Connect with us
VivoBookPro
Tech News

Redmi Note 7 atau Samsung Galaxy M20, Bagus Mana?

Redmi telah memperkenalkan Redmi Note 7. Tak mau kalah gesit, Samsung pun meluncurkan Galaxy M20. Keduanya punya desain dan dukungan hardware yang mirip. Nah! Dari kedua smartphone tersebut, mana yang menurut kalian paling bagus?

Updated

Xiaomi di awal tahun ini membuat kejutan dengan memperkenalkan brand “baru rasa lama”, yakni Redmi. Lewat brand tersebut, muncullah smartphone baru yang mampu menarik perhatian banyak pengguna gadget, Redmi Note 7. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan kamera 48 MP.

Tak hanya Redmi, Samsung pun juga membuat kejutan dengan merilis “budget smartphone” yang dimasukkan ke dalam lini keluarga Galaxy M Series. Ada dua model Galaxy M Series yang diluncurkan oleh Samsung, yakni Galaxy M10 dan Galaxy M20.

Tentu saja dari dua model Galaxy M Series yang diluncurkan oleh Samsung, Galaxy M20 yang sangat menarik perhatian. Bahkan bisa dibilang, inilah “amunisi” Samsung untuk menjegal Redmi Note 7 di pasar smartphone dengan harga terjangkau. Benarkah demikian? Mari kita ulas bersama!

Ukuran layar sama, teknologi berbeda

Ditujukan sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, Redmi Note 7 dan juga Samsung Galaxy M20 sama-sama memiliki ukuran layar 6,3 inci dengan resolusi FullHD+. Aspek rasio yang dimiliki oleh kedua layar smartphone ini juga sama, yakni 19,5:9.

Hanya saja, Redmi Note 7 pakai teknologi layar IPS LCD, sedangkan Samsung lebih percaya mengemas Galaxy M20 dengan layar PLS TFT. Selain itu, Redmi Note 7 sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Samsung merahasiakan hal ini.

Jika berbicara dimensi, Redmi Note 7 punya ukuran 159.2 x 75.2 x 8.1 mm, sedangkan Galaxy M20 memiliki ukuran 156.4 x 74.5 x 8.8 mm. Meski begitu, keduanya memiliki bobot yang sama, yakni seberat 186 gram. Bodi belakang Redmi Note 7 juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Oh ya, baik Redmi Note 7 maupun Samsung Galaxy M20, keduanya sama-sama dikemas dengan poni minimalis mirip tetesan air alias waterdrop. Nah! Poni inilah yang menjadi rumah dari kamera depan yang disematkan oleh masing-masing pabrikan.

Snapdragon 660 vs Exynos 7904

Jika masuk ke dalam bodinya, kita akan melihat bahwa Redmi sangat percaya diri untuk membekali smartphone pertamanya itu dengan chipset Snapdragon 660. Sedangkan Samsung masih pede dengan chipset buatannya sendiri, yakni Exynos 7904.

Kedua chipset tersebut diproduksi lewat teknologi fabrikasi 14 nm. Konfigurasi CPU yang dimiliki oleh Redmi Note 7 adalah Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260), sedangkan CPU yang ada di dalam Galaxy M20 adalah Octa-core (2×1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 260 Silver).

Jika Snapdragon 660 ditemani dengan GPU Adreno 512, Exynos 7904 memakai GPU Mali-G71 MP2. Ada tiga pilihan RAM yang ditawarkan oleh Redmi, yakni 3 GB, 4 GB dan 6 GB. Ketiganya dipasangkan dengan pilihan storage 32 GB dan 64 GB.

Sedangkan Samsung mengemas Galaxy M20 dengan dua pilihan RAM, yakni 3 GB dan 4 GB. Untuk RAM 3 GB dipasangkan dengan storage berkapasitas 32 GB, sedangkan opsi RAM 4 GB dipasangkan dengan storage yang lebih besar, yakni 64 GB.

Kedua smartphone ini juga masih dimodali dengan slot microSD untuk menampung data tambahan. Menariknya, slot microSD yang dimiliki oleh Samsung adalah dedicated dan bisa menampung data hingga 512 GB, sedangkan yang ada pada Redmi Note 7 hanya bisa mencapai 256 GB.

Nah! Jika berbicara soal catu daya, kedua smartphone ini dibekali kapasitas baterai yang berbeda. Galaxy M20 memang lebih besar, yakni 5.000 mAh, sedangkan Redmi Note 7 hanya 4.000 mAh. Namun, baterai Redmi Note 7 sudah dibekali dengan teknologi fast charging dan sudah mendukung Quick Charge 4.0.

Dukungan dual-camera belakang

Seperti yang telah disebutkan, nilai jual Redmi Note 7 adalah dukungan kamera 48 MP di bagian belakang. Bukan sebagai kamera tunggal, sensor 48 MP yang memiliki aperture f/1.8 itu juga dipasangkan dengan lensa sekunder 5 MP yang berfungsi sebagai kamera kedalaman dengan aperture f/2.4.

Tak hanya gahar dengan dukungan dual-camera di bagian belakang, Redmi juga masih menyelipkan kamera depan untuk mereka yang suka selfie. Ya! Dukungan kamera depan yang dimuat memiliki resolusi 13 MP dan sudah dilengkapi teknologi AI plus fitur HDR.

Lantas, bagaimana dengan dukungan kamera yang ada pada Galaxy M20? Bisa dibilang, dukungan kamera yang turut dimuat ke dalam smartphone besutan Samsung juga tak bisa dianggap remeh. Pada bagian belakangnya ada dua kamera dengan konfigurasi 13 MP, f/1.9 + 5 MP (ultra-wide).

Pada bagian depannya, Samsung juga telah memperkaya Galaxy M20 dengan kamera depan yang memiliki sensor 8 MP dengan aperture f/2.0. Untuk menciptakan foto selfie yang menarik, Samsung juga menyematkan fitur Selfie-focus dan In-Display flash.

Harga dan ketersediaan

Hingga saat ini, Redmi memang belum mengumumkan apakah nantinya Redmi Note 7 akan dijual di Indonesia atau tidak. Berbeda dengan Redmi, Samsung lebih dulu ngacir. Ya! Samsung sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan menjual Galaxy M20 di pasar Indonesia.

Pertanyaannya, kapan Galaxy M20 akan dijual di pasar Indonesia? Tidak lama lagi, atau tepatnya mulai tanggal 14 Februari 2019. Dijual lewat sejumlah e-commerce ternama di Tanah Air, diperkirakan Galaxy M20 akan dibanderol seharga Rp2 jutaan.

Sepertinya Redmi Note 7 nantinya jika masuk ke pasar Indonesia juga akan dibanderol mulai dari Rp2 jutaan. Ini mengingat, di rumahnya sendiri, yakni di Cina, Redmi menjual Redmi Note 7 mulai dari Rp2 juta untuk model RAM 3 GB + ROM 32 GB.

Jadi, mana yang akan kalian beli?

Comments

Populer