/ Apple

Resmi Hadir, iPhone X Siap Pimpin Pasar Smartphone Flagship

Bertempat di Steve Jobs Theater Park, Amerika Serikat, Apple akhirnya menuntaskan janjinya untuk merilis iPhone X (dibaca iPhone Ten). Smartphone ini sengaja diciptakan untuk memperingati sepuluh tahun kehadiran iPhone di dunia sejak debutnya tahun 2007 lalu.

Pada awal kehadirannya, iPhone diperkenalkan oleh Steve Jobs dan mengejutkan banyak orang. Pasalnya, smartphone itu hadir dengan layar sentuh serta dukungan teknologi yang terbilang canggih saat itu.

Seiring perjalanannya, Apple pun meracik iPhone penuh dengan inovasi menarik, tak terkecuali iPhone X yang baru diperkenalkan. Dikemas dengan layar 5,8 inci, iPhone X telah mengusung layar berteknologi OLED dengan resolusi 2.436 x 1.125 piksel.

iphonex 03

Selain itu, Apple juga menyematkan dukungan True Tone dan Wide Color. Apple menyebut teknologinya ini Super Retina Display karena layar OLED yang disematkan memiliki berbagai pengembangan.

Selain itu, HDR10, 3D Touch dan Dolby Vision juga telah mendukung panel layar dengan kontras rasio 1.000.000:1. Bezel layar yang dimiliki iPhone X pun bisa dibilang lebih tipis dibandingkan seri-seri iPhone lawas.

Sayangnya, Apple harus mengkebiri fitur Touch ID yang merupakan sensor fingerprint andalannya. Sebagai gantinya, Apple menyematkan fitur Face ID. Dari penamaannya, fitur keamanan ini berguna untuk membuka kunci smartphone dengan memindai wajah pengguna.

iphonex 04

Satu hal yang menarik, hadirnya fitur Face ID membuat Apple meracik iPhone X dengan beragam dukungan yang diperlukan. Tak hanya menyematkan kamera Infrared, Apple juga turut melengkapinya dengan kamera depan 7 MP TrueDepth, Flood Iluminator, dan Dot Projector.

Dukungan tersebut sengaja dihadirkan agar Face ID bisa bekerja lebih akurat dan optimal dalam mendeteksi wajah pengguna secara tiga dimensi. Selain itu, Apple juga sesumbar bahwa Face ID mampu mengenali wajah dalam kondisi minim cahaya.

Pihak Apple pun juga menuturkan bahwa sistem pembayaran melalui Apple Pay yang biasanya menggunakan Touch ID, nantinya bisa diganti dengan Face ID. Tentu saja, inovasi ini bisa menjadi nilai jual iPhone X di mata para pencinta setia produk-produk Apple.

ihonex 05

Tak sedikit orang yang juga penasaran dengan spesifikasi hardware yang disematkan oleh Apple ke dalam iPhone X. Untuk dapur pacunya, smartphone ini telah dibekali dengan chipset Apple A11 Bionic 64-bit.

Chipset ini terdiri dari 6-core, dimana 2-core yang disematkan lebih fokus kepada performa dan 4-core lainnya untuk efesiensi energi. Bahkan, Neural engine dan M11 motion co-processor juga telah hadir berdampingan dengan chipset ini.

Dengan kombinasi seperti itu, bisa dipastikan Apple A11 sangat bertenaga dan pintar untuk mengolah berbagai proses pada iPhone X. Dukungan storage 64 GB dan 256 GB juga turut dihadirkan dalam smartphone ini.

iphonex 08

Jika urusan dapur pacunya sudah diungkap, bagaimana dengan dukungan kameranya? Apple membekali iPhone X dengan kamera TrueDepht 7 MP yang berada di bagian depan dan memiliki fitur Portrait Mode untuk mengahsilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Tak ketinggalan, Apple juga menyisipkan fitur Portrait Light Mode yang mampu menghasilkan foto selfie dengan cahaya atau efek menarik. Fitur lainnya adalah Retina Flash, Auto HDR, serta dukungan Auto Image Stabilization.

Sementara, dual-camera utama dengan posisi vertikal hadir pada bagian belakang perangkat. Apple menyematkan dual-camera utama dengan kombinasi 12 MP wide-angle plus aperture f/2.4 dan 12 MP telephoto dengan aperture f/2.4. Dukungan lainnya adalah 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

iphonex 07

Berkat hadirnya fitur Portrait Mode, pengguna iPhone X juga dapat berkreasi untuk menciptakan foto dengan efek bokeh. Begitu juga dengan dukungan fitur Portrai Light Mode yang memudahkan pengguna untuk berkreasi menciptakan foto dengan cahaya dan efek yang lebih menarik.

Tak hanya mampu menciptakan foto yang berkualitas, dukungan dual-camera utama iPhone X juga mampu menghasilkan video recording dengan 4K berkecepatan 60 fps dan slow motion Full HD dengan kecepatan 240 fps.

Selain itu, OIS, Quad-LED, lensa kristal safir, Hybrid IR filter, dan Auto HDR turut mendampingi dual-camera utamanya. iPhone X juga telah mendukung teknologi wireless charging dengan Qi standar yang memudahkan pengguna mengisi baterai dengan menempelkannya pada AirPower.

iphonex 06

Penasaran dengan harga jualnya? Pre-order iPhone X akan dimulai pada tanggal 27 Oktober 2017. Sedangkan penjualan perdananya sendiri dimulai bulan November 2017. Di pasar Amerika Serikat, iPhone X varian 64 GB dibanderol dengan harga US$999 atau sekitar Rp13 jutaan.

Sayangnya Apple kembali tidak memberi kesempatan kepada pasar Indonesia untuk lebih awal memasarkan iPhone terbarunya. Begitu juga, belum ada kabar lebih lanjut, kapan iPhone X ini secara resmi dipasarkan di Indonesia.

(last edit: 13 September, 2017 / 9:33 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
52%
Mau
12%
Biasa Aja
16%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.