Connect with us
FA506_2024
Review

Review Acer Swift 3 (2018): Bertenaga AMD Ryzen!

Updated

Setelah sukses meluncurkan versi Intel tahun lalu, ditahun ini Acer kembali meluncurkan Swift 3 edisi 2018 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen dan GPU Vega. Seperti apa kehebatan notebook yang dinobatkan sebagai yang pertama menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia ini? Berikut adalah review-nya.

Desain tipis

Pertama kali diperkenalkan Februari lalu, Acer Swift 3 dengan nomor model SF315-41 ini desain yang biasa-biasa saja seperti laptop 15 inci kebanyakan. Dibuat dengan material aluminium, membuat bodinya jadi terlihat kokoh dan solid. Selain itu bodinya yang tipis hanya 18,9 mm juga memudahkan untuk dibawa bepergian.

Meski berbodi tipis, Acer menyematkan port yang cukup banyak. Di sisi kiri terdapat port charging, HDMI, USB-C, 2x USB 3.0 dan satu port jack audio 3,5mm. Sedangkan di sisi kanan terdapat SD card reader, USB 2.0 dan security lock. Untuk tambahan keamanannya juga tersedia sensor fingerprint yang terletak di bawah keyboard dengan dukungan Windows Hello.

Masuk ke bagian layar, Acer Swift 3 dibekali layar 15,6 inci dengan resolusi maksimal Full HD 1.920 x 1.080 piksel. Layarnya yang pakai panel IPS tetap dapat dilihat jelas meski dari sudut ekstrem. Keunggulan lain layarnya adalah bisa dibentangkan hingga 180 derajat.

Keyboard clicky

Untuk urusan ketik-mengetik, rasanya keyboard di Swift 3 cukup enak dipakai mengetik lama. Adanya numpad di sebelah kanan juga cukup membantu untuk menuliskan angka dengan cepat. Hanya saja, kami sangat menyayangkan ketiadaan backlit di keyboardnya, sehingga cukup menyulitkan saat digunakan di tempat gelap.

Lalu untuk trackpad-nya juga lebar dengan respon yang cukup cepat dan smooth. Ada juga beberapa navigasi gesture standar seperti scroll dengan dua jari dan pinch zoom in/out untuk memudahkan pengendalian cursor.

Nggak gampang panas

Ada dua varian Acer Swift 3 yang dirilis di Indonesia: AMD Ryzen 5 dengan GPU Vega 8 dan AMD Ryzen 7 yang menggunakan GPU Vega 10. Unit yang kami review ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 2500U yang punya empat core dan delapan threads dengan clockspeed 2 GHz serta dapat di-boost hingga 3,6 GHz. Untuk RAM dan storage yang disediakan cukup besar, yaitu 8 GB DDR4 dengan HDD 1 TB.

Saat diuji benchmark menggunakan beberapa software, hasilnya cukup memuaskan untuk laptop harga Rp9,6 juta ini. Swift 3 berhasil mendapatkan skor 2.341 poin dengan PCMark 10 dan 6.467 poin dengan 3DMark Sky Diver.

Lalu diuji gaming dengan bermain Pro Evolution Soccer 2018 (PES 2018) dengan resolusi very high, fps yang didapat sekitar 30-an. Kami juga sempat mencoba bermain game yang lebih berat seperti TEKKEN 7, di sini Swift 3 hanya memeroleh fps di bawah 30 dengan sesekali framerate drop.

Mendengar kata AMD, umumnya orang-orang berpikiran bahwa prosesor yang satu ini gampang panas. AMD sepertinya memperbaiki kekurangan tersebut pada seri Ryzen ini. Contohnya Acer Swift 3 ini memiliki suhu berkisar 60 sampai 70 derajat Celsius saja saat bermain game kurang lebih dua jam.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah tidak adanya sistem operasi berbasis Windows bawaan. Pada setiap paket penjualan, OS yang ter-install adalah Linux. Jadi, jika Anda ingin menggunakan Windows harus meng-install-nya secara manual.

Baterai sedikit di atas standar

Untuk urusan daya tahan baterainya, Acer Swift 3 yang punya baterai 48Wh ini terbilang cukup awet. Dengan pemakaian standar mengetik, menonton YouTube dan bermain game sesekali bisa tetap hidup selama lima sampai enam jam. Namun ketika diajak bermain game terus-terusan dan menjalankan emulator Android, hanya bisa bertahan kurang dari tiga jam.

Kesimpulan

Untuk sebuah laptop yang menggunakan prosesor AMD Ryzen, Acer Swift 3 mampu untuk digunakan untuk beragam kebutuhan sehari-hari, terutama untuk pelajar dan mahasiswa. Dibanderol kurang dari Rp10 juta, performa yang ditawarkan sedikit lebih baik dibanding laptop bermesin Intel dengan segmen harga yang sama.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer