Connect with us
FA506_2024
Review

Review ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Updated

Butuh waktu lebih dari enam bulan bagi ASUS hingga akhirnya bisa merilis smarpthone baru untuk ikut bersaing dengan para kompetitornya. Ya, ASUS sudah meresmikan kehadiran keluarga ZenFone 3 di beberapa negara. Indonesia juga akan kebagian pada bulan September. Namun tak perlu menunggu hingga September nanti, kali ini kami akan mengulas salah satu varian ZenFone 3 paling terjangkau dengan seri ZE520KL.

Kelebihan

Compact dan mewah. Di tengah gempuran smartphone berdimensi 5,5 inci, ASUS punya satu varian ZenFone 3 berlayar 5,2 inci. Dimensi compact tersebut membuat handling-nya jadi sangat baik. Plus, adanya lapisan kaca di depan dan belakang membuatnya terlihat mewah karena dapat berkilau memancarkan pantulan cahaya.

zenfone-3-droidlime-01

Fingerprint dan USB Type-C. Dari sisi interface, ada dua hal baru yang bisa dinikmati dari ZenFone 3 ZE520KL. Smartphone ini menjadi salah satu varian ZenFone pertama yang membawa pemindai sidik jari dan port USB Type-C. Kedua interface baru ini membuat ZenFone 3 ZE520KL jadi kekinian.

zenfone-3-droidlime-02

Pemindai sidik jarinya dapat menampung lima sidik jari dan bisa digunakan untuk memotret atau menjawab telepon masuk. Sementara untuk membuka lockscreen, performanya lumayan cepat, tapi masih kalah cepat dari Flash Plus 2 atau OPPO F1 Plus.

Baterai awet. Karena bodinya yang lumayan ramping, maka ASUS hanya menyematkan baterai 2.600 mAh pada ZenFone 3 ZE520KL. Meski kecil, baterai tersebut ternyata punya daya tahan memuaskan. Setelah seminggu menggunakannya dengan satu SIM card 4G, media sosial aktif, serta bermain game, rata-rata screen-on-time yang kami dapat berkisar antara lima hingga enam jam.

Nyaman untuk gaming. Bukan Intel, melainkan Qualcomm. Yap, prosesor yang digunakan oleh ZenFone 3 ZE520KL, yaitu Snapdragon 625, adalah CPU kelas menengah. Skor AnTuTu-nya pun “cuma” 61 ribu poin.

zenfone-3-droidlime-03

Tapi bicara gaming, smartphone satu ini punya performa yang optimal. Contohnya ketika kami menggunakannya untuk bermain Need for Speed: No Limits atau Sniper Fury. Frame per second yang dihasilkan tinggi sehingga game berjalan sangat smooth. Plus, bodinya tidak cepat panas.

Layar dan audio ngejreng. Layar 5,2 inci milik ASUS ZenFone 3 ZE520KL punya resolusi full HD. Dengan kerapatan 424 ppi plus panel Super IPS, layar tersebut punya sudut pandang ekstra luas dan bisa melawan terik matahari lebih optimal ketimbang ZenFone 2 terdahulu. Begitu pun dengan audio (speaker) yang ditunjang teknologi SonicMaster. Saat volume maksimal, suaranya terdengar detail.

zenfone-3-droidlime-09

UI full kustomisasi. ZenUI 3.0 pada ZenFone 3 ZE520KL menawarkan banyak kustomisasi. Mulai dari theme, icon pack, jenis dan ukuran font, hingga layout interface bisa Anda ubah. Dengan begitu mungkin Anda tidak akan cepat bosan dengan tampilan UI-nya.

Fitur kamera lengkap. ASUS sudah meng-upgrade resolusi kamera dari 13 MP pada ZenFone 2 menjadi 16 MP pada ZenFone 3. Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX298 dibantu teknologi TriTech Autofocus, laser autofocus, OIS, serta EIS.

ASUS menyediakan 20 mode foto dan video untuk berkreasi. Sementara kamera depannya beresolusi 8 MP, membawa fitur beautify ala ZenFone Selfie. Ada pilihan efek make-up yang bisa diaplikasikan secara langsung.

Kekurangan

Tombol menu tanpa backlight. Lagi-lagi, ASUS mengenyampingkan backlight pada tiga soft button di bagian dagu smartphone. Padahal kalau saja ASUS menyematkan backlight, smartphone ini bakal makin terlihat mewah.

zenfone-3-droidlime-07

Tanpa fast charging. Berbekal port USB Type-C, ASUS ZenFone 3 ZE520KL ternyata tidak mendukung fitur fast charging. Karenanya durasi pengisian baterai memakan waktu hingga dua jam, cukup lama dan kurang praktis.

Banyak bloatware. Ciri khas ZenUI 3.0, yaitu bloatware, kembali ditemukan pada ZenFone 3 ZE520KL. Ada lebih dari lima aplikasi bloatware yang menurut kami tidak terlalu berguna. Beruntung, aplikasi bloatware tersebut bisa dihapus seluruhnya.

zenfone-3-droidlime-08

Kesimpulan

ZenFone 3 ZE520KL bukanlah smartphone flagship yang punya spesifikasi terbaik. Meski begitu, smartphone ini masih pantas menyandang gelar smartphone mewah, baik karena desain maupun fiturnya. Performanya bisa memenuhi kebutuhan Anda para sosialita maupun gamer kelas berat.

Video review

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer