hanya tersisa 13 saja.

Hardware

Kalau kita bandingkan dengan dua seri ZenFone 4 Selfie yang sudah lebih dulu dirilis, maka spesifikasi yang dibawa ZenFone 4 Selfie Lite bisa dibilang mirip seperti ZenFone 4 Selfie biasa. Pasalnya kedua smartphone ini sama-sama diotaki Snapdragon 425 yang terintegrasi dengan GPU Adreno 308.

Anda sebagai pembaca setia DroidLime seharusnya sudah hafal betul bagaimana performa chipset satu ini. Masuk kategori entry-level, chipset yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB ini bisa diandalkan untuk game online yang tidak terlalu berat seperti Clash Royale atau Arena of Valor.

Bagaimana dengan kualitas layar dan speaker-nya? Memadukan layar 5,2 inci dan resolusi 720p, kami menilai tampilan layar ZenFone 4 Selfie Lite sudah memenuhi standar saat ini. Kerapatan layar 282 ppi berhasil membuat apa yang ditampilkan di layar terlihat tajam, juga dengan warna cerah.

Sementara untuk speaker-nya, mungkin Anda bakal mengira kalau smartphone ini membawa dual-speaker karena di bagian bawahnya terdapat dua grill speaker. Namun sayangnya, hanya grill sebelah kanan saja yang berfungsi sebagai speaker untuk mengeluarkan suara, alias mono.

Oh ya, diawal tadi kami sempat bilang kalau ZenFone 4 Selfie Lite adalah perpaduan antara ZenFone Selfie dan ZenFone Max. Selain bodinya yang khas ZenFone Max, ternyata kapasitas baterainya juga mirip, yakni 4.100 mAh.

Sejauh kami pakai sehari-hari, kapasitas tersebut mampu membuat smartphone ini bertahan hampir dua hari untuk pemakaian total. Jika diukur dengan screen-on-time kurang lebih bisa mencapai enam jam lebih. Sayangnya tidak ada fitur fast charging sehingga pengisiannya butuh waktu 2,5 jam lebih.

Kamera

Kalau ZenFone 4 Max punya dua kamera belakang dan ZenFone 4 Selfie punya dua kamera depan, tidak demikian dengan ZenFone 4 Selfie Lite. Smartphone ini hanya mengandalkan satu kamera saja, masing-masing 16 MP di depan dan belakang.

Interface kameranya masih sama persis seperti smartphone ZenFone lainnya. Pergerakan saat membidik objek terasa tidak terlalu smooth. Dan hal kurang nyaman yang kami rasakan yakni preview di layar saat hendak memotret terlihat low-res dan cenderung gelap.

Hal tersebut seolah menggambarkan kalau kameranya tidak mampu menghasilkan gambar yang tajam. Padahal tidak demikian, karena setelah menjepret, hasilnya jauh lebih baik dari yang ditampilkan pada preview sebelum memotret.

Selama menggunakannya, kami merasakan autofokusnya bisa bekerja dengan cepat mengunci fokus objek. Namun khusus dikondisi minim cahaya, shutter lag kameranya bakal melambat. Butuh waktu 2-3 detik untuk menyelesaikan satu kali proses memotret.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie, kualitas kameranya tidak mengalami penurunan lengkap dengan mode beautify yang lengkap, alias sama baiknya seperti ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro.

Sekali lagi, foto seolah terlihat low-res pada preview di layar saat hendak memotret. Namun setelah menjepret, Anda bakal melihat hasil yang lebih baik dari apa yang ditampilkan di preview sebelumnya.

Kesimpulan

Lewat ZenFone 4 Selfie Lite, ASUS mencoba menawarkan alternatif smartphone yang bisa Anda beli dikisaran harga Rp2 juta lebih sedikit, atau tepatnya Rp2,2 juta. Meski desainnya tidak secantik seri Selfie lainnya, setidaknya smartphone ini membawa kapasitas baterai yang lebih besar dan tahan lama.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.