/ Huawei

Resmi Melenggang, Huawei Mate 10 Series Bawa Dual-Camera Belakang Superior

Untuk menggempur pesona smartphone flagship yang lebih dulu rilis, Huawei rupanya tak tinggal diam. Ya! Produsen smartphone asal Cina tersebut kembali menggebrak pasar premium dengan menelurkan Huawei Mate 10 Series.

Tak tanggung-tanggung, Huawei langsung merilis tiga seri sekaligus, Yakni Mate 10, Mate 10 Pro dan Mate 10 Porsche Design. Sudah barang tentu, dari ketiganya, Mate 10 Pro adalah seri smartphone yang paling unggul.

Masuk jajaran smartphone premium, Mate 10 Series dikemas dengan dukungan hardware yang terbilang sangat mumpuni. Lihat saja, chipset yang dibenamkan adalah Kirin 970 yang sudah disokong dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

huawei mate 10 hands on droidlime 2

Mate 10 dilengkapi dengan RAM 4 GB, sedangkan Mate 10 Pro dan Mate 10 Porsche Design disokong dengan RAM 6 GB. Ketiganya juga dibekali dengan internal storage berkapasitas mulai dari 64 GB hingga 128 GB. Bahkan Mate 10 Porsche Design memiliki ROM berkapasitas 256 GB.

Sedangkan untuk catu dayanya, ketiga Mate 10 Series tersebut sudah ditenagai dengan kapasitas baterai yang sama, yakni 4.000 mAh. Tak ketinggalan, ketiganya juga memiliki tampilan desain yang terlihat mewah berkat balutan kaca yang menyelimuti bodinya.

Huawei mengemas Mate 10 dengan bentang layar berukuran 5,9 inci yang memiliki resolusi Quad HD dan aspek rasio 16:9. Sedangkan dua Mate 10 Series lainnya dikemas dengan ukuran layar 6 inci yang memiliki resolusi 1.080 x 2.160 piksel dengan aspek rasio 18:9.

Untuk keamanan biometriknya, yakni sensor fingerprint, Huawei membedakan tata peletakannya. Pada Mate 10 sensor ini terintegrasi dengan tombol fisik Home di bawah layar. Sedangkan pada Mate 10 Pro dan Mate 10 Porsche Design, sensor fingerprint berada di bagian belakang perangkat.

huawei mate 10 hands on droidlime

Tak hanya unggul disisi dukungan hardware, ketiga smartphone ini juga disokong dengan dukungan kamera yang tak kalah menarik. Untuk kamera utama, Huawei membenamkan dual-camera dengan komposisi 20 MP (monokrom) + 12 MP (RGB) dengan aperture yang sama, f/1.6.

Tak berbeda dengan smartphone premium besutan Huawei lainnya, lensa dual-camera yang disematkan ke dalam Mate 10 Series juga masih mengadopsi teknologi produsen kamera asal Jerman, yakni Leica.

Masih seputar dukungan dual-camera yang disematkan, Huawei juga memperkaya dengan beragam fitur menarik, seperti OIS dan sensor back-illuminated yang bakal berguna saat membidik objek di kondisi minim cahaya.

Keunggulan lainnya, lewat lensa RGB juga lebih memudahkan pengguna Mate 10 Series untuk menciptakan foto dengan efek bokeh. Sedangkan lensa monokrom yang turut dibenamkan ke dalam smartphone ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk menciptakan foto hitam putih.

Huawei Mate 10 Porsche Design

Jika ingin memotret objek yang cukup jauh, pengguna smartphone ini juga tak perlu khawatir. Mereka bisa memanfaatkan fitur 2x Hybrid Zoom untuk memperbesar objek tanpa mengurangi kualitas gambar dihasilkan.

Lalu, bagaimana kamera depannya? Huawei pun tak melupakan mereka yang suka narsis. Mate 10 Series telah dilengkapi dengan kamera depan 8 MP plus aperture f/2.0. Bahkan, Huawei sesumbar bahwa foto selfie yang dihasilkan bisa terlihat lebih berkualitas, meski dalam kondisi low-light.

Seperti telah disebutkan di atas, Mate 10 Series telah dibekali dengan chipset Kirin 970 yang sudah dibekali dengan kecerdasan buatan. Berkat teknologi tersebut, ketiga Mate 10 yang baru diperkenalkan ini juga diklaim memiliki kemampuan machine learning yang lebih optimal.

Tak hanya itu, Huawei juga menegaskan bahwa hadirnya teknologi kecerdasan buatan tersebut membawa dampak yang signifikan pada kemampuan dual-camera utama serta kamera depan yang disematkan.

Tertarik meminangnya? Huawei bakal menjual Mate 10 dengan harga US$ 825 atau sekitar Rp11 jutaan. Sedangkan Mate 10 Pro dijual seharga US$ 942 atau sekitar Rp12 jutaan. Paling mahal adalah Mate 10 Porsche Design, yakni dijual dengan harga US$ 1.639 atau sekitar Rp20 jutaan.

 

(last edit: 17 October, 2017 / 4:05 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
69%
Mau
23%
Biasa Aja
5%
Payah!
5%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.