/ Xiaomi

Redmi Note 5, Punya Dual-camera Namun Desain Mirip Pendahulunya

Desas-desus Xiaomi sedang menggarap Redmi Note 5 rupanya tak lepas dari pembicaraan para pencinta setianya alias Mi Fans. Bentuk atau desain smartphone tersebut juga membuat penasaran banyak orang.

Namun tak perlu menunggu lama, gambar yang memperlihatkan perangkat yang diduga Redmi Note 5 telah bocor di internet. Satu yang perlu diingat, ini hanya gambar purwa rupa dan belum bisa dipastikan 100 persen kebenarannya.

Jika mengacu dari beberapa bocoran gambar yang ada, secara garis besar desain Redmi Note 5 tak jauh berbeda dengan Redmi Note 4. Diperkirakan, smartphone ini dikemas dengan ukuran layar 5 inci dan bodinya berbalut logam.

Redmi Note 5 2

Selain itu, posisi tombol kapasitifnya juga masih sama dengan pendahulunya. Desain ini pun juga mempertegas, sepertinya Xiaomi belum mau menganut pemanfaatan full screen 18:9 pada Redmi Note 5 yang sedang digarap.

Persamaan lainnya antara Redmi Note 5 dengan Redmi Note 4 adalah penempatan tombol fisik, seperti Volume dan Power (On/Off). Selain itu peletakan port USB, speaker dan wadah SIM Card juga masih sama. Hanya saja, Redmi Note 5 diperkirakan sudah menggunakan port USB Type-C.

Kemungkinan lainnya, Redmi Note 5 juga akan mengikuti jejak Redmi Note generasi sebelumnya, yakni pertama kali hadir dengan chipset MediaTek, lalu dibuat kembali dengan chipset racikan Qualcomm.

Jika boleh menduga-duga, Redmi Note 5 pertama kali akan hadir dengan dukungan chipset MediaTek Helio P25. Selanjutnya dikemas ulang dengan dukungan Snapdragon 660, meskipun Snapdragon 630 akan jadi pilihan yang rasional.

Guna menunjang kinerjanya, Redmi Note 5 akan dibekali dengan pilihan RAM 3 GB atau 4 GB. Begitu juga dengan pilihan internal storage yang dimuat, ada 32 GB dan 64 GB. Semua itu dikemas oleh Xiaomi agar konsumen bisa memilih sesuai kebutuhannya.

Redmi Note 5 3

Masih mengacu dari bocoran gambar yang ditampilkan, Redmi Note 5 sepertinya bakal memiliki dual-camera belakang yang diposisikan secara vertikal. Tentu saja, tata letak dual-camera tersebut mengingatkan kita pada Redmi Pro, perbedaannya hanya peletakan LED flash.

Diperkirakan, Xiaomi akan menyematkan dual-camera dengan konfigurasi 16 MP+5 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 12 MP. Redmi Note 5 juga akan dibekali dengan sensor fingerprint yang diletakkan pada bagian belakang perangkat.

Fitur lain yang diharapkan akan dimuat oleh Xiaomi ke dalam smartphone ini adalah dukungan baterai berkapasitas 4.000 mAh, 4G VoLTE, dan NFC. Redmi Note 5 juga seharusnya datang dengan MIUI 9 berbasis Android 7.1 Nougat.

Pertanyaan yang tak kalah menarik, kapan smartphone ini diluncurkan? Diperkirakan Redmi Note 5 akan dirilis sebelum akhir tahun 2017. Tentu saja, kita pun akan terus menunggu gebrakan Xiaomi terkait dengan smartphone yang satu ini.

(last edit: 30 September, 2017 / 11:28 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
11%
Biasa Aja
8%
Payah!
9%
Tentang Penulis
Yasser Arafat

Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.